95% Bencana Tahun Ini Adalah Bencana Hidrometeorologi Basah

219

While we’re in scorpio season aka the water signs season….

Beneran banyak water sekarang.
Yep, dari catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana aka BNPB, sebanyak 95% bencana yang terjadi tahun ini tuh adalah bencana hidrometeorologi basah kayak banjir sampai tanah longsorguys.
 
Well, kayak yang udah pernah kita bahas sebelumnya, hampir seluruh wilayah Indonesia tuh lagi dilanda banjir yah. Di Pulau Sumatera misalnya, hampir seluruh pulau udah banjir, terus sebagian Kalimantan juga, terus di Jawa, sama beberapa titik di Bali. Cuman Indonesia bagian Timur yang relatif nggak ada banjir. Terkait hal ini, BNPB sih ngeliatnya hal ini bisa terjadi emang karena sekarang curah hujan lagi tinggi aja, guys. 
Advertisement
Bahkan, we are not at the climax yet lo. Puncak banjir diprediksi baru akan terjadi bulan depan sampai di Januari 2023. Makanya semua pihak sekarang lagi fasten the seatbelt guys biar bisa menanggulangi bencana sebaik mungkin. For context, dari awal tahun sampai November, udah terjadi 3.207 bencana alam. Dan itu tadi, 95% dari bencana itu adalah bencana semacam banjir dan tanah longsor. Stay safe, everyone!
Advertisement