Friday Pause: Senja teduh pelita 💕

353

Good morning,

Happy Friday from us to you. It’s the day that we push the off button from the news, and enjoying some down time with meme, recs and cool tips. Don’t forget our podcast too, here. Enjoy and have a great weekend!

For the love of Meme: I can’t I am sick *uhuk*


When your loved ones say, “Gue capek banget idup asli“….

What is your reaction?

Not gonna lie
, menjalani hari-hari tuh somehow emang berat ygy. Everyone literally is on the battle right now. Battle against ourselves, battle against others, battle melawan situasi dan keadaan, dll.

Now, the question is
: Pernah kepikiran nyerah, nggak?

Glad to see you survive. We mean it.

But how about others? Your friends, your family members, your loved ones?
Secara setiap orang punya mental health state-nya masing-masing yekan. Bayangin temen yang udah kamu kenal lama, tiba-tiba jam 2 malem cerita ke kamu kalau dia udah nggak sanggup lagi dan capek banget mau hidup. Sambil nangis, doi bahkan bilang nggak mau bangun lagi besok pagi. Sounds so dark, rite? But that’s what happened. A lot.
Terus, kalau udah tahu gitu, apa yang ada di pikiran kamu, guys? Kamu bakal bilang apa sama doi? Kamu tau nih, dari ucapan dia, he/she intends to commit suicide, dan kamu nggak mau hal itu terjadi, for sure.

But on the other hand, as much as you understand
, salah ngomong atau salah tindakan akan beneran lead them to commit suicide :(((((

Plssss save them at all costs
 :(((((
Thus, plss jangan ragu untuk:
  • Ask. Beda sama skenario keadaan yang dijelasin di atas, kamu kan sekadar tahu dari ucapan dia bahwa dia punya suicidal issue. Tapi kalau kamu masih nggak yakin, pls don’t be afraid to ask, “Maksudnya apa? Lo ada kepikiran mau bunuh diri kah?” Yang harus kamu tahu adalah, sekalipun kamu nanya begitu, suicidal thoughts yang ada di pikiran mereka nggak bakal increase, guys. Kamu juga nggak ngasih ‘idea’. Instead, kamu emang confirm hal itu biar ahu apa yang bakal kamu lakukan buat menolong. Tanya aja, “Udah kepikiran kah caranya gimana? Kapan rencananya?” gitu-gitu.
  • Get proessional help for them. Well, setelah ditanya, sekalipun mereka bilangnya nggak tahu atau belum punya rencana, mereka tetep orang-orang yang in danger, guys. Makanya butuh pendampingan tenaga profesional kayak psikolog atau psikiater. Terus, kalau mereka udah punya rencana misalnya, lebih danger lagi kan tuh. Udah kritis lah istilahnya, butuh pendampingan dari psikolog atau psikiater, guys.  Kamu pun bisa bantu dengan menghindari barang-barang yang mungkin bisa mereka pake buat hurt themselves kayak pil, cairan beracun, atau benda tajam dari jangkauan mereka.

While they’re around, ini yang harus kamu lakukan:

  • Speak from your heart. Yep, kamu mungkin bingung banget harus bereaksi seperti apa denger cerita temenmu ada niatan mau bunuh diri, but percayalah apa pun yang keluar dari hati never go wrong. Tunjukin kalau kamu care dengan ngobrol sama mereka, pegang tangannya atau peluk waktu mereka nangis, atau apapun yang menurut kamu bisa menenangkan mereka. Studi bahkan menunjukkan dengan kamu meng-acknowledge apa yang mereka rasain sekarang bisa membantu mereka buat ngeproses pikirannya dan bisa menurunkan kadar suicidal thoughts.
  • ListenNo doubt, ketika mereka share ceritanya ke kamu, segala masalahnya, segala beban-bebannya, udah dengerin aja. Kadang mereka cuman butuh itu kok, buat meringankan segala perkara yang di diri mereka. While listening, tunjukin empati, nggak usah judgemental, sabar, tenang, dan terima aja cerita dan feeling yang mereka transfer ke kamu. Dengan kamu bersikap demikian, mereka juga bisa reflect kok.
  • Biarin aja mereka cerita. Masih nyambung soal listen, did you know kalau dengan bercerita, itu bisa membantu mereka me-reduce segala emotional burden yang mereka punya? So, biarin aja mereka yang cerita, terus abis itu kasih waktu mereka supaya tenang. Semakin lama kamu biarin mereka cerita, semakin kamu menghilangkan desperation mereka, dan akhirnya juga me-reduce pikiran mereka untuk bunuh diri.
  • Jangan kasih solusi. We get you. Kadang kalau dengerin cerita orang, kita dngan gampang bisa kasih solusi buat mereka. But the thing is, dalam keadaan suicidal kayak gitu, argumen-argumen yang rasional tuh udah nggak mempan, guys. Karena buat mereka, it’s not that simple. Again, dengerin aja. Let them talk. 
  • Take care of yourself. Last but not least, satu hal yang sering orang skip ketika menghadapi orang-orang with suicidal issues adalah kesehatan mentalnya sendiri. Yes it might be draining, exhausting, bahkan stressful. Jadi coba find a way to process and decompress aja segala feelings yang kamu secara sadar maupun nggak sadar, terima dari mereka. Cerita aja ke orang-orang yang bisa kasih kamu dukungan atas apa yang udah kamu lalui dan apa yang kamu rasain. Jangan lupa juga cerita ke tenaga profesional.
  • Advertisement


Now finally, our weekly recs!

We know, we know, there’s so much to do on the weekend. But in case you need some inspiration, all you gotta do is scroll down…
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Today we talk about becoming a better society in 2030. Kayak gimana tuuu? Yuk jangan ketinggalan edisi spesial podcast kita hari ini. Leggo!
  • Aku mau rekomendasiin anime Squid Game versi bola yang lagi on going judulnya ”Blue Lock”. Ceritanya 300 orang dikumpulin di suatu tempat dan semuanya striker. Ga ada kiper, ga ada back, dan cuma dicari satu orang stiker terbaik. Ini seru banget aslii, Waku Waku nontonnya! Animasinya bagus, karakternya menarik, dan tes eliminasinya kreatif banget. Animenya bisa nonton di Netflix ya! (mbafotokopi)
  • Just discovered an IG account that goes by the name @kareem. Dia adalah seorang content creator yang menurutku kreatif dan cerdas dalamm bikin positive-vibe content. Salah satu konten dia diberi tajuk “Keep the Meter Running” di mana dia ngobrol dan hangout bareng sopir taksi sambil tetep bayarin ongkosnya. Seru banget sih, karena sepanjang obrolan, mereka kek nemu temen baru, tanpa feel judgy. Jadi, kek refreshing banget rasanya buat kita yang nonton. (Anonymous)
  • Serial Netflix yang mengambil latar belakang kerajaan Inggris kali ini hadir dengan seri kelimanya yaitu The Crown yang udah rilis baru baru ini. Di seri terbarunya mengambil latar kerajaan tahun 90-an yang tentunya saat itu lagi booming-nya tentang berbagai cerita dari kerajaan Inggris. So, jangan lupa maraton, The Crown Season 5 di Netflix! (Anonymous)
  • (Another) Great series from Korean Englishman yang baru selesai, buat yang suka kokoreaan you gotta check it out!(Anonymous)
  • Belakangan lagi merasa terbantu banget sama channel YouTube Thewizardliz. Isinya bukan cuma motivational tapi dia bisa enlighten issues yang dia bahas dengan approach yang realistis. A-must-watch buat yang lagi merasa down. (browncat)
  • Pernah engga sii kalian ga sengaja nemu lagu yang bagus banget dan lo banget itu, akhirnya lagu itu jadi lagu on repeat dan ga pernah bosen 24/7… Begitupun gue karena emang Sleep Shelter baru ngeluarrin album dengan lagu utamanya When You Come Around, eh Spaceship ternyata yang gue bgt… So I recommend u this 🙂 (anon)
  • Steve Job’s Biography by Walter Isaacson- Psycho-Cybernetics by Maxwell Maltz- Predictably Irrational – Dan Ariely- Delivery Happiness – Tony Hsieh- Semen Retention of men! Every man should try it once! And you’ll be totally a new man after 30days!- ig @wwblx
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“Accept what is, let go of what was, and have faith in what will be.”
– Anonymous-

Thank you note


No one bought us coffee today 🙁 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement