Rishi Sunak Jadi PM Inggris

41

When there’s some changes in the UK…

Everybody, meet: Rishi Sunak. 
Yup, mantan Menteri Keuangan yang merupakan keturunan India ini akhirnya resmi jadi Perdana Menteri baru bagi Inggris. Doi naik menggantikan Liz Truss yang cuma menjabat selama 45 hari.

Background please. 
In case you guys forgot, Inggris emang lagi nyari perdana Menteri baru sejak Liz Truss mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Muncul tuh sejumlah nama yang jadi kandidat, tapi akhirnya nama Rishi Sunak yang menang karena kandidat lainnya mundur dari persaingan. As we all know, Inggris sendiri kan kondisinya lagi kacau balau ya. Ekonominya berantakan, resesi di depan mata. Nah, Sunak sendiri sih bisa dibilang nekat soalnya dia harus memimpin di saat kondisi Inggris lagi parah-parahnya.

But, why?!? 
Kenapa sih doi mau mauan aja jadi perdana Menteri di dalam kondisi yang lagi kacau kaya gitu? Walaupun mungkin jawabannya akan klise, tapi emang privilege jadi PM Inggris tuh nggak main-main, guys. Mulai dari rumah mewah di pusat kota London, ratusan staf, perjalanan pribadi dan hang out sama Raja Charles III setiap weekend pasti terlihat menggiurkan. Tapiiiii, kayanya Rishi Sunak bukan tipe orang yang tergiur dengan fasilitas kaya gitu.

You know what? 
He is richer than the King himself. Bayangin deh, ketika elo lebih kaya dari orang nomor satu di negara itu. Kebayang banget sih tajirnya kaya apa.. Kayanya Sultan Andara, Sultan Bintaro sampe Sultan Menteng juga lewat deh.. Kekayaan Sunak dan istrinya, Akshata Murty kalo digabungin mencapai 730 juta poundsterling atau setara Rp 12,9 triliun pada tahun 2022. Dia otomatis jadi orang terkaya ke-222 di Inggris. Bahkan, dia berhasil berada di atas Charles III yang kekayannya senilai US$600 juta atau sekitar Rp 8,88 triliun saat naik tahta. Fyi, istrinya juga nggak main-main sih. Narayana Murty, ayah dari Akshata Murty ternyata juga seorang miliuner India yang punya harta sebanyak US$ 4,5 miliar atau setara dengan Rp 702 triliun.

Part of the records… 
Nggak cuma sekedar jadi PM di saat sulit aja. Sunak also wrote the records. Dia bakal jadi PM termuda dalam sejarah Inggris. Lahir pada 12 Mei 1980, berarti usianya masih 42 tahun saat menjabat jadi PM Inggris. Sunak yang lahir dari kedua orang tua keturunan India, bakal jadi Perdana Menteri Inggris pertama yang memiliki keturunan Asia dan India. Sunak juga merupakan lulusan Univesitas Oxford, jurusan filsafat, politik dan ekonomi (PPE). Nggak sampe di situ aja, dia juga berhasil dapet beasiswa buat gelar masternya di administrasi bisnis Universitas Stanford, Amerika Serikat. Nah, di Stanford lah dia ketemu sama istrinya. Sebelum terjun ke politik, Sunak sendiri sempet kerja di Goldman Sachs.

How did the world respond? 
Berbagai ucapan selamat dan harapan kerja sama datang dari berbagai pemimpin dunia. Mulai dari Presiden AS Joe Biden, PM Irlandia Michael Martin dan Presiden Uni Eropa Charles Michel. Tapi yang jelas, PM India Narendra Modi serta warga India sih girang abis setelah Sunak terpilih. Modi sendiri bilang kalo dia sangat berharap buat melakukan kerja sama secara erat dan mendekatkan hubungan antara warga India dan Inggris.

Anything else? 
Rishi Sunak sendiri resmi dilantik sebagai perdana Menteri pada Selasa (25/10). Sebelumnya, dia sih udah sempet sowan dulu ke Raja Charles III, sekalian minta izin untuk membentuk pemerintahan baru. Nah, di waktu yang berdekatan Liz Truss pun menyampaikan pidato perpisahannya.