Aturan Pemberian Point Pada SIM

35

Who’s just hit another breakthrough?

Korlantas Polri.
Polisi yang tugasnya menertibkan para pengendara dan pengemudi di jalanan ini tuh emang lagi berbenah, guys.  Nggak cuman beresin masalah tilang, sekarang ada lagi sistem baru yang memungkinkan SIM kamu bakal dicabut.

HAHHHH?
Iya. Well, kamu tahu kan baru-baru ini, melalui instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sistem tilang manual yang selama ini dikenain ke kamu kalau ngelanggar lalu lintas tuh bakal dihapuskan, gengs dan diganti dengan sistem yang lebih canggih, which is Electronic Traffic Law Enforcement aka ETLE. Nggak sampai di situ, belakangan ini heboh lagi soal aturan tilang-menilang ini yang dikeluarkan oleh kepolisian.

Apatu?
Everybody, meet: Poin SIM. Yep, biasanya kan orang dapet poin tuh karena ada achievement gitu kan. Nah kalau yang ini nggak. Kamu bakal dapat poin kalau kamu melanggar lalu lintas, guys. Well, dalam Peraturan Polisi Nomor 5 Tahun 2021, setiap kali pengendara atau pengemudi melanggar lalu lintas, bakalan dikenakan poin yang ditandain di SIM masing-masing pengendara atau pengemudi itu. Aturan pemberian poinnya pun jelas diatur dalam Perpol tadi.

Gimme all the details…
Sure. Ada tiga jenis pemberian poin nih: Ada 5 poin, 3 poin, sama 1 poin. Nah pemberian poin ini ada kriterianya lagi, gengs. Kita mulai dari yang 5 poin yah. Poin 5 poin ini diberikan kalau kamu mengemudi atau bawa motor tapi nggak bawa SIM, guys. Yha jelas salah kan. Ditandain deh tuh 5 poin di SIM, atau kalau kamu ugal-ugalan, dan kalau kamu melanggar rambu lalu lintas, juga kena 5 poin. Terus ada juga 3 poin. Tiga poin diberikan kalau di motor kamu ada atribut macem-macem yang bisa ganggu keselamatan orang di jalan, terus kalau pakai plat yang nggak sesuai sama ketentuan Korlantas Polri, dan kalau kamu berkendara tapi tidak peduli sama pejalan kaki atau yang pake sepeda, kena juga 3 poin. Terus kalau 1 poin, kalau kamu berkendara tapi malah ngerusak rambu lalu lintas yang ada, dan kalau kamu nggak ngikutin perintah polisi yang lagi tugas di jalan, disuruh berhenti kamu malah maju terus misalnya, kamu juga bakal dikenakan 1 poin.

Terus dikumpulin gitu, ya?
Yha jangan dong. Nggak bakal dapet doorprize kalau dikumpulin, guys ehehehe. Instead, kalau poin yang udah terkumpul sebesar 12 poin, SIM kamu bakal ditahan dan SIM-nya balik lagi dengan syarat kamu wajib ngikutin pendidikan dan pelatihan mengemudi gitu. Terus kalau poinnya udah nyampe 18, SIM kamu bakal dicabut berdasarkan pada putusan pengadilan. Kamu bisa bikin SIM baru lagi, tapi sama kayak sebelumnya, wajib ngikutin pendidikan dan pelatihan mengemudi gitu. Fyi amit-amit kalau langsung kecelakaan lalu lintas dll, poin yang dijatuhkan langsung ke 12 poin, gengs, which means SIM kamu langsung ditahan.

I see. Anything else?
Fyi yang bisa kasih poin-poin ini cuman ada tiga pihak: Korlantas Polri, Direktorat Lalu Lintas Polda setempat, sama Polres. Terus, poin ini juga tersedia online di Sistem Informasi Pelanggar dan Kecelakaan Lalu Lintas Pemilik SIM aka SIPKLL. Sekarang sistem gini udah berlaku, guys. Cuman masih dalam sosialisasi. So, jangan sampai kamu kena poin yah.
 
Hati-hati di Jalan.