Unilever Tarik Produk Dry Shampoo Pemicu Kanker

38

Dry shampoo is no longer to the rescue…

Careful, careful…
Ketika dry shampoo nggak lagi jadi penyelamat ketika rambut lagi lepek. Hal ini karena baru aja Rabu lalu, perusahaan Unilever melakukan “penarikan secara sukarela” dari berbagai sampo kering aka dry shampoo aerosol-nya dengan merek Dove, Nexxus, Suave, TIGI dan TRESemme di Amerika Serikat dan Kanada.

WHAT?!? Kok bisa? 
Dalam keterangan resminya, Unilever bilang bahwa setelah melakukan investigasi internal, bahan pendorong aka propellant yang terkandung dalam zat semprotnya itu mengandung benzena, suatu bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker. Unilever bilang, mereka lagi bekerja sama dengan supplier untuk meng-address issue tersebut. Adapun beberapa produk yang ditarik adalah Dove Dry Shampoo Volume and Fullness, Dove Dry Shampoo Kelapa Segar, Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist, dan Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive.

Terus terus? 
Menurut Center for Disease Control and Prevention aka CDC, paparan benzena itu bisa terjadi lewat inhalasi, oral, atau lewat kulit. Seremnya lagi, zat ini juga berpotensi menyebabkan kanker kaya leukemia dan kanker darah. Pada wanita, paparan benzana dalam waktu yang lama juga bisa berpotensi merusak organ reproduksi.

Geeeezzzz….
Masih soal Benzena. Jadi zatnya sendiri merupakan cairan tanpa warna yang mudah terbakar. Terus, benzena juga mudah menguap di udara ketika kena panas. Biasanya, benzena banyak dipake dalam produk tekstil dan rumah tangga. Misalnya plastik, pelumas, karet, pewarna, deterjen, obat-obatan, dan pestisida. Jadi, no wonder sih kalo kandungan ini ada di dalam produk dry shampoo. But actually, benzena itu bisa dibilang bahan kimia yang berbahaya, lho. Soalnya, dalam paparan tingkat tinggi bisa menyebabkan efek kesehatan jangka pendek dan panjang.

Okay… 
Kalo efek jangka pendeknya, bisa muncul gangguan sistem saraf yang memunculkan rasa mengantuk, pusing, sakit kepala, tremor atau bahkan nggak sadarkan diri. Tapi, kalo efek jangka panjangnya bisa bikin anemia, masalah organ reproduksi dan masalah imunitas. TBL, TBL, TBL…

Anything else? 
Atas penemuan ini, pihak Unilever meminta para pembeli produk-produk tadi untuk segera menghentikan penggunaannya dan mereka bisa meminta pengembalian dana. Meanwhile in Indonesia, masih belom ada info soal penarikan produk dry shampoo ini. Dalam keterangan resminya kemarin, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM Reni Indriani bilang bahwa pihaknya udah melakukan penelusuran dan menyatakan bahwa produk dry shampoo yang ditarik oleh Unilever di AS itu tidak terdaftar di Indonesia.