Video Games Membantu Pertumbuhan Anak

46

Dear parents, jangan marah kalau anak keseringan main game….

Bagus buat perkembangannya lo, Bun.
Serius. Dari studi yang di-publish di jurnalnya JAMA, ternyata video games tuh bisa membantu pertumbuhan kognitif dan impulse control-nya loh. Lumayan kontras yha sama stigma dan stereotip yang selama ini terbentuk kalau anak suka main game ehehehehe.
 
Well, dalam penelitian ini ditemukan bahwa jika dibandingkan, anak-anak yang main games selama tiga jam atau lebih per harinya tuh punya kemampuan memori dan impulse control berkembang lebih baik daripada yang nggak main games. Kerja otak mereka di bagian attention to detail juga meningkat kalau anak main games, guys.
 
Adapun dalam penelitian ini kan juga diteliti soal game apa yang dimainin kan, dan dari hasilnya game adventure dan tembak-tembakan tuh emang lebih cepat membantu perkembangan impulse tadi daripada game semacam teka-teki gitu. But still, it’s a good point to see gitu lo, gengs.
 
Yang harus kamu tahu adalah, peneliti ini juga nyaranin orang tua buat mending kasih anaknya main games aja daripada nonton TV.  Kerja otak juga bisa lebih maksimal kalau main games daripada harus duduk diem di depan TV.