Gempa di Cianjur Memakan Korban, Elon Musk & Drama Perusahaan Twitter, Indonesia Menghadapi Resiko Tinggi Polio, Piala Dunia di Qatar Resmi Dibuka

26

Good morning

Rise and shine, you fighters and hustlers. Now, since the World Cup 2022 has officially started, we understand you might get your sleeping schedule changed a bit. Enjoy it while it lasts. Now, let’s catch up! with everything, starting from…

The Cianjur earthquake.

Yep, buat kamu yang tinggal di Jakarta, Cianjur dan sekitarnya, kemarin kamu pasti ngerasain yang namanya gempa. Dan ternyata guys, pusat gempanya terjadi di Cianjur, Jawa Barat.
 
Tell me.
Adapun gempanya itu berkekuatan magnitudo 5,6 dengan kedalaman 10 kilometer. Terus koordinat gempanya berada pada 6.84 Lintang Selatan -107.05 Bujur Timur dan emang kerasa hingga Jakarta dan Banten. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ngga ada potensi tsunami dari gempa tersebut, namun ada potensi gempa susulan.
 
OK…
Nah di pusat gempanya sendiri alias di Cianjur, gempanya menyebabkan longsor yang bikin jalur Cianjur-Cipanas terputus. Lalu menurut Bupati Cianjur Herman Suherman, sejauh ini jumlah korban tewas yang tercatat telah mencapai 56 orang, di mana mayoritas adalah anak-anak. Anak-anak ini meninggal karena tertimpa bangunan yang ambruk. Sedangkan untuk korban luka udah mencapai 700 orang, dengan mayoritasnya mengalami patah tulang.
 
🙁
Selain korban meninggal dan luka-luka, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga mencatat bahwa ada 1.362 rumah yang rusak akibat gempa. Adapun bangunan rusak ini terdiri dari dari gedung pemerintah, fasilitas pendidikan, toko, dan rumah warga. Selain itu, bangunan rusak juga terdiri dari pondok pesantren, satu RSUD, empat gedung pemerintah, tiga fasilitas pendidikan, satu unit sarana ibadah, satu unit toko dan satu unit kafe. FYI guys, saat ini proses penghitungan kerugian dan korban masih berlangsung, jadi mungkin banget jumlah-jumlah ini bertambah.
 
Hiks…
Gempa ini juga bikin sejumlah infrastruktur telekomunikasi mengalami gangguan. Menurut Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong, data sementara menunjukkan bahwa layanan Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredo Hutchison ikut terkena imbas. Di Cianjur sendiri, ada 1.957 gardu distribusi listrik yang padam karena gempa. Akibatnya, total 366.675 orang jadi terdampak ngga mendapatkan akses listrik.
 
Sedih banget 🙁
Nah tapi, pihak pemerintah Cianjur udah menjamin bahwa mereka bakal membangun kembali bangunan yang rusak akibat gempa. Kepala BNPB Suharyanto bilang bahwa rumah-rumah yang hancur baik rusak berat, ringan, dan sedang, bakal dibangun lagi oleh pemerintah. Ga tanggung-tanggung, BNPB bakal mengucurkan dana sebesar satu miliar rupiah buat pembangunan kembali ini.
 
So, everything is safe now?
Well, kita masih harus hati-hati gengs. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), masyarakat harus mewaspadai kemungkinan terjadinya longsor dan banjir bandang kalo terjadi hujan di wilayah Cianjur. Hal ini karena adanya lereng-lereng rapuh usai gempa yang dikhawatirkan bisa memicu banjir dan longsor itu tadi. Di Cianjur sendiri, terhitung ada 15 gempa susulan yang getarannya terasa sampai Jakarta dan Banten.
 
Tapi emang gempanya karena apa sih?
Menurut BMKG, penyebabnya bisa jadi adalah patahan sesar Cimandiri yang bergeser. Nah, sesar Cimandiri tuh apa? Jadi menurut penelitian Teknik Geologi Universitas Padjadjaran pada 2017, sesar Cimandiri merupakan sesar tua yang terbentuk selama berlangsungnya orogenesa tahap II, yaitu pada waktu Akhir Eosen Tengah. Sesar ini terus aktif hingga menyebabkan terbentuknya tinggian purba (paleo hight) antara Lembah Ciletuh dan Lembah Cimandiri, gitu guys tulisan dari Iyan Haryanto salah satu penulis jurnal.
 
Hiks 🙁 Anything else?
Saat ini, selain masih mendata jumlah korban BNPB juga bilang bahwa saat ini, Kabupaten Cianjur membutuhkan para dokter spesialis tulang buat menangani para korban yang mengalami patah tulang. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sendiri bilang bahwa saat ini udah ada 200 orang dokter umum dan spesialis yang turut membantu para korban gempa.

Now let’s talk about the Twitter drama…

Bukan, bukan drama Twitwar
Tapi beneran drama-drama perusahaan Twitter sejak platform medsos itu dimiliki oleh bosnya Tesla, Elon Musk.
 
Gimme some background
Well, as some of you might knowww, Elon Musk kan belom lama ini akuisisi Twitter seharga Rp682 triliun. Ini sih kalo dibeliin kopi susu tiap abis makan siang sama Gen Z Jakarta, ya kira-kira abisnya bakal ampe diabetes deh.. Nah, lanjut soal Elon Musk and Twitter, since his first day in the office, rasanya udah banyak banget drama yang muncul. Gimana enggak sih guys, di hari pertamanya aja, doi udah mecat CEO dan sejumlah pejabat tinggi Twitter lainnya. Bahkan, salah satu eksekutif yang dipecat sama Elon Musk ada yang sampe dikawal keluar gedung kantor pusat Twitter di San Fransisco, AS. Katanya, dia harus ninggalin kantor Twitter saat itu juga.
 
Terus terus? 
Nggak cuma soal karyawan, perubahan lainnya yang langsung dilakuin sama Elon Musk waktu itu juga berkaitan sama aturan konten. Ga lama abis jadi owner, Musk langsung membentuk dewan moderasi konten yang katanya sih bakal memprioritaskan kebebasan berbicara dan berpendapat.
 
OMG…
Terus ngga nyampe seminggu abis jadi owner, Musk juga langsung melakukan layoff besar-besaran buat karyawan Twitter yang jumlah totalnya mencapai 7,500 orang itu. Nah abis ngelayoff, Musk juga meminta karyawan yang stay untuk menandatangani pakta bahwa mereka bakal bekerja secara “extremely hardcore”, atau kalau ngga mau ya berhenti kerja aja.
 
Really?
Iya. Bahkan dalam emailnya Musk bilang, mereka yang memilih stay maka bakal harus bekerja dalam waktu yang panjang dan intense. Terus kalo mau resign, ya ada uang pesangon sebesar tiga kali gaji. Email ini dikirimkan minggu lalu dan harus dijawab Hari Kamis di minggu yang sama. Akibatnya, banyak karyawan yang memilih untuk resign.
 
Definitely not the boss I want to work for. 
Rite. Terus drama terbarunya, Musk juga baru aja memunculkan kembali akun Twitter Donald Trump yang sebelumnya diblokir gara-gara nge-tweet provokasi ke pendukungnya. Yep, jadi back in 2020, Twitternya Trump diblokir hingga masa waktu yang tidak ditentukan karena dia disebut memprovokasi pendukungnya buat melakukan kerusuhan di Capitol Hill. Hal ini karena Trump ga terima kalah pemilu. Nah yang bikin banyak netijen geleng-geleng kepala, Elon Musk nih ngebalikin akunnya Trump cuma pake voting aja. Jadi dari voting yang dilakukannya di Twitter, ditemukan bahwa mayoritas netijen ngedukung buat balikin akunnya. And here it is, akunnya udah bisa dicari lagi di Twitter, since the last tweet was on 8 January 2021.
 
Anything else now?
Nah, meski abis mecat-mecatin orang, Musk bilang bahwa dia lagi nyari CEO untuk menggantikan posisinya di Twitter. Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia ini emang saat ini menjadi pemimpin dari tiga perusahaan, yakni Twitter, Tesla, dan SpaceX. Makanya ga heran di salah satu acara G20 kemarin, Musk bilang dia kerja 7 hari seminggu, nonstop.

What’s coming back uninvited?

 
Baru aja kemarin, Kementerian Kesehatan aka Kemenkes mengumumkan bahwa Indonesia lagi menghadapi risiko tinggi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio. Hal ini disampaikan sama Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu, yang bilang bahwa penyebabnya adalah imunisasi polio yang rendah di 30 provinsi dan 415 kabupaten/kota.
 
Wait, polio itu apa?
Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja. Nah virus ini bisa menyebabkan kelumpuhan. Penyakit ini bisa menyerang siapa pun, tapi emang paling banyak ditemukan di anak-anak. Penyakitnya sendiri ngga bisa disembuhin dan bakal diderita seumur hidup. Nah sebenernya guys, untuk menghindari penyakit ini tuh caranya mudah, yakni dengan divaksin polio yang keberadaannya udah tersedia secara luas di puskesmas-puskesmas…
 
Tapi…
Tapi ya itu tadi, polio yang sempat dinyatakan bebas di Indonesia diperkirakan bakal balik lagi karena cakupan vaksinasi yang rendah. Yang terbaru, kasus polio ditemukan di Aceh, ketika seorang anak dibawa ke rumah sakit dengan keluhan kelemahan gerak pada anggota badannya. Setelah dilakukan cek tinja, ternyata anak itu menderita polio guys 🙁 dan ternyata anaknya ngga memiliki riwayat vaksinasi sama sekali.
 
Ya ampun…
Makanya atas temuan ini, Kemenkes gercep bakal menggelar imunisasi massal di seluruh wilayah Aceh pada 28 November dan 5 Desember 2022 mendatang. Hal ini menyusul temuan polio tipe 2 yang diderita anak tadi. Pak Maxi menegaskan bahwa imunisasi ini penting banget, dan kalo diimplementasikan secara tepat, maka virus polio bakal tereradikasi per-2026.
 
Anyone saying anything?
Ada, our one and only wakil presiden Kiai Maruf Amin yang baru aja menginstruksikan kepada seluruh pihak terkait untuk sesegera mungkin menangani penyakit Polio. Hal ini, kata Pak Kiai, penting dilakukan supaya Polio ngga meluas dan jadi pandemi di Indonesia.
 
OK. Anything else?
So far menurut Kemenkes, cuma ada empat provinsi yang ngga masuk kriteria resiko tinggi polio. Adapun rinciannya adalah tiga provinsi yakni Jambi, Banten, dan Bali masuk kategori risiko sedang atau zona kuning. Terus DI Yogyakarta masuk kriteria risiko rendah atau zona hijau. Meanwhile sisanya ada di zona merah. Hiiii…

And the match has finally begun…

Yep, ajang yang ditunggu-tunggu yakni Piala Dunia 2022 di Qatar udah resmi dimulai.

Gelaran empat tahunan ini resmi dibuka dengan digelarnya opening ceremony di Stadion Al Bayt, Al Khor pada Minggu (20/11) malam. The show started at 21.40 in a very fantastic way. 
 
Diawali sama pemutaran video resmi Piala Dunia 2022, terus penonton disuguhkan sama berbagai hiburan nyanyian dan tarian teatrikal bernuansa Arab. Terus, dilanjutin sama aktor Morgan Freeman yang nyampein pidato pembukaan. Bareng sama Morgan Freeman, muncul juga Ghanim Al Muftah yang merupakan Brand Ambassador Piala Dunia 2022.
 
Di situ, Ghanim melantunkan ayat suci Al Quran, tepatnya Surat Al-Hujarat ayat 13. Pembukaan Piala Dunia 2022 itu juga dihadirin sama Presiden FIFA Gianni Infantino. Bendera peserta dan jersey kebesaran dari 32 tim yang main juga udah pasti ditampilin di opening ceremony tersebut. One thing that attracted everyone’s attention, personel BTS Jungkook juga tampil nyanyiin single terbarunya yang jadi tema Piala Dunia 2022 yang dikasih judul Dreamers. Jadi, jagoanmu siapa gengs?

“Kemesraan ini janganlah cepat berlalu.”
 
Gitu guys goda Menteri Investasi Bahlil Lahadalia kepada Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sama-sama menghadiri Munas Hipmi di Solo, Jawa Tengah kemarin. Dalam sambutannya itu, Bang Bahlil bilang bahwa Mbak Puan adalah satu-satunya tokoh yang sudah memegang tiket dukungan partai politik untuk maju sebagai calon presiden.
 
FYI guys, jadi emang baik Mbak Puan maupun Mas Ganjar udah digadang-gadang sebagai capres di tahun 2024. Meski begitu, belum ada partai yang secara resmi mengusung keduanya untuk maju sebagai Capres, termasuk PDIP.
 
You, to your crush.

Announcement

Thanks to Andy for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations
Hate working out? Read this first.