Booster 2 Sudah Bisa Digunakan Warga Indonesia

36

When you need another shot but not your caffeine.

Covid Vaccine.
Aka Booster Pt. II
 
Yoi. Kemarin banget nih, Kementerian Kesehatan resmi kasih approval buat warga negara Indonesia supaya bisa dapatin vaksin Covid-19 booster kedua aka dosis keempat seiring dengan resiko Covid yang sekarang makin concerning ini, guys.

Wait, dosis keempat???
Well, dari jaman Covid-19 Circa Maret 2020 (see where we are today? Ehehehe), Corona virus tuh emang disebut lebih rentan terhadap sekelompok orang. Yep, orang itu adalah orang dengan komorbid aka penyakit bawaan dan para lansia. Dan as we all know yang namanya vaksin tuh terbukti ampuh banget buat mencegah Covid-19, guys. Mulai dari dosis pertama, kedua, sampai dosis ketiga aka booster.  Makanya untuk lebih melindungi kelompok rentan ini, in the midst of berbagai subvarian yang ribet banget spelling-nya itu lol, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akhirnya memberikan izin terkait pemberian vaksin dosis booster kedua alias dosis keempat buat para lansia yang rentan ini.

Oh wow. 
Adapun vaksin booster kedua ini sebelumnya ditujukan buat nakes aja, dan udah dapat izin edar dari BPOM. Sekarang baru boleh go public kan dengan catatan sasarannya ke kelompok lansia tadi. Nah yang harus di-clarify adalah yang dimaksud lansia di sini tuh orang-orang dengan usia di atas 60 tahun, guys. Kalau yang di bawah itu belum boleh. Terus, yang mau vaksin booster kedua ini juga kudu harus vaksin booster pertama dulu minimal enam bulan sebelumnya. Pemberian vaksinnya pun disesuaikan sama booster pertamanya kemarin. Ada ketentuannya gitu.

Bentar deh. Booster pertama aja tuh belom semuanya dapet nggak si?
That’s why. Disampaikan oleh Jubir Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, dengan dirilisnya booster kedua ini, percepatan vaksinasinya tuh bisa berjalan beriringan barengan sama yang primer satu, dua, dan booster pertama. Pelaksanaanya pun merata di seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu, masyarakat jadi nggak punya alasan lagi kenapa nggak booster. Toh semuanya udah ada berjalan beriringan, kelar dosis primer kedua, lanjut cus booster kalau udah tiga bulan. Buat lansia yang udah booster pertama, bisa langsung cus booster kedua, gitu.

I see. Anything else?
Fyi dengan adanya berbagai subvarian Covid-19 sekarang ini, itu virus Corona emang makin ganas bikin antibodi tubuh kita semakin melemah tau, guys. Ditambah mobilitas masyarakat yang sekarang udah most likely back to normal akhirnya bikin Covid-19 say hello again deh. In that sense, epidemiolog Dicky Budiman juga sangat amat merekomendasikan vaksin either itu booster pertama atau booster kedua supaya orang-orang juga semakin terproteksi dari ini penyakit.