COP Ke-27 Bahas Krisis Iklim Digelar Di Mesir

29

Who needs your attention more than your boyfriend?

Climate change. 
Yup, climate change is real and needs our full attention. Makanya, para pemimpin dunia berkumpul dalam Conference of the Parties (COP) ke-27 yang digelar 6-18 November 2022 di Mesir.

Whoaa whoaa.. Background please.. 
Jadi, KTT ini dihadiri sama setiap perwakilan negara buat ngebahas aksi perubahan iklim. Kalo tahun lalu diadain di Glasgow, nah COP tahun ini diadain di Mesir. Konferensi di bawah naungan PBB ini sih udah ada sejak 1995. Dan dari dulu, emang concernnya soal perubahan iklim. Forum ini dihadiri sama para pemimpin dunia, politisi, pakar dan banyak expert di bidang iklim. Nah, di KTT ini, para delegasi bakal menandatangani Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), sebuah perjanjian lingkungan internasional yang menagani perubahan iklim.
 
What are their concerns? 
As you guys know, masalah perubahan iklim di dunia emang udah nggak main-main dan kita ga bisa santai juga, guys. Sekjen PBB Antonio Guterres bilang bahwa banyak negara udah ngalamin langsung dampak dari perubahan iklim. Mulai dari sepertiga wilayah Pakistan yang banjir, musim panas terpanas di Eropa dalam 500 tahun, Badai Ian di AS dan masih banyak lagi masalah-masalah yang krusial banget soal iklim.

Terus, kalo di COP27 sendiri? 
Para pemimpin dunia ngebahas soal masalah-masalah yang berat banget termasuk keuangan, dekarbonisasi, pertanian, keanekaragaman hayati dan seabrek isu lainnya. Since KTT tahun ini diadain di Mesir, makanya negara-negara Afrika juga jadi fokus utama dalam pembicaraan.
 
Who’s coming? 
As mentioned before, banyak banget pihak yang hadir. Termasuk Presiden AS Joe Biden, para pemimpin dunia lain, puluhan ribu negosiator, anggota pers dan berbagai organisasi pengamat ikut ambil bagian di KTT ini. PM Inggris Rishi Sunak juga dateng, dan nyampein beberapa pandangannya soal iklim. Indonesia sendiri hadir dengan diwakili oleh Wapres Ma’ruf Amin yang menyampaikan pernyataan resmi dari Indonesia.

What did he say? 
Indonesia sendiri nyampein tiga poin usulan utama yang dinilai perlu banget buat dilakuin secara bersama oleh negara-negara di dunia buat ngatasin krisis iklim. Pertama, Wapres bilang kalo KTT COP27 harus jadi implementasi kesepakatan yang akan dihasilkan dan yang telah dihasilkan dari KTT sebelumnya. Ya, soalnya emang sih dari pertemuan di Glasgow tahun lalu, belom ada kemajuan global yang signifikan. Kedua, Pak Kiai juga bilang kalo proses implementasi kesepakatan sebaiknya dilakukan sesuai dengan kapasitas dan keunggulan masing-masing negara.
 
Ketiga.. 
Wapres nyampein sejumlah langkah konkret yang dilakuin sama Indonesia dalam upaya menurunkan emisi. Di poin ini, he specifically said that Indonesia berkomitmen buat ngelakuin langkah nyata, terutama di keketuaan Indonesia pada KTT G20 dan ASEAN 2023.
 
Anything else? 
Di COP27 kali ini, Sekjen PBB alias Antonio Guterres udah ngasih warning yang paling keras sih. Dia bilang kalo dunia saat ini tuh lagi ada di jalan tol menuju neraka iklim. Karenanya, negara-negara khususnya yang tajir harus bertindak cepat untuk menghindari kehancuran ekologi.