Populasi Kepiting Salju Alaska Anjlok

51

When fancy food is disappearing…

Raise your hand if you loooove kepiting?
 
Now hands down. Yep, makan kepiting tuh enak banget emang ya guys, yang gaenak bayarnya. EHEHEHE. Nah ngomongin kepiting, kamu harus tahu nih bahwa ada satu jenis kepiting yang super mahal karena ukurannya yang jumbo dan cara nangkepnya yang susah dan bahaya banget, yakni kepiting salju Alaska. Sesuai namanya, kepiting ini berkembang biak di Laut Bering, yang terletak antara Rusia dan Alaska, Amerika Serikat. Nah, tapiiii ada berita agak sedih ni soal si kepiting salju Alaska, di mana tahun ini, untuk pertama kalinya panen kepiting tersebut terpaksa batal.
 
Penyebabnya apaaa? Yep, ga lain ga bukan adalah karena miliaran ekor kepiting tersebut menghilang dari perairan Laut Bering. Dalam keterangan dari Dewan Perikanan Alaska dan Dewan Manajemen Perikanan Pasifik Utara minggu lalu, lebih baik tahun ini gausah ada panen kepiting karena populasinya yang anjlok. Tercatat bahwa populasi kepiting salju yang tadinya mencapai 8 miliar di tahun 2018, sekarang jumlahnya jadi cuma 1 miliar di tahun 2021.
 
Yang bikin banyak orang kaget adalah karena kepiting salju tuh yang populasinya paling melimpah dari semua spesies kepiting di Laut Bering, sehingga dibolehkan untuk dikembangbiakkan secara komersial. Menurut analisa, penyebabnya sih penangkapan ikan yang berlebihan alias overfishing. Tapi nggak cuma itu, and again, climate change is another main factor for this situation.