G20 Summit Resmi Dibuka Presiden Jokowi Kemarin, Pertemuan Pertama Presiden Joe Biden & Presiden Xi Jinping, TBS Energi Utama 2030, Jeff Bezos Akan Memberikan Sebagian Hartanya Untuk Amal

90

Good morning

Hello again, Wednesday. As you know, today we will not only present you with newsletter, but also with podcast here. Enjoy our diferent versions of content to your likings. Now, we still catch you up! with news on G20, and if you need some money… scroll down.

Something is official but not your relationship…

It’s G20 Summit that officially started yesterday.
 
Yoi guys, acara yang belakangan ini menghujani FYP, timeline, dan pemberitaan kamu, yakni G20 meeting udah resmi dibuka oleh Presiden Jokowi kemarin. Acara super penting ini digelar di Nusa Dua, Bali yang dihadiri sama 37 delegasi, termasuk pemimpin negara dan pemimpin organisasi internasional.

Tell me more.. 
So, The President of Indonesia alias Jokowi udah ngetok palu yang artinya KTT G20 udah resmi dibuka. Sebelum forum diskusi ditutup buat media, Presiden Jokowi sempet kasih opening statement di depan para delegasi.

Apa katanya?
Poin pertama jelas soal krisis atau masalah global yang sedang terjadi. Mulai dari situasi pasca pandemi Covid-19, perang sampe sampe soal ketahanan pangan. He even said something about pentingnya langkah untuk ketersediaan pupuk dan pangan, di mana kalo ngga ready, maka kemungkinan kondisi dunia di tahun 2023 bakal jadi lebih suram. In his words: “Dunia sedang hadapi tantangan luar baisa, krisis demi krisis terjadi, pandemi belum usai, perang terjadi dan dampak berbagai krisis tersebut terhadap ketahanan pangan dan energi. Dan kekurangan dirasakan dunia terutama negara berkembang, jika kita tidak segera mengambil langah untuk ketersediaan pupuk dan harga yang terjangkau, maka 2023 akan jadi tahun yang lebih suram.”

Terus…
Pak Jokowi juga ngasih pernyataan tegas bahwa pertemuan G20 kali ini nggak boleh gagal. Ini jelas gara-gara mata dunia sedang tertuju sama konferensi ini. So, Jokowi said it’s either a successful moment or another failure. Next, Jokowi juga minta agar semua negara bersatu. “We should not divide the world into parts. We must not allow the world fall into another cold war,” he said. 

Nice.
Selanjutnya, Pak Jokowi juga bilang sebagai negara demokrasi, Indonesia sadar banget soal pentingnya dialog buat mempertemukan perbedaan. Terus, Pak Jokowi juga bilang kalau Indonesia sangat berharap G20 bisa jadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif. Pak Jokowi bilang kalo di tengah situasi yang sulit, G20 bakal terus berusaha buat ngehasilin capaian konkret dan nyiapin dana buat pandemi mendatang lewat pandemic fund. 
 
Pandemic fund?
Yep, pandemic fund adalah dana yang dikumpulkan negara-negara supaya kalo ada pandemi lagi kayak Covid-19 kemarin, ekonomi ga goyang-goyang banget. Dalam hal ini, Pak Jokowi juga meminta semua negara G20 untuk ikut menyumbang Dana Pandemi. Indonesia sendiri udah menyumbang sebanyak US$50 juta atau setara Rp776,3 miliar. Selain dana pandemi, Pak Jokowi juga menyerukan proses pembentukan traktat pandemi, demi memperkuat kesiapsiagaan di tingkat nasional, kawasan, dan global.
 
Pak Jokowi aja neh yang statement?
Engga, ada juga yang bukan member, tapi ikut ngasih statement di pembukaan ini. Yep, 100 buat kamu yang nebak Ukraina. Dalam pidatonya secara virtual, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan negara G20 untuk segera mengambil langkah konkret membantu menghentikan peperangan yang masih berkecamuk di negaranya sejak invasi Rusia berlangsung. Zelenskyy menjelaskan seenggaknya ada 10 gagasan untuk menghentikan perang Rusia vs Ukraine, one of which adalah mendesak pasukan Rusia supaya menarik diri dari Ukraina.
 
Ga ada drama-drama?
Ada dwonks, everybody, meet: Rusia yang katanya sih bakal dikecam bareng-bareng sama negara G20. Hal ini dibocorkan oleh keterangan dari seorang pejabat Amerika Serikat yang mengklaim bahwa banyak peserta KTT G20 yang bakal ramai-ramai mengecam perang Rusia di Ukraina yang menimbulkan krisis global. Pejabat yang ngga mau disebut namanya ini bilang bahwa para pemimpin negara-negara G20 sepakat bahwa perang Rusia merupakan akar dari penderitaan ekonomi yang dirasakan masyarakat global. Bakal beneran ga ya…
 
Okay.. 
Something catchy from this moment is when Presiden Jokowi nyetirin beberapa delegasi langsung pake mobil golf, buat menuju ke arah ruang makan siang. Beda penampilan pas pagi, Presiden Jokowi keliatan lebih santai waktu ngejamu para tamu, dengan cuma pake kemeja putih dan dasi. Terus malemnya, Pak Jokowi dan Bu Iriana kompak pake baju adat Bali di acara makan malam bersama yang diadain di GWK.
 
Met meeting pak, bu…

When the most historic meeting finally took place in Bali…

Between President Joe Biden and Xi Jinping.
Iya guys, kamu pasti udah tahu bahwa pertemuan antara presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping adalah salah satu the most anticipated meeting di gelaran G20 Bali. Gimana engga? Selain merupakan dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia, keduanya juga sering banget clash dalam berbagai isu. Ditambah lagi, ini adalah pertemuan pertama keduanya sejak Biden jadi presiden. So, ini meetingnya most anticipated deh, kalah meeting kamu sama gebetan.
 
Ojo dibanding-bandingke…
Ehehehe oqela. Jadi guys, pertemuan antara Biden sama Xi ini digelar kemarin dan berlangsung selama 3,5 jam. And of course, banyak banget hal yang dibicarain sama kedua pimpinan negara tersebut. Mereka sih bilang kalo percakapannya berlangsung terbuka dan jujur soal prioritas kedua negara. Beberapa topiknya soal kepentingan dan nilai Amerika, soal hak asasi manusia universal dan membela tatanan internasional dan kerja bareng sama sekutu dan mitranya.
 
Terus terus…
Terus Biden menjelaskan, “Ya bro w sih realistis aja. Kita bahas semuanya secara terbuka, yang kita sama-sama setuju dan engga. yang pasti gue ngga cari-cari konflik.” Biden juga menegaskan bahwa untuk isu-isu yang bikin hubungan keduanya renggang belakangan ini, emang belum ditemukan titik terang. Tapi yahh at least ada concern dalam hal tersebut. Biden juga menggambarkan Xi sebagai seorang presiden yang to the point dan straightforward.
 
They also talked about Taiwannnn..
Yep, kalo soal Taiwan sih China ngga bergeming ya guys. Presiden Xi bahkan tegas mewanti-wanti Presiden Biden biar enggak bertindak kelewat batas soal Taiwan. Menurut Presiden Xi, urusan Taiwan adalah kepentingan utama China yang ngga boleh dilanggar oleh hubungan kedua negara. FYI, hubungan China dan AS belakangan ini lagi panas banget salah satunya karena kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang bikin China marah. For context, buat China, Taiwan adalah bagian dari negaranya, sedangkan Taiwan sendiri maunya merdeka. Jadi kunjungan tadi tuh udah kayak mengakui kemerdekaan Taiwan. Makanya China bete banget.
 
Got it. Terus bahas apa lagi? 
Selain itu, keduanya juga ngebahas soal situasi terkini dari Rusia dan Ukraina. Joe Biden bilang kalo penggunaan nuklir tuh nggak boleh. Terus, dia juga bilang kalo ancaman dan penggunaan senjata nuklir bener-bener nggak bisa diterima.
 
Anything else? 
Joe Biden jelas mastiin kalo semua topik pembicaraan ini nggak berhenti sampe sini aja. Dia langsung minta Menlu Anthony Blinken buat dateng langsung ke China demi ngebuka jalur komunikasi dan diskusi antara keduanya dan menindaklanjuti pembahasan di Bali itu.

Wondering what will happen in 2030?

A Better Society, amen.
Guys, pernah kebayang nggak sih, di tengah hiruk pikuk dunia tipu-tipu yang makin mengkhawatirkan ini, setahun dua tahun lagi bakal gimana ya keadaannya? Pernah kebayang nggak di tahun 2030 kamu bakal ada di mana di lingkungan yang kayak apa?
 
Jauh banget pikirannya sist…
Eits, jangan salah. Sekarang aja udah akhir tahun 2022, bentar lagi udah 2023 kan. Kalau diitung ke 2030, it’s 7 years away, gengs. Dan itu bukan waktu yang lama. Time flies so fast, rite? That being said, yha wajar aja nggak sih kalau kita udah berandai-andai dari sekarang, “Kehidupan di tahun 2030 bakal kayak apa, ya? Masih ada yang ijo-ijo aka hutan nggak ya? Air di laut atau pantai masih bersih nggak ya?” gitu.

Dipikir-pikir… Bener lagi. 
Iya kan. Secara kalau yang kita liat sekarang kan, hmm.. Ya gitu deh. Bertolak belakang banget dari kondisi ideal, rite? Makanya kondisi ini kudu diubah, gengs. Pelan-pelan, tapi pasti. Dan ini bukan kerjaannya pemerintah doang lo ya. Kita semua nih, mulai dari individu, sampai sektor industri (Looking at u, company-company nackal) harus sama-sama membangun a better society yang bakal dicapai di tahun 2030 nanti. Dasarnya pun jelas, since PBB juga dari kapan tau udah nge-launch Sustainable Development Goals, yang di-support sama Pemerintah Indonesia.
 
Ok 2030.
Yep. Now everybody, meet: TBS Energi Utama. TBS Energi Utama ini adalah salah satu company yang udah commit bakal bekerja towards a Better Society di tahun 2030 nanti dan centered on sustainability gitu, guys. Yha namanya company di mana-mana kudu wajib harus menjalankan prinsip sustainability dong ya. Tapi lewat campaign mereka called “Towards a Better Society 2030” (TBS2030), mereka ngebawa prinsip sustainability ini to another level, gengs. Yaitu dengan jadiin sustainability sebagai  daily basis praktik usaha mereka, sampai jadi DNA-nya perusahaan. Jadi nggak sekadar tempelan aja gitu.
 
Wow bold. Caranya?
Well, strategi yang mereka pake di sini nggak kalah bold, gengs. Ada tiga pilar utama di situ: Thriving Environmental, Empowered People, dan Becoming Trusted Partners. Tiga pilar utama ini kemudian di-break down lagi jadi 12 goals yang spesifik, jelas, dan bisa di-measure progresnya. Salah satu contoh dari 12 goals tadi misalnya kayak jadi perusahaan yang carbon-neutral, yang ada hubungannya sama penurunan emisi gas rumah kaca. Terus memberdayakan masyarakat dengan cara education intervention, sama menjalankan bisnis mereka ethically, dan make sure nggak ada pelanggaran di sana.
 
Sounds nice.
Dalam hal ini, TBS Energi Utama beneran nge-measure 12 goals tadi pake itung-itungan gitu, guys. Target berapa persen, berapa numbers setiap tahun, jadinya makin realistis juga “Oh iya dengan angka segini, bisa nih guys achieve di tahun 2030”, gitu. Intinya, nggak merusak lingkungan, care for people, sama sistem di perusahaan itu dijalankannya bener. Kalau udah begitu, sustainability pun bisa tercapai, dan a better society juga bisa kita lihat deh.
 
Aaa can’t wait asli. Anything else?
Well, sampai sekarang company ini lagi memprioritaskan beberapa hal, guys. Yaitu secara bertahap bertransisi ke bisnis renewable energy  dan nge-promote segala hal related ke situ, termasuk penggunaan motor listrik.
 
Panjang umur deh buat perusahaan kayak gini ygy.

When you have a lot of money…You’ll do charity, kayak Jeff Bezos.

Iya guys. Salah satu crazy rich tier 1 dunia yang juga founder-nya Amazon, Jeff Bezos bilang di sebuah interview eksklusif bahwa dia bakal memberikan sebagian besar hartanya yang senilai US$ 124 miliar buat charity. Adapun charity-nya bakal dialokasikan buat climate crisis dan membantu orang-orang yang lagi struggling karena perpecahan gara-gara situasi sosial dan politik dunia.

Well, sebelumnya, Jeff Bezos dan partner-nya, Lauren Sanchez, udah commit bakal nyisihin 8% dari total kekayaannya saat ini which is sekitar US$ 10 miliar ke Bezos Earth Fund, NGO yang dia kelola bareng Mbak Sanchez, selama sepuluh tahun ke depan.

Nah dari duit itu, Bang Bezos bakal memprioritaskan beberapa hal, guys. Kayak mengurangi carbon footprint dari konstruksi semen dan baja, terus mapping buat emisi karbon, dan membangun natural-plant based carbon yang bisa diserap dalam skala besar.

Btw ngeliat niat Bezos kayak gini, hal ini sebenarnya juga tercermin dari perusahaan yang dia dirikan, guys, which is si Amazon tadi. Meskipun nggak lagi bertindak sebagai CEO, Jeff Bezos masih contribute buat ‘greening’ the company, dan Amazon adalah satu dari ratusan perusahaan yang commit bakal mengurangi carbon footprint sesuai yang tertera dalam Paris Agreement. Meski begitu, Amazon juga kerap menuai kritikan, khususnya dalam hal carbon footprint-nya karena aktivitas shipping barang yang jelas-jelas ngga ramah lingkungan guys. Hmmm dilematis yah.


“Dikembalikan kepada negara.”
Gitu guys bunyi putusan Majelis hakim Pengadilan Negeri Tangerang yang menyebut bahwa semua aset sitaan dari terdakwa kasus investasi bodong binary option Binomo, Indra Kesuma alias Indra Kenz, dikembalikan ke negara. Putusan ini dibacarakan sama hakim kemarin, bersamaan dengan vonis hukuman penjara selama 10 tahun untuk Indra Kenz. Para korban sendiri mengaku kecewa sama putusan ini karena maunya yha duitnya balik ke mereka.
 
When you reallllly shouldn’t trust something that’s too good to be true…

Announcement

Thanks to Briliyan Aulia Rahman for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations
Need help to catch some zzzz? Try consuming these fruits.