G20 Summit Resmi Dibuka Presiden Jokowi Kemarin

35

Something is official but not your relationship…

It’s G20 Summit that officially started yesterday.
 
Yoi guys, acara yang belakangan ini menghujani FYP, timeline, dan pemberitaan kamu, yakni G20 meeting udah resmi dibuka oleh Presiden Jokowi kemarin. Acara super penting ini digelar di Nusa Dua, Bali yang dihadiri sama 37 delegasi, termasuk pemimpin negara dan pemimpin organisasi internasional.

Tell me more.. 
So, The President of Indonesia alias Jokowi udah ngetok palu yang artinya KTT G20 udah resmi dibuka. Sebelum forum diskusi ditutup buat media, Presiden Jokowi sempet kasih opening statement di depan para delegasi.

Apa katanya?
Poin pertama jelas soal krisis atau masalah global yang sedang terjadi. Mulai dari situasi pasca pandemi Covid-19, perang sampe sampe soal ketahanan pangan. He even said something about pentingnya langkah untuk ketersediaan pupuk dan pangan, di mana kalo ngga ready, maka kemungkinan kondisi dunia di tahun 2023 bakal jadi lebih suram. In his words: “Dunia sedang hadapi tantangan luar baisa, krisis demi krisis terjadi, pandemi belum usai, perang terjadi dan dampak berbagai krisis tersebut terhadap ketahanan pangan dan energi. Dan kekurangan dirasakan dunia terutama negara berkembang, jika kita tidak segera mengambil langah untuk ketersediaan pupuk dan harga yang terjangkau, maka 2023 akan jadi tahun yang lebih suram.”

Terus…
Pak Jokowi juga ngasih pernyataan tegas bahwa pertemuan G20 kali ini nggak boleh gagal. Ini jelas gara-gara mata dunia sedang tertuju sama konferensi ini. So, Jokowi said it’s either a successful moment or another failure. Next, Jokowi juga minta agar semua negara bersatu. “We should not divide the world into parts. We must not allow the world fall into another cold war,” he said. 

Nice.
Selanjutnya, Pak Jokowi juga bilang sebagai negara demokrasi, Indonesia sadar banget soal pentingnya dialog buat mempertemukan perbedaan. Terus, Pak Jokowi juga bilang kalau Indonesia sangat berharap G20 bisa jadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif. Pak Jokowi bilang kalo di tengah situasi yang sulit, G20 bakal terus berusaha buat ngehasilin capaian konkret dan nyiapin dana buat pandemi mendatang lewat pandemic fund. 
 
Pandemic fund?
Yep, pandemic fund adalah dana yang dikumpulkan negara-negara supaya kalo ada pandemi lagi kayak Covid-19 kemarin, ekonomi ga goyang-goyang banget. Dalam hal ini, Pak Jokowi juga meminta semua negara G20 untuk ikut menyumbang Dana Pandemi. Indonesia sendiri udah menyumbang sebanyak US$50 juta atau setara Rp776,3 miliar. Selain dana pandemi, Pak Jokowi juga menyerukan proses pembentukan traktat pandemi, demi memperkuat kesiapsiagaan di tingkat nasional, kawasan, dan global.
 
Pak Jokowi aja neh yang statement?
Engga, ada juga yang bukan member, tapi ikut ngasih statement di pembukaan ini. Yep, 100 buat kamu yang nebak Ukraina. Dalam pidatonya secara virtual, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan negara G20 untuk segera mengambil langkah konkret membantu menghentikan peperangan yang masih berkecamuk di negaranya sejak invasi Rusia berlangsung. Zelenskyy menjelaskan seenggaknya ada 10 gagasan untuk menghentikan perang Rusia vs Ukraine, one of which adalah mendesak pasukan Rusia supaya menarik diri dari Ukraina.
 
Ga ada drama-drama?
Ada dwonks, everybody, meet: Rusia yang katanya sih bakal dikecam bareng-bareng sama negara G20. Hal ini dibocorkan oleh keterangan dari seorang pejabat Amerika Serikat yang mengklaim bahwa banyak peserta KTT G20 yang bakal ramai-ramai mengecam perang Rusia di Ukraina yang menimbulkan krisis global. Pejabat yang ngga mau disebut namanya ini bilang bahwa para pemimpin negara-negara G20 sepakat bahwa perang Rusia merupakan akar dari penderitaan ekonomi yang dirasakan masyarakat global. Bakal beneran ga ya…
 
Okay.. 
Something catchy from this moment is when Presiden Jokowi nyetirin beberapa delegasi langsung pake mobil golf, buat menuju ke arah ruang makan siang. Beda penampilan pas pagi, Presiden Jokowi keliatan lebih santai waktu ngejamu para tamu, dengan cuma pake kemeja putih dan dasi. Terus malemnya, Pak Jokowi dan Bu Iriana kompak pake baju adat Bali di acara makan malam bersama yang diadain di GWK.
 
Met meeting pak, bu…