Presiden Joko Widodo Kemarin Tiba Di Malang

40

When Mr. President has finally arrived….

In Malang.
Well well well, kalau dari kemarin kita udah ngomongin banyak pihak mulai dari PSSI, Kemenpora, TNI, Polri, Arema FC, sampai PT. LIB yang speak up terkait Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan nyawa minggu lalu. Bahkan Kapolri juga udah visit langsung ke sana, Now let’s see and hear it from the one and only: Presiden Joko Widodo yang kemarin udah sampai di Malang, Jawa Timur.

WHOAAAA….
Yha secara teknis ini bukan kali pertama Presiden speak up dan do something terkait tragedi ini, guys. In case you missed it, begitu dengar kabar ini, hari Senin kemarin, Pak Jokowi langsung in contact sama Presiden FIFA Gianni Infantino.
 
Bahas apa?
Banyak lah yang mereka omongin, salah satunya adalah FIFA yang mau bantu benerin sistem tata kelola sepak bola Indonesia, terus ngomongin sanksi buat kita yang beliau serahkan sepenuhnya ke FIFA, dll. Lanjut di hari Selasa di mana Pak Jokowi langsung membentuk tim khusus yang dinamai Tim Gabungan Independen Pencari Fakta buat mengungkap tuntas Tragedi Kanjuruhan. Setelah dibentuk, Menko Polhukam Mahfud MD yang jadi leader-nya udah langsung diminta untuk mulai bekerja dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Belum selesai nih, lanjut lagi kemarin, kelar upacara HUT TNI, Presiden Jokowi dan rombongan langsung terbang ke Malang supaya crystal clear gambaran di lokasi kejadian kayak gimana.

Wow okay….
Nah sampai di Malang, diceritain semua deh tuh sama Pak Jokowi apa aja yang udah pemerintah lakukan merespons tragedi ini. Di Malang juga, beliau langsung melakukan visit Stadion Kanjuruhan itu untuk mendapatkan gambaran secara jelas kronologinya kayak apa, dan di mana aja terdapat penumpukan massa. Makanya tribun selatan yang mencakup Pintu 10, 11, 12, dan 13 di mana di situ pintunya kekunci dan bikin penumpukan massa sampai orang-orang terhimpit, terinjak, dan meninggal diperhatiin banget sama beliau, guys.

Naisss…
Nggak cuman meng-highlight pintu yang kekunci, Pak Jokowi juga meng-highlight tangga stadion yang dinilai terlalu curam. Makanya dari sini, Pak Jokowi akhirnya memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono buat melakukan audit terhadap stadion yang dipake buat Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, nggak cuma Stadion Kanjuruhan, tapi juga stadion lain yang ada di seluruh Indonesia. Beliau minta supaya diliat pintu masuk pintu keluarnya gimana, posisi duduk, pagar, biar keselamatan penonton bisa tetap jadi prioritas. Plus masukin arsitek akses Stadion Kanjuruhan dalam daftar perhatian.
 
So, where are we going from here?
Nah kalau udah dilakukan investigasi, evaluasi, dan audit sama TGIPF tadi, baru deh kesimpulannya bisa diambil dari situ deh. Disampaikan langsung oleh Staf Khusus Presiden, Dini Purwono, masyarakat kudu mengawal proses ini sama-sama, guys. Biar kesimpulannya jelas dan valid, dan bisa segera ada tindak lanjut yang sesuai sama permasalahan dan fakta yang udah ditemukan. Di akhir kunjungannya kemarin, Presiden Jokowi juga menjenguk ke Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar, tempat dirawatnya korban Tragedi Kanjuruhan yang selamat dan memberikan santunan ke mereka.

Ok. Anything else I should know?
Fyi right after Tragedi Kanjuruhan ini terjadi, Aremania melakukan somasi terhadap beliau, guys. Nggak cuma ke Pak Jokowi, tapi juga ke Menpora, Ketua PSSI, Kapolri, Panglima TNI, Direktur Utama PT. LIB, Manajemen Arema FC, dan panitia pelaksana pertandingan. Somasi ini juga ditembuskan ke International Court of Justice di Belanda dan Markas FIFA di Swiss. Well, dalam keterangannya, ada 9 tuntutan di situ. Di antaranya, segera minta maaf secara terbuka, segera menetapkan tersangka, adanya penjelasan secara detail soal pengamanan pertandingan yang murni kesalahan penyelenggara, hak jaminan asuransi buat korban yang meninggal dan luka-luka, dsb. Semuanya harus dipenuhi dalam waktu 3 x 24 jam.