Ulang Tahun TNI Ke-77, 2% Spesies Zebra Paling Langka Punah, Presiden Joko Widodo Kemarin Tiba Di Malang, Paspor Berlaku 10 Tahun

93

Good morning

Hello. Thursday is here, so we’re just a day away from the weekend. Hang in there! Now, we will catch you up! with some updates from home and abroad, so grab your coffee, sit straight, and let’s scroll down…

Who just celebrated their birthday?

Our soldiers, Tentara Nasional Indonesia aka TNI.
Yep. Di tengah berbagai krisis, konflik, plus gonjang-ganjing politik yang lagi happening di negeri +62 ini, prajurit TNI mulai dari Angkatan Darat, Laut, dan Udara kemarin banget nih merayakan ulang tahun mereka yang ke-77, guys. Nah, dalam HUT mereka tahun ini, nggak cuma kinerja mereka menjaga kedaulatan NKRI aja yang di-highlight, tapi juga kesejahteraan para TNI itu.

Tell me. 
Sure. First of all let’s talk about the history of TNI. Kamu harus tahu nih, guys. Pada awal masa pembentukannya di awal kemerdekaan, tentara yang kita kenal sekarang tuh belum jadi TNI, guys. Ada proses yang panjangggg banget, nggak cuma soal kedudukannya, tapi juga soal nama angkatan bersenjata kita ini. Dari Badan Keamanan Rakyat aka BKR yang dibentuk secara independen dari masyarakat, terus diambil alih pemerintah pada 5 Oktober 1945 dan berubah nama jadi Tentara Keamanan Rakyat aka TKR. Terus, atas perintah Presiden Soekarno pada Juni 1947, nama TKR berubah Tentara Nasional Indonesia aka TNI yang mencakup wilayah darat, laut, dan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia dan masih kita pake sampai sekarang.

Naisss…..
Nah, sebagai salah satu elemen penting dalam keberlangsungan negara, peringatan Ulang Tahun TNI of course nggak bisa dilewatkan gitu aja dong. Setiap tahunnya, ada selebrasi dan perayaan gede-gedean yang diselenggarakan setiap tanggal 5 Oktober. Masing-masing TNI dari tiga angkatan pada atraksi deh tu menunjukkan alutsista mereka. Kendaraan tempur AD pada keluar, pesawat tempur AU pada beterbangan, terus di dermaga kapal AL juga bertengger. Meanwhile, seremonial perayaan HUT TNI ini tetep diadainnya di Istana Merdeka, guys. Termasuk tahun ini, yang digelar yha tanggal 5 kemarin itu.

Gimme all the details….
You got it. Di Peringatan HUT TNI kemarin, upacaranya sendiri dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh sejumlah pejabat kayak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menko Polhukam Mahfud MD, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Terus seperti yang tadi kita bahas, yang punya hajat aka TNI juga pada unjuk gigi mamerin alutsista yang dipunya, guys. Ada sekitar 60 alutsista secara total. Mulai dari kendaraan tempur yang konvoi dari Istana Merdeka ke Bundaran HI, terus pertunjukan pesawat tempur yang manuver membentuk angka 77, dsb.

Tell me more about the ceremony…
Nah ada hal menarik dalam upacara kemarin nih. Iya, jadi Jenderal Andika kan kasih laporan kinerja TNI gimana setahun terakhir, kasih laporan juga keadaan Pos Lintas Batas Negara aka PLBN kita sekarang gimana. Sekalian ada chit-chat aka dialog deh tuh Presiden Jokowi sama para prajurit TNI yang lagi bertugas di beberapa PLBN. Kayak dari PLBN Entikong perbatasan Indonesia Malaysia, PLBN Motaain perbatasan Indonesia-Timor Leste, PLBN Talaud perbatasan Indonesia-Filipina, plus PLBN Sota perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Ngomongin apatu?
For context, chit-chat aka dialog-nya itu gantian, guys. Pertanyaan yang diajukan Pak Jokowi ke prajurit di masing-masing PLBN kurang lebih sama. Presiden tanya ada berapa prajurit yang bertugas di sana, terus kalau mereka belanja sehari-hari di mana? Nah, pas giliran dialog bareng prajurit di PLBN Sota, Pak Jokowi nanyain, “Tunjangan TNI cukup nggak?” Dijawab sama komandan sana, “Siap, untuk tunjangan cukup, pak.” Dibalas lagi sama Pak Jokowi, “Bener cukup? Nggak usah takut sama Panglima,” katanya gitu. “Siap, cukup, bapak.”

Kesejahteraan TNI.
Disampaikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, pemerintah selalu memperhatikan  dan selalu pengen meningkatkan kesejahteraan TNI, guys. Cuma yha gitu, pengennya pemerintah nggak sejalan sama kondisi yang sekarang terjadi. Yep, we’re talking about kondisi ekonomi negeri kita yang sekarang lagi nggak baik-baik aja, guys. Ancaman resesi, ancaman krisis, inflasi, dll.

Iyasi Terus terus?
Nah, dalam peingatan HUT TNI kali ini pula, di tengah gonjang-ganjing politik yang sekarang lagi happening banget nih (see you soon, 2024), Ketua DPR RI, Puan Maharani menyampaikan kalau TNI tuh nggak boleh ngikut arus ke politik praktis. Nah, Mbak Puan bilangnya TNI tuh harus netral. TNI harus profesional sesuai sama tugas, pokok, dan fungsinya. Hal ini juga yang sebelumnya sempat di-mention juga sama Jokowi di mana TNI kudu berpegang teguh sama jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional.

I see. Anything else?
Btw ngomongin TNI, of course nggak bisa lepas dari bestie-nya which is Polri. Yep, di tengah duka yang terjadi atas Tragedi Kanjuruhan yang melibatkan personel TNI/Polri beberapa waktu lalu, banyak pihak mendesak agar ada evaluasi secara serius dan menyeluruh terkait pimpinan di dua institusi ini, guys. Bahkan, Kapolri Jenderal Listyo senyum di Upacara HUT TNI kemarin dinilai nggak sensitif sama keadaan sekarang. Lebih lanjut, banyak pihak menilai Jenderal Andika dan Jenderal Listyo harusnya sekarang masih ada di Malang dan melakukan investigasi serta evaluasi atas Tragedi Kanjuruhan. Nggak perlu ikutan HUT TNI.

What about to go extinct?

Zebras in Kenya
Jadi, karena kekeringan parah yang berlangsung sampe dua tahun terakhir ini di Kenya, 2% spesies zebra paling langka sampe punah dan kematian gajah juga meningkat.

Tell me more.

Climate crisis is the only reason. Sampe sampe banyak banget satwa liar yang jadi korban. Parahnya lagi, bangkai hewan mati kaya jerapah atau ternak yang membusuk di tanah tuh udah jadi pemandangan biasa banget di sana. Ini tuh semata-mata terjadi karena krisis iklim bikin persediaan makanan dan air di alam liar jadi makin abis. Sedihnya, Grevy Zebra, spesies paling langka di dunia juga ikut kena dampak dari kekeringan ini.

Hiks 🙁
Nah menurut pendiri dan Direktur Eksekutif Grevy’s Zebra Trust, Belinda Low Mackey, tingkat kematian spesies bisa meningkat kalo terus-terusan nggak ada hujan yang signifikan. Bahkan, sejak Juni lalu aja udah ada 58 ekor Zebra Grevy yang mati dan jumlahnya terus meningkat. Bahkan nih ya guys, hewan yang paling tahan sama kering kaya unta aja ikut kena dampak. Padahal kan unta terkenal paling tahan hidup tanpa air.

Sedih banget 🙁
Yep, hal ini diperburuk dengan kemungkinan musim kering yang masih akan terjadi beberapa waktu ke depan. Kalo situasinya terus terusan kaya gini, para konservasionis khawatir akan makin banyak spesies yang terancam bakal mati kaya sekarang, dan mereka eventually punah 🙁 Selain hewan, yang kena dampak dari kekeringan ini juga termasuk komunitas penggembala yang memperburuk perburuan daging hewan liar.

Fyi.
Kekeringan ini jadi berdampak banyaknya orang yang terpaksa membunuh satwa karena mereka mulai mendekat ke rumah masyarakat demi cari makan dan minum. Bahkan, jumlah gajah yang mati karena alasan ini mencapai setengah dari totalnya di tahun lalu. Sementara di tahun 2012 sendiri, hampir 400 gajah hilang akibat perburuan.

Anything else?

Kekeringan di Kenya kali ini jadi kekeringan paling parah sejak Oktober 2020. Even PBB bilang kalo ini tuh kekeringan terparah sejak 40 tahun. Jadi selain hewan yang kena dampak, lebih dari 3 juta masyarakat udah ngalamin kekurangan air minum.

When Mr. President has finally arrived….

In Malang.
Well well well, kalau dari kemarin kita udah ngomongin banyak pihak mulai dari PSSI, Kemenpora, TNI, Polri, Arema FC, sampai PT. LIB yang speak up terkait Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan nyawa minggu lalu. Bahkan Kapolri juga udah visit langsung ke sana, Now let’s see and hear it from the one and only: Presiden Joko Widodo yang kemarin udah sampai di Malang, Jawa Timur.

WHOAAAA….
Yha secara teknis ini bukan kali pertama Presiden speak up dan do something terkait tragedi ini, guys. In case you missed it, begitu dengar kabar ini, hari Senin kemarin, Pak Jokowi langsung in contact sama Presiden FIFA Gianni Infantino.
 
Bahas apa?
Banyak lah yang mereka omongin, salah satunya adalah FIFA yang mau bantu benerin sistem tata kelola sepak bola Indonesia, terus ngomongin sanksi buat kita yang beliau serahkan sepenuhnya ke FIFA, dll. Lanjut di hari Selasa di mana Pak Jokowi langsung membentuk tim khusus yang dinamai Tim Gabungan Independen Pencari Fakta buat mengungkap tuntas Tragedi Kanjuruhan. Setelah dibentuk, Menko Polhukam Mahfud MD yang jadi leader-nya udah langsung diminta untuk mulai bekerja dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Belum selesai nih, lanjut lagi kemarin, kelar upacara HUT TNI, Presiden Jokowi dan rombongan langsung terbang ke Malang supaya crystal clear gambaran di lokasi kejadian kayak gimana.

Wow okay….
Nah sampai di Malang, diceritain semua deh tuh sama Pak Jokowi apa aja yang udah pemerintah lakukan merespons tragedi ini. Di Malang juga, beliau langsung melakukan visit Stadion Kanjuruhan itu untuk mendapatkan gambaran secara jelas kronologinya kayak apa, dan di mana aja terdapat penumpukan massa. Makanya tribun selatan yang mencakup Pintu 10, 11, 12, dan 13 di mana di situ pintunya kekunci dan bikin penumpukan massa sampai orang-orang terhimpit, terinjak, dan meninggal diperhatiin banget sama beliau, guys.

Naisss…
Nggak cuman meng-highlight pintu yang kekunci, Pak Jokowi juga meng-highlight tangga stadion yang dinilai terlalu curam. Makanya dari sini, Pak Jokowi akhirnya memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono buat melakukan audit terhadap stadion yang dipake buat Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, nggak cuma Stadion Kanjuruhan, tapi juga stadion lain yang ada di seluruh Indonesia. Beliau minta supaya diliat pintu masuk pintu keluarnya gimana, posisi duduk, pagar, biar keselamatan penonton bisa tetap jadi prioritas. Plus masukin arsitek akses Stadion Kanjuruhan dalam daftar perhatian.
 
So, where are we going from here?
Nah kalau udah dilakukan investigasi, evaluasi, dan audit sama TGIPF tadi, baru deh kesimpulannya bisa diambil dari situ deh. Disampaikan langsung oleh Staf Khusus Presiden, Dini Purwono, masyarakat kudu mengawal proses ini sama-sama, guys. Biar kesimpulannya jelas dan valid, dan bisa segera ada tindak lanjut yang sesuai sama permasalahan dan fakta yang udah ditemukan. Di akhir kunjungannya kemarin, Presiden Jokowi juga menjenguk ke Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar, tempat dirawatnya korban Tragedi Kanjuruhan yang selamat dan memberikan santunan ke mereka.

Ok. Anything else I should know?
Fyi right after Tragedi Kanjuruhan ini terjadi, Aremania melakukan somasi terhadap beliau, guys. Nggak cuma ke Pak Jokowi, tapi juga ke Menpora, Ketua PSSI, Kapolri, Panglima TNI, Direktur Utama PT. LIB, Manajemen Arema FC, dan panitia pelaksana pertandingan. Somasi ini juga ditembuskan ke International Court of Justice di Belanda dan Markas FIFA di Swiss. Well, dalam keterangannya, ada 9 tuntutan di situ. Di antaranya, segera minta maaf secara terbuka, segera menetapkan tersangka, adanya penjelasan secara detail soal pengamanan pertandingan yang murni kesalahan penyelenggara, hak jaminan asuransi buat korban yang meninggal dan luka-luka, dsb. Semuanya harus dipenuhi dalam waktu 3 x 24 jam.

When traveling after Covid-19 got you ribet ngurusin paspor….

Everybody, meet: Paspor 10 tahun. 
Well, we have some good news and not so good news here. The good news is, kalau kamu sekarang lagi sibuk bikin paspor, paspor yang bakal terbit nantinya akan berlaku 10 tahun, guysAnd not so good news here is, aturan paspor 10 tahun ini cuman bakal berlaku buat paspor yang diberlakukan setelah aturan ini dikeluarkan. Kalau kamu sekarang punya paspor dan masih berlaku, yha it stays valid for lima tahun. Jadi, nggak langsung otomatis jadi ada perpanjangan 10 tahun gitu, guys.
 
FYI, aturan paspor 10 tahun ini sendiri dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi dan tertuang dalam Pasal 2A Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 18 tahun 2022 di mana udah mulai sah diundangkan per 29 September kemarin. Disampaikan oleh Plt Dirjen Imigrasi, Prof Widodo Ekatjahjana, sampai sekarang pihaknya masih mempersiapkan segala perintilan petunjuk teknis dan nge-finalize sistem infrastrukturnya aturan ini. Jadi sambil jalan, kalau udah rampung bakalan diinfoin lagi katanya gitu.
 
Another good news is meskipun berlaku lima tahun lebih lama, biaya PNBP-nya tetep sama, guys. Sebesar Rp 350 ribu Rupiah. Terus, aturan paspor 10 tahun ini cuman berlaku buat WNI yang udah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Sisanya, yha tetep sama berlaku 5 tahun.

“Kita bahas yang sehat-sehat,”
 
Yoiii gitu guys kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pas ditanya soal rencana pertemuannya sama Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Kata Pak Airlangga, pertemuannya bakal bahas yang sehat-sehat aja guys, tanpa merinci apa yang mau dibahas. FYI, kedua pimpinan partai itu dijadwalkan untuk ketemu pada Sabtu minggu ini, dan banyak yang memprediksi bahwa pertemuannya bakal bahas pilpres 2024.
 
When #Pertemanansehat is not only hashtag…

Announcement


Thanks to Aji & Someone for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Trying to find a self-care that fits you? Try to match it with your…zodiac