Gempa di Cianjur Updates, Kematian Anak Akibat Protes Berkepanjangan di Iran, Raja Malaysia Perpanjang Masa Pemilu, TikTok Buka Lowongan di US

40

Good morning

Hi there, time to wake up and chase your dream again. If you need some booster, remember: Let’s have it day by day. Enjoy every moment and always take care of yourself. Here’s some podcast and below is more on the news. Let’s scroll down…

We’re gonna start with none other thanGempa Cianjur.

Dari update korban meninggal, sampai Presiden Jokowi yang turun tangan.
Iya. We’re still gonna talk about Gempa yang terjadi Senin kemarin itu, guys. Kemarin banget nih, Presiden Joko Widodo pun turun langsung ke Cianjur buat ngeliat langsung lokasi kejadian gempa. Nah di hari yang sama nih, BPBD Cianjur sempat blunder terkait jumlah korban yang tewas  dan bikin kzl para pejabat mulai dari Menko PMK Pak Muhadjir Effendy sampai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Hah blunder gimana?
Jadi ceritanya tuh gini, guys. Senin sore, ada laporan dari orang di desa-desa yang menyebut ada kurang lebih 100 unit rumah yang hancur dan kurang lebih 100 orang meninggal dunia yang masuk ke BPBD Cianjur. Ternyata, angka ‘kurang lebih 100 orang meninggal dunia’ ini nggak di-asses lebih lanjut lagi. Makanya sampai ada pernyataan jumlah korban meninggal mencapai 162 orang. Informasi Angka 162 ini juga yang terus naik ke BPBD Provinsi Jawa Barat, sampai ke Gubernur, sampai ke Pak Menteri. Tapi rupanya nggak segitu, guys. Setelah diklarifikasi sama Badan Nasional Penanggulangan Bencana aka BNPB yang tektokan sama BPBD Cianjur, angka ini tuh emang pure kesalahan pencatatan aja di petugas lapangan, guys.

Terus korbannya sekarang berapa?
Well, angka ini masih bakal terus di-update sih. (Fyi maksudnya yang 162 itu 62 ygy) tapi per kemarin sore, data BNPB mencatat korban meninggal udah sebanyak 268 orang. Lebih lanjut, Kepala BNPB, Suharyanto menyebut  proses identifikasi dari para korban tewas ini masih terus dilakukan. At the moment, udah ada sebanyak 122 orang yang berhasil diidentifikasi identitasnya out of 268 tadi. Sedangkan seribuan orang lainnya luka-luka, dan sebanyak 53.362 orang harus mengungsi karena takut gempa susulan dan rumah mereka yang udah hancur karena gempa ini.

Pray for them…
We all do.  Adapun emang udah ada puluhan ribu bangunan yang teridentifikasi hancur, guys. Mulai dari rumah warga, fasilitas kesehatan. tempat ibadah, sekolah, dll. The thing is, gempa  berkekuatan 5,6 SR ini itungannya nggak terlalu gede, guys. Tapi bisa bikin kondisi serusak itu bahkan sampai Jakarta, Depok, Bogor, dan Tangsel kerasa getarannya karena gempa ini berjenis tektonik kerak dangkal atau yang bahasa ilmiahnya: Shallow Crustal Earthquake.

Apatu?
Jadi karakteristik shallow crustal earthquake ini diketahui emang dangkal banget, guys. Jadi energinya itu dari pusat yang dipancarkan, yang diradiasikan ke permukaan tanah itu masih kuat. Lebih jauh, menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, struktur bangunan di wilayah terdampak itu emang nggak memenuhi standar tahan gempa. Banyak banget rumah yang dibangun nggak mengindahkan struktur tahan gempa karena pake besi tulangan atau semen yang standar.

Terus terus?
Selain itu, Pak Daryono juga bilang gempa Cianjur ini dipicu ooleh pergerakan Sesar Cimandiri di mana dalam sejarahnya, gempa-gempa di sekitar Sesar Cimandiri ini dampaknya emang nggak main-main, karena bisa memakan banyak korban dan kerusakan. Mulai dari tahun 1844, 1879, 1910, dan 1912. Nah ditambah faktor struktur rumah tadi, plus rumahnya yang terletak di daerah tanah lunak dan secara topografi juga nggak stabil, itu semua disebut sebagai faktor kenapa Gempa ini memakan banyak korban dan menyebabkan banyak kerusakan. Sampai Presiden Joko Widodo kemarin mampir langsung ke Cianjur buat ngeliat langsung keadaan dan langsung rapat di sana.

Whoaa gercep yha…

Yoi. Jadi kemarin itu Pak Jokowi gercep berangkat ke Cianjur bareng rombongan yang terdiri dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Pak Muhadjir Effendy, Kepala BNPB, Pak Suharyanto, Kepala BMKG, Bu Dwikorita Karnawati, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Nah di sana, belio-belio di sambut KSAD Jenderal TNI Dudung Abduracahman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, dn Bupati Cianjur Herman Suherman. Lengkap, rite? Di situ, mereka langsung membahas dan Presiden pun menyampaikan instruksinya related to gempa ini, guys.


Tell me what they got…
Pertama, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya buat segera ngebuka daerah yang sekarang masih terisolasi. “Dahulukan. Kalau perlu pakai heli, pakai heli. Kalau tidak bisa pakai darat, pakai heli,” katanya gitu. Nggak cuman itu, presiden juga meminta tenda darurat buat evakuasi para korban tuh ditambah aja. Yang kemudian dibalas sama Kang Emil, di mana sekaramg udah dibangun rumah sakit darurat, di halaman pendopo. Secara kan masih banyak yang khawatir dirawat di gedung. Terus, Pak Jokowi juga menginstruksikan jajarannya buat segera memperbaiki infrstruktur fasilitas umum atau rumah warga yang terdampak, setelah keadaan aman dan tenang. Terkait infrastuktur kembali ini, Pak Jokowi sih berharapnya bangunan yang dibangun kudu antigempa. Supaya kalau (amit-amit) gempa terulang lagi, bangunannya bisa tahan.

I see…..
Well, ada hal menarik dari kunjungan Pak Jokowi kemarin, guys. Nggak cuma rapat, Presiden Joko Widodo kemarin juga nyamperin warga di tenda pengungsian untuk bagi-bagiin makanan langsung ke mereka. Pakde juga ramah ke anak-anak, “Suka ayam ndak? “Ini ayamnya dimakan ya, masih panas lo itu,” gitu. Rombongan presiden ngasih bantuan sembako juga. Selain itu, di hadapan para warga yang lagi ngumpul, Jokowi menyebut masing-masing rumah bakalan dapat bantuan dari pemerintah buat benerin rumahnya lagi. 50 juta rupiah buat yang rusak berat, 25 juta rupiah buat yang rusak sedang, dan 10 juta rupiah buat yang rusak ringan. Tapi again, yang penting sekarang penanganan dari si gempanya dulu sih. Pembangunan kembali baru bakal dilakukan setelah kondisi aman dan tenang.

Ok. Anything else I should know?
Fyi Gempa Cianjur ini udah sampai didengar di mana-mana ygy. Nggak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Tokoh-tokoh dunia pun turut menyampaikan bela sungkawa terkait peristiwa ini, guys. Salah satunya, the one and only, Vladimir Putin. Lewat Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Putin menyampaikan duka citanya ke Presiden Joko Widodo. Putin juga menyampaikan simpati dan dukungan tulus kepada keluarga korban tewas dan berharap penyembuhan secepatnya bagi mereka semua.

When the children become the victims..

Now it’s in Iran. 
Ini gara-gara protes berkepanjangan di Iran yang berakibat banyaknya anak-anak yang terbunuh, terluka, dan ditahan. UNICEF pun akhirnya angkat bicara dan tegas kalo kematian anak-anak harus dihentikan.

Wait wait. Background please?!? 
Okay. To freshen up your mind, Iran tuh sekarang lagi ngalamin kerusuhan dan aksi protes berkepanjangan, ya kira-kira udah sekitar dua bulanan lah. Buat kalian yang lupa, ini tuh gara-gara kematian seorang remaja perempuan usia 22 tahun, yaitu Mahsa Amini yang meninggal sekitar tiga hari setelah pingsan dalam tahanan polisi moral. Waktu itu, dia ditahan di Teheran gara-gara dugaan melanggar aturan hijab yang ketat. Nah, sejak itu situasi di Iran nggak membaik dan bahkan semakin kacau. Makin kesini juga kondisinya makin ngeri. Baru-baru ini, rumah lama dari mantan pemimpin tertinggi Ayatollah Ruholla Khomeini, yang juga pendiri negara Iran, dibakar guys.

Go on. 
Nah, protes dan kekerasan di jalanan makin nggak karuan. Udah puluhan orang jadi korban kematian, baik dari pengunjuk rasa maupun anggota pasukan keamanan. Terus, ratusan demonstran juga udah ditangkap.

And UNICEF finally comments.. 
Akhirnya, UNICEF segera turun tangan dong soal masalah ini, terutama ketika banyak anak-anak ikut jadi korban. Sekitar 50 anak udah dilaporkan meninggal dalam kerusuhan ini. UNICEF sendiri juga sebenernya dapet desakan dari Amnesti Internasional dan organisasi hak manusia lain atas pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan terhadap anak-anak.

Then.. 
Rupanya, nggak cuma aksi protes terang-terangan yang terjadi di Iran, ada juga aksi protes pasif dari para supporter pemain Timnas Iran ketika bermain di ajang World Cup 2022 di Qatar. Supporter menggelar protes di luar stadion Qatar di sana dan pake jersey bernuansa warna bendera Iran. Mereka juga megang poster dan slogan yang tulisannya “Women. Life. Freedom.” Di lapangan sendiri, para pemain Timnas ogah buat nyanyiin lagu kebangsaan mereka sendiri sebelum bertanding.  Bahkan, salah sau pemainnya Bayer Leverkusen, Sardar Azmoun, nulis di IG-nya kalo walaupun dia dapet ancaman, tapi itu bukan masalah buat dia. Bahkan, dia udah bersiap soal kemungkinan terburuk, seandainya dia dikeluarin dari Timnas.

Anything else? 
Ini tuh jadi konflik terbesar yang pernah terjadi di Iran, dan malah bisa dibilang jadi sejarah baru buat Iran, gara-gara ada konflik soal perbedaan pendapat yang berdampak segini gedenya.

It’s not only your relationship that has no ending..

It’s also Malaysian Election. 
Jadi, pemilu di Malaysia akhir pekan lalu ternyata masih belom bisa ngehasilin pemerintahan baru. Bahkan, Raja sampe hands on dan meminta koalisi buat nyetor nama calon perdana Menteri.

Tell me more. 
Jadi Sabtu lalu, lebih dari 21 juta warga Malaysia yang eligible to vote itu menggunakan hak suaranya untuk memilih perdana menteri baru, guys. Namun ternyata hasilnya buntu banget gara-gara nggak ada partai politik atau koalisi yang bisa berhasil sampe ke ambang batas perolehan kursi parlemen. Kalo menurut konstitusi Malaysia, buat bikin pemerintahan, partai atau koalisi perlu 112 dari total 222 kursi. Nah, pemegang suara terbanyak lah yang berhak buat ngasih nama calon PM ke Raja Malaysia.

Then? 
Di pemilu kali ini, Koalisi Pakatan Harapan (PH) yang dipimpin sama Anwar Ibrahim berhasil menangin suara terbanyak yaitu 82 kursi. Kalo aliasinya Muhyiddin Yassin, Perikatan Nasional dapet 73 kursi. Setelah digabung-gabung koalisi, kursi yang didapet sama aliansi Muhyiddin sebanyak 101 kursi. Tapi, itu masih belum bisa mencapai ambang batasnya.

Jadi buntu dong? 
Nah iya, makanya Raja Malaysia Al Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al Mustafa Billah awalnya kasih perintah ke pemimpin parpol dan koalisi buat nyerahin nama calon PM sampe Senin (21/11). Tapi, gara-gara belom ada koalisi yang terbentuk sampe Senin siang, raja akhirnya memperpanjang penyerahan nama calon PM sampe Selasa (22/11).

OMG…
Dengan kondisi ini, kondisi politik Malaysia jadi memanas lagi karena Anwar sama Muhyiddin kan otomatis berlomba buat ngumpulin dukungan demi bisa dapet mayoritas suara di parlemen. Akhirnya, koalisi Anwar ketemu sama petinggi koalisi Barisan Nasional (BN). Ketua BN, Ahmad Zahid Amidi juga dateng katanya waktu itu. Terus di sisi lain, Muhyiddin juga mepet salah satu partai terbesar di koalisi BN, yaitu partai Organisasi Kebangsaan Melayu Bersatu (UMNO). Nah, siapa yang bisa membentuk koalisi sampe ke ambang suara tadi, dialah yang jadi PM.

Anything else? 
Yah, intinya sih Sultan Abdullah udah bilang ke masyarakat Malaysia buat tetep sabar dan tenang. Sementara doi bakal segera ngumumin keputusannya. Raja juga minta ke masyarakat di sana buat terima apapun hasil keputusannya nanti.

Who’s saying “Gue beda dari yang lain”?

TikTok.
Yep, setelah kemarin sempat heboh berbagai platform media sosial mulai dari platform-nya Meta kayak Instagram dan Facebook sampai ke Twitter melakukan layoff besar-besaran terhadap para karyawannya, TikTok is doing it differently. Yep, mereka bakalan tetap hiringguys.
 
Hal ini dikonfirmasi langsung oleh CEO TikTok, Shou Zi Chew, in his words, beliau bilangnya: “At this stage of our growth, I think that our pace, our cadence, of hiring is just right for us.
 
Selain itu, TikTok disebut punya target perekrutan khusus di mana mereka mau make sure data user di AS tuh di-handle dan diawasi sama tim yang based on US juga gitu secara company mereka which is ByteDance (Yang of course kentel banget sama China) emang lagi diawasi sama AS dan menyebabkan TikTok sempat di-ban waktu itu.
 
Nah, dengan adanya TikTok yang masih hiring begini, hal ini bisa menguntungkan banget dong buat TikTok. Buat semakin mengukuhkan namanya di Amerika Serikat, dan juga buat develop produk-produk mereka supaya lebih berkembang lagi.
 
Saat ini website career-nya TikTok cantumin 4.000 opportunities worldwide, bahkan disebut ada role baru kayak logistik dan warehouse officer buat kantornya yang di AS.
 
Now you know who’s just giving you some loker ehehehe. Good luck, fighters!

“Jangan pakai emosi.”
 
Gitu guys kata Gubernur Jawa Tengah Mas Ganjar Pranowo pas ngomentarin soal video viral yang menunjukkan para peserta Munas HIPMI 2022 sedang adu jotos. Kata Mas Ganjar, doi juga kaget kok bisa sampe adu jotos gitu, makanya dia juga udah menelepon pihak Hipmi Jawa Tengah untuk berkonsolidasi dan enggak emosional.
 
When you’ve been missing weekend, but it’s still Wednesday…

Announcement

Thanks to Someone & Monik for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations
If you love snacking, but want to keep it healthy, try these options.