Update Tragedi Kanjuruhan, Korut Meluncurkan Rudal Balistik Ke Jepang, 300 Ribu Warga Rusia Harus Ikut Wajib Militer, Kim Kardashian Didenda Karena Promosi Crypto

74

Good morning

Welcome to Wednesday. For those of you who prefer everything in audio, we got our podcast here. But if you prefer to read, all you need to do is scroll down. From the newest update on Kanjuruhan to Kim Kardashian, let’s catch up!

We’ll start with none other than: Update Tragedi Kanjuruhan.

Where are we now?
If you’re wondering, “Againnn? Three days in a row?” Yes, because we reallyyyy need to talk about this, guys. Tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan waktu match-nya Arema FC VS Persebaya ini tercatat sebagai tragedi paling mematikan nomor dua sepanjang sejarah sepak bola dunia dan udah menewaskan ratusan korban jiwa plus ratusan lainnya luka-luka. Nah, kejadiannya itu kan di hari Sabtu kemarin, dan sampai sekarang, udah banyak banget pihak yang speak up dan melakukan berbagai tindakan untuk mendalami kasus ini lebih jauh, guys. Termasuk Presiden Joko Widodo.

Catch Me Up!

Sure. Now let’s dive in to it one by one:

  • Perbedaan data korban meninggalAs we all know, kalau ada tragedi kayak gini, data jumlah berapa korban meninggal kan essential banget yah. Tapi, ada perbedaan data nih guys antara data yang udah dihimpun sama Polri VS Aremania. Beda lagi sama datanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah aka BPPD Jawa Timur. Disampaikan oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, per kemarin, setelah diidentifikasi dari seluruh rumah sakit, korban tewas itu ada 125 orang, guys. Tapi Aremania bilangnya korban tewas ada lebih dari itu. Adapun data 175 orang tewas itu ada dari BPPD Jawa Timur.
  • Salat gaib. Masih ngomongin korban tewas, Kementerian Agama bakal menggelar salat gaib buat mendoakan korban tewas dalam tragedi ini. Adapun salat gaib ini akan dilakukan di Masjid Istiqlal Jakarta hari Jumat besok abis solat Jumat. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga udah mengeluarkan surat edaran terkait ini dan ngajak seluruh umat muslim di Indonesia buat salat gaib juga mendoakan para korban.
  • Kapolres Malang dinonaktifkan. For context, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan rombongan tuh kan dari kemarin udah tiba di Malang dan melakukan analisis dan evaluasi langsung terkait kejadian ini. Nah, dari hasil analisis dan evaluasi tadi, Kapolri akhirnya memutuskan buat menonaktifkan Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat. Nggak cuma itu, atas perintah Jenderal Listyo, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta juga menonaktifkan sejumlah pejabat kayak Komandan Batalyon, Komandan Kompi, Komandan Peleton, sampai orang-orang di Brimob.
  • Personel TNI represif. Have you watched that video, guys? Dalam video kerusuhan yang viral di media sosial, ada oknum yang keliatan jelas pake baju loreng-loreng ijo yang melakukan tindakan represif ke para supporters yang turun di lapangan itu, gengs. Merespons hal ini, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bilang pihaknya udah melakukan investigasi dan kalau udah terbukti, bakal dilanjutkan dengan proses hukum, gengs. Mulai dari Pasal 126 KUHPM, plus KUHP.  Terus, anggota TNI yang terlibat juga udah diperiksa sama pihak Pusat Polisi Militer Angkatan Darat aka Puspomad.
  • Tim Gabungan Independen Pencari FaktaRemember there is so much “Why this?” and “Why that?” dalam tragedi ini? Nah, merespons hal ini, Presiden Joko Widodo  pun kasih instruksi buat membentuk tim khusus yang bertugas mengusut kasus ini secara detail, namanya Tim Gabungan Independen Pencari Fakta aka TGIPF. Tim ini dikasih deadline juga sama Pakde, guys. Pakde Jokowi menyampaikan tim ini udah harus mencapai kesimpulannya maksimal banget dalam waktu satu bulan.
  • Mahfud MD memimpin TGIPFYep, dari instruksi Pak Jokowi di atas, akhirnya benaran direalisasikanlah TGIPF itu melalui Rapat Koordinasi Khusus yang dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, perwakilan Kemenpora Chandra Bhakti, dan masih banyak lagi. Dalam rakorsus ini, akhirnya ditentukanlah Prof Mahfud yang memimpin tim ini, guys. Pak Mahfud pun langsung gercep kerja yang bakal selesai dalam dua sampai tiga minggu ke depan. Selain itu, Pak Menkes juga diminta mengutamakan pelayanan kesehatan korban, no matter how much it costs.
  • Pintu tertutup. Now moving on to poin yang sempat kita bahas kemarin aka pintu tribun di Stadion Kanjuruhan yang cuman ada dua pintu yang kebuka (out of 14 doors) waktu kerusuhan itu terjadi. Dalam keterangan yang Komisioner Komisi Kepolisian Nasional aka Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto, belum diketahui secara pasti siapa yang kasih instruksi buat nutup pintu itu. Sementara Kapolres Malang waktu itu juga nggak ada memerintahkan begitu. Lebih jauh, dari Kompolnas juga bilangnya nggak mungkin polisi yang megang kunci, itu urusannya panitia, katanya gitu.
  • Mulai jam delapan malam demi rating. Talking about panitia, Despite the fact that pihak aparat udah nge-warning mereka untuk mulai pertandingannya sore aja, tapi nggak bisa diindahkan sama pihak panitia dengan alasan udah terikat kontrak hak siar dengan salah satu stasiun TV. Hal ini juga yang mengundang reaksi banyak pihak. Salah satunya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dalam keterangannya, Kang Emil bilang pertandingan malam tuh sarat banget sama gesekan ceunah. Jangan apa-apa dipaksain buat sekadar rating, katanya gitu.
  • Sanksi buat Arema. Ketua Komisi Disiplin PSSI, Erwin Tobing bilangnya pihaknya udah melakukan investigasi secara menyeluruh terkait tragedi ini dan udah menghasilkan sebanyak tiga plus 1 putusan. Pertama, Arema FC nggak boleh ngadain match lagi dengan penonton sebagai tuan rumah, kalaupun mau tanding ada penontonnya, match itu harus diadain di tempat yang jauh dari Malang, Terus, Arema FC juga dikenakan sanksi sebesar Rp250 juta. Nah, kalau masih diulangi juga nih pelanggaran kayak gini, bakalan ada sanksi yang lebih berat buat Arema FC.
  • Panitia disanksi seumur hidup. Yep, selain sanksi buat Arema, PSSI juga menjatuhkan sansi buat panitia pelaksana event kemarin yang dirasa punya andil besar dalam event ini. Ketua Panitia Pelaksana namanya Abdul Harris barengan sama security officer Arema, Suko Sutrisno dijatuhkan hukuman sama PSSI di mana mereka nggak boleh melaksanakan aktivitas apapun termasuk pengamanan dalam sepak bola Indonesia seumur hidup mereka.

Who’s causing some scene?

Ballistic missile by North Korea.
Iya, ada-ada aja nih. Jadi, Korea Utara alias Korut baru aja dan lagi-lagi meluncurkan rudal balistik. Hal ini bikin jadi headline di mana-mana, secara Jepang yang jadi sasarannya.

What?
Yep guys, jadi, Korut baru aja nembakkin rudal balistik tanpa ngasih peringatan sebelumnya ke Jepang. This has become the first in five years, because the last time was in 2017. Anyway, peluncuran rudal kali ini tuh jadi peluncuran ke-23 dari Korut di tahun ini, dan jadi tembakan rudal paling banyak dalam satu tahun di bawah kepemimpinan Kim Jong-un. Di tahun 2020, Pyongyang aka ibu kota Korut cuma ngelakuin empat tes dan delapan di tahun 2021. So, this year is quite different.

Go on. 
Rudal yang ditembakkan pada Selasa (4/10) sama Korut, terbang dengan jarak sekitar 4.600 kilometer dengan ketinggian 1.000 kilometer, dan kecepatan tertingginya mencapai Mach 17 yang berarti 17 kali kecepatan suara. Sebenernya, rudal yang dipake tuh sama kaya yang diuji sama Korut di tahun 2017 sebelumnya, so it’s not a new thing. 

Is it dangerous? 
Quite. Karena biasanya, Korut cuma nembakkin misil ke perairan lepas pantai Semenanjung Korea, jadi berhubung yang kali ini ke arah Jepang, situasinya jadi lebih complicated gitu, deh. Nah terus, peluncuran mendadak kaya gini tuh berisiko buat pesawat dan kapal yang lagi melintas ketika bisa aja, rudal bergerak ke sasarannya. Nggak cuma itu, kalo aja uji cobanya gagal, rudal ini mungkin banget membahayakan area populasi masyarakat, tepatnya wilayah Tohoku, yang ditinggalin sama lebih dari 8 juta orang.

How did the Japanese react? 
Pemerintah Jepang sendiri udah memperingatkan warganya buat berlindung ketika tau Korea Utara ngelakuin uji coba rudal. Bahkan, pemerintah juga udah ngasih peringatan lewat sirine, stasiun radio dan even ke smartphone warganya masing-masing. Pemerintah Jepang juga udah kasih peringatan sekitar pukul 7.30 pagi buat orang-orang yang tinggal di prefektur Aomori, Hokkaido dan pulau Izu dan Ogasawara di Tokyo soal ancaman ini. Terus, PM Jepang Fumio Kishida juga meminta warganya buat berlindung di gedung-gedung dan menjauh dari hal-hal yang mencurigakan.

Tapi sebenernya… maunya Jong-un tuh apa sih?
Sebenernya, banyak kemungkinan soal alasan Korut nembakkin rudalnya. Kalo menurut Robert Ward, rekan senior untuk Studi Keamanan Jepang di Institut Internasional untuk Studi Strategis, Korut lagi mencoba bikin situasi geopolitik yang udah panas ini jadi makin runyam. Terutama yang berhubungan sama Jepang, Rusia, dan China. Kemungkinan kedua, ada yang bilang kalo emang Korut tuh secara rutin melakukan pengujian kayak gini. Tapi berhubung uji cobanya sempat terhenti karena cuaca buruk, jadi sekarang mereka mulai lagi pas musim gugur atau awal musim dingin. Selain itu, bisa jadi juga uji coba rudal ini dilakukan untuk mengukur akurasi rudal yang mereka miliki pada jarak yang lebih jauh.

Anything else? 
Kim Jong-un sendiri sih udah janji di awal tahun ini kalo dia emang bakal ngembangin senjata nuklir Korea Utara dengan kecepatan setinggi-tingginya. Bahkan, uji coba nuklir kaya gini tuh diprediksi bakal bisa datang kapan aja. Sementara itu, pejabat Korsel sama AS emang udah kasih warning kalo Korut emang lagi nyiapin uji coba nuklir.

When there’s a new update on Russia-Ukraine…

Vladimir Putin is getting stronger and more powerful. Doi belom lama ini ngewajibin sekitar 300 ribu warganya buat ikut wajib militer alias wamil buat nambahin pasukan Rusia yang lagi menginvasi Ukraina.

Tell me more.. 
As we know, Russian invasion to Ukraine masih belom nemuin titik terang. Walaupun belum lama ini pihak Ukraina bilang kalo mereka udah berhasil ngerebut balik sebagian wilayahnya, tapi itu justru bikin ambisinya Putin makin menjadi-jadi. Pengamat politik bilang kalo dia jadi lebih berbahaya dan putus asa, gara-gara dapet pressure dari negaranya sendiri. Parahnya lagi, Putin juga ngasih ancaman bakal pake senjata nuklir dan ngumumin soal pencaplokan empat wilayah Ukraina. Terus, Putin sendiri bilang kalo ini tuh bukan sekadar gertakan aja, tapi he really meant all his words. 

Then? 
Nah untuk menambah tentaranya, akhirnya minggu lalu Putin memberlakukan wajib militer buat tiga ratus ribu warganya yang eligible. Nah gara-gara pada ngga mau, jadinya banyaaakk banget warga Rusia yang mencoba buat kabur. Para warga ini jadi memadati perbatasan untuk bisa melarikan diri ke Eropa. Bahkan, Kedubes AS di Moskow udah meminta warganya buat buru-buru kabur gara-gara orang yang punya kewarganegaraan ganda juga diwajibkan buat ikut wamil. Kebanyakan dari mereka coba kabur ke Kazakhstan, Georgia, atau Finlandia.

Okay.. 
Gara-gara ini juga, banyak pengacara yang kewalahan karena kebanjiran klien yang pengen buat menghindar dari wajib militer itu. Terus, nggak cuma itu, tiket penerbangan juga naik sampe 27%. Bahkan, tiket sekali jalan juga sempet naik sampe 73%. Bahkan menurut data pemesanan perjalanan udara, ada peningkatan pemesanan sampe tiga digit dari Rusia ke kota-kota di Georgia, Kazakhstan, Turki, Israel sampe Dubai.

Anything else? 
Anyway, awalnya Putin bilang kalo wajib militer tuh buat orang yang punya pengalaman militer. Tapi, lama-lama wajib militer ini nggak ngelihat catatan dinas, kesehatan, status bahkan usia. Jadi tiba-tiba aja, seseorang mendapatkan surat panggilan untuk ikut wamil dan mereka bakal langsung dibawa untuk mengikuti berbagai persiapan. Hal inilah yang bikin warga, khususnya yang ngga berpengalaman militer untuk memilih kabur ke luar negeri.

When law is still The Law…..

For Kim Kardashian.
Yang didenda karena nge-promote crypto.
 
Yes. The US of Security and Exchange Commission (Sejenis Komisi khusus yang ngurusin Bursa Efek kalau di sini ya) baru aja menggugat Si Ultimega influencer kesukaan semua orang slash selebriti papan atas, Kim Kardashian. Doi digugat denda sebesar US$ 1 juta gara-gara nge-promote soal Cryptocurrency di Instagram doi yang ber-followers 330 juta itu, guys.
 
Well, sebenarnya yha nggak papa banget kalau mau promoin crypto di media sosial, cuman aturan di AS nge-state kalau si influencer harus nge-mention kalau konten yang mereka buat itu adalah paid promote dan harus nge-mention mereka dibayar berapa buat nge-post content promosi crypto itu. Nah, di case-nya Mbak Kim, doi nggak mention dua poin tadi, gengs.
 
Hal ini of course jadi reminder bahwa seberapa pun ‘besar’-nya seorang public figure, atau seberapa pun terkenalnya si artis ini, hukum harus tetep dipatuhi, guys, apalagi buat hal-hal berisiko kayak crypto.

“Hah? Masa bahas pilpres?”
 
Gitu guys kata Gubernur Jawa Tengah yang juga salah satu nama yang paling sering muncul sebagai capres, Ganjar Pranowo pas ditanya soal momennya duduk semobil sama Pak Jokowi pada Senin lalu. Jadi dalam momentum itu, Pak Ganjar sama Pak Jokowi mau menghadiri peletakan batu pertama atau groundbreaking pabrik pipa di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dan mereka duduk semobil, makanya banyak yang spekulasi kalo keduanya ngomongin pilpres. Tapi ternyata engga, tuh kata Mas Ganjar.
 
When 2024 is still far away and you’re not interested…

Announcement


Thanks to Kean, Hari, Someone, & Nurul for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Trying to lose weight? You need to have these foods in your kitchen.