Presiden Xi Jinping Resmi Menjabat 3 Periode

43

Who is getting stronger and stronger?

President Xi Jinping in China. 
Yup, jadi Presiden Xi Jinping udah resmi ni guys, terpilih lagi jadi pemimpin tertinggi China dan bakal masuk ke periode pemerintahannya yang ketiga.

Tell me everything.
Sure. Jadi Presiden China yang juga pemimpin Partai Komunis China (PKC) itu baru aja terpilih lagi jadi sekjen partai untuk ketiga kalinya. Ini artinya, Xi baru aja mencetak sejarah baru di mana dia jadi pemimpin partai untuk periode ketiga, dan otomatis jadi presiden buat periode ketiga. Hal ini udah fix diumumkan dalam Kongres ke-20 Partai Komunis China yang digelar minggu lalu.

Oke, setelah terpilih, What’s Next
Otomatis setelah terpilih, Xi harus nentuin anggota Komite Tetap Politbirowhich means the people at the highest level in the party. Fyi, pemerintahan Xi emang dikelilingi sama orang-orang yang setia sama dia alias loyalis. Nah para loyalis ini bisa dibilang bagian paling elit dari elit di dalem PKC yang merupakan partai tunggal di China, so you can imagine how powerful they are. Buat punya jabatan setinggi itu, oh tentu tidak mudah, bestie.. Nggak cuma modal rekam jejak politik, tapi juga mesti sat set sat set buat saling sikut saat bersaing secara internal.

OK….
Nah upon examining the name of the members of the Politbiro, banyak pengamat yang menilai emang jalan Xi menuju presiden periode ketiga nih mulus banget. Penyebabnya, dari 24 orang anggota Politbiro itu, mereka udah pada tua-tua, dan paling mudanya aja tuh berusia 60 tahun. This means nggak ada tanda-tanda buat Xi dilengserkan oleh kandidat lainnya. Terus, nggak ada nama yang menonjol dari jejeran nama tersebut. Lastly, nggak ada nama perempuan.

Reallyyyy?
Yep. Jadi, dari Kongres kemarin, emang terbukti adanya ketidakseimbangan gender di eselon atas politik China. Nggak ada satu pun wanita di antara anggota Politbiro, dan ini pertama kalinya dalam seperempat abad. Sun Chunlan, perempuan yang memegang jabatan tinggi ini sebelumnya, memutuskan buat resign. FYI guys, urusan keterwakilan perempuan ini emang udah lama jadi isu di PKC, secara hanya ada 5 persen keterwakilan perempuan dari 205 anggota Komite Sentral.

Now back to Xi Jinping….
Nah ternyata, ngga semua warga China menyambut positif terpilihnya Xi ini gengs. Everybody, meet: revolusi toilet. Yaitu upaya protes atas pemerintahan PKC dan bentuk rasa frustasi masyarakat yang terus dibungkam sama pemerintah. Jadi, warga para protes lewat coretan di bilik toilet. Gara-gara demonstrasi sulit and kinda impossible buat dilakuin, revolusi toilet dinilai jadi salah satu cara mereka buat menentang rezim tanpa harus khawatir ditangkap. Slogan-slogan anti Xi Jinping pun banyak ditulis di dinding dan pintu bilik kamar mandi umum. Mereka pilih cara ini karena toilet jadi tempat yang aman dari pengawasan kamera pengintai CCTV.

Anything else? 
Gegara Xi Jinping kepilih lagi, saham Hong Kong langsung anjlok ke level terburuk sejak krisis global di tahun 2008. Ini karena investor asing ketakutan soal perombakan partai Komunis. Mereka khawatir kalo Xi makin kuat, maka berdampak ke kebijakan Beijing dan bikin ekonomi Hong Kong makin lemah.