Perusahaan Farmasi Akan Ditindak Pidana Terkait Gagal Ginjal Akut, Presiden Xi Jinping Resmi Menjabat 3 Periode, Polri : Tilang Hanya Diselesaikan Secara Online, Korean Air Tergelincir Di Bandara Filipina

49

Good morning

If you notice the news lately, there’s a lot of stories about homicide, and it’s really terrifying. So, be safe, don’t talk to strangers, and be cautious about your surroundings. You can never be too careful….

Today, we’ll start the news with none other than: Gagal Ginjal Akut….

It would go to meja hijau.
Iya. Masih ngomongin gagal ginjal akut yang super concerning sekarang, kasus ini bakal memasuki babak baru, gengs. Bukan ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa aka KLB, bukan juga ditetapkan sebagai outbreak (Amit-amit), but we’re talking about perusahaan farmasi yang kemarin banget nih, disebut bakal diseret ke meja hijau aka pengadilan dan ditindak pidana.

I need some background
.
You got it. Jadi kayak yang udah kita bahas kemarin, penyakit gagal ginjal akut yang sekarang udah mencapai 245 kasus ini penyebabnya apa tuh masih belum ketahuan secara pasti dan scientific kan. Cuma, setelah dilakukan investigasi dan penelitian, dugaan sementara terkait penyebab gagal ginjal ini ada di obat sirup yang dikonsumsi penderita, guys. Adapun obat sirup di sini tuh yang mengandung senyawa pelarut yang pemakaiannya di luar ambang batas yang dibolehin. Senyawa ini yang diduga kuat jadi penyebab ratusan anak-anak pada menderita gagal ginjal, dan kemudian meninggal dunia :(.

:((((
Dari dugaan ini, sekarang perhatian netizen langsung tertuju ke obat-obatan sediaan sirup yang mengandung senyawa pelarut berupa etilen glikol dan dietilen glikol di luar ambang batas yang diperbolehkan oleh Asosiasi Apoteker Indonesia dan Badan Pengawas Obat dan Makanan aka BPOM. Nah makanya, dari sini, kemarin banget nih, abis menghadiri rapat terbatas bareng Presiden Jokowi, ada tuh beberapa actions yang bakal dilakukan sama BPOM, Kementerian Koordinasi Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan. Polri, dan pemangku kebijakan lainnya, gengs.

Let’s get through this…
Shall we? Kita bahas satu-satu yah, starting from BPOM. Well, kayak yang kita bahas kemarin, ada sebanyak lima merk obat dalam sediaan sirup yang mengandung etilen glikol dan dietilen glikol yang melewati ambang batas yang ditentukan kan. Nah dari sini, langsung dicari deh tuh mana perusahaan yang memproduksi obat itu, ketemu. Ada dua. Nggak tanggung-tanggung, disampaikan oleh Ketua BPOM, Penny Lukito, dua perusahaan industri farmasi yang nge-produce obat-obatan ini bakal diproses secara pidana. Walaupun nggak di-spill sih dua perusahaan itu apa karena emang masih dalam proses.

Terus terus?
Masih ngomongin tindak pidana. Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy tuh dari semalem udah tektokan sama Kapolri minta bantu diusut ada nggak kemungkinan tindak pidana yang terjadi dari kasus gagal ginjal ini. Well, in case you’re puzzled apa hubungannya sama pidana, menurut Pak Muhadjir, dengan adanya kejadian ini, upaya pembangunan sumber daya manusia yang selama ini pihaknya kerjain kan jadi terancam, apalagi sebagian besar korbannya tuh anak balita, yang supposed to be generasi penerus bangsa kan.

Makes sense….
Makanya dari sini Pak Muhadjir minta tolong sama Kapolri buat diusut secara tuntas nih gagal ginjal akut, termasuk asal-usul senyawa etilen glikol dan dietilen glikol yang diduga kuat jadi biang keroknya. Secara dari data sementara yang beliau punya, bahan baku zat etilen glikol dan dietilen glikol itu adalah bahan impor dari satu negara di mana negara itu nggak punya kasus gagal ginjal akut. Makanya jadi pertanyaan kan.That being said, asal-usulnya kudu wajib perlu banget ditelusuri, gimana dia bisa masuk Indonesia, sampai proses produksi obat menggunakan senyawa itu tuh gimana.

Terus respons Polri gimana?
Nah merespons permintaan Menko PMK ini, Polri pun langsung sigap membentuk tim khusus dong. Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, dalam hal ini pihaknya bakalan berkoordinasi sama pihak-pihak terkait mulai dari Kemenkes sampai BPOM buat sama-sama mendalami kasus ini, guys. Tim khusus ini sendiri dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri, Brigjen Pipit Rismanto dan beranggotakan anggota Polri lain mulai dari orang-orang di Direktorat Tindak Pidana Umum, Direktorat Tindak Pidana Khusus, sampai Direktorat Tindak Pidana Narkoba. Terkait pengusutan ini, target utama mereka yha ada di 2 perusahaan dari keterangannya Bu Penny tadi itu, gengs.

Wish them luck. Now wrap it up…
Sure. Nah kamu harus tahu nih guys, sejak jumlah kasus gagal ginjal akut meningkat dan menyebabkan banyak kematian, Presiden Joko Widodo tuh dari kemaren udah speak up, sebelum akhirnya beliau mengumpulkan para jajarannya di Istana Kepresidenan Bogor kemarin itu. Dari kemaren, Pak Jokowi udah wanti-wanti pengawasan di industri obat tuh kudu diperketat lagi. Sampai yang kemaren di Istana, di situ beliau juga bilang masyarakat Indonesia harus dijadiin prioritas, harus terlindungi dari obat-obatan yang ada. Nggak cuman di DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, dan Banten di mana angka kasusnya banyak banget di sana, tapi seluruh Indonesia kudu terlindungi.

Who is getting stronger and stronger?

President Xi Jinping in China. 
Yup, jadi Presiden Xi Jinping udah resmi ni guys, terpilih lagi jadi pemimpin tertinggi China dan bakal masuk ke periode pemerintahannya yang ketiga.

Tell me everything.
Sure. Jadi Presiden China yang juga pemimpin Partai Komunis China (PKC) itu baru aja terpilih lagi jadi sekjen partai untuk ketiga kalinya. Ini artinya, Xi baru aja mencetak sejarah baru di mana dia jadi pemimpin partai untuk periode ketiga, dan otomatis jadi presiden buat periode ketiga. Hal ini udah fix diumumkan dalam Kongres ke-20 Partai Komunis China yang digelar minggu lalu.

Oke, setelah terpilih, What’s Next
Otomatis setelah terpilih, Xi harus nentuin anggota Komite Tetap Politbirowhich means the people at the highest level in the party. Fyi, pemerintahan Xi emang dikelilingi sama orang-orang yang setia sama dia alias loyalis. Nah para loyalis ini bisa dibilang bagian paling elit dari elit di dalem PKC yang merupakan partai tunggal di China, so you can imagine how powerful they are. Buat punya jabatan setinggi itu, oh tentu tidak mudah, bestie.. Nggak cuma modal rekam jejak politik, tapi juga mesti sat set sat set buat saling sikut saat bersaing secara internal.

OK….
Nah upon examining the name of the members of the Politbiro, banyak pengamat yang menilai emang jalan Xi menuju presiden periode ketiga nih mulus banget. Penyebabnya, dari 24 orang anggota Politbiro itu, mereka udah pada tua-tua, dan paling mudanya aja tuh berusia 60 tahun. This means nggak ada tanda-tanda buat Xi dilengserkan oleh kandidat lainnya. Terus, nggak ada nama yang menonjol dari jejeran nama tersebut. Lastly, nggak ada nama perempuan.

Reallyyyy?
Yep. Jadi, dari Kongres kemarin, emang terbukti adanya ketidakseimbangan gender di eselon atas politik China. Nggak ada satu pun wanita di antara anggota Politbiro, dan ini pertama kalinya dalam seperempat abad. Sun Chunlan, perempuan yang memegang jabatan tinggi ini sebelumnya, memutuskan buat resign. FYI guys, urusan keterwakilan perempuan ini emang udah lama jadi isu di PKC, secara hanya ada 5 persen keterwakilan perempuan dari 205 anggota Komite Sentral.

Now back to Xi Jinping….
Nah ternyata, ngga semua warga China menyambut positif terpilihnya Xi ini gengs. Everybody, meet: revolusi toilet. Yaitu upaya protes atas pemerintahan PKC dan bentuk rasa frustasi masyarakat yang terus dibungkam sama pemerintah. Jadi, warga para protes lewat coretan di bilik toilet. Gara-gara demonstrasi sulit and kinda impossible buat dilakuin, revolusi toilet dinilai jadi salah satu cara mereka buat menentang rezim tanpa harus khawatir ditangkap. Slogan-slogan anti Xi Jinping pun banyak ditulis di dinding dan pintu bilik kamar mandi umum. Mereka pilih cara ini karena toilet jadi tempat yang aman dari pengawasan kamera pengintai CCTV.

Anything else? 
Gegara Xi Jinping kepilih lagi, saham Hong Kong langsung anjlok ke level terburuk sejak krisis global di tahun 2008. Ini karena investor asing ketakutan soal perombakan partai Komunis. Mereka khawatir kalo Xi makin kuat, maka berdampak ke kebijakan Beijing dan bikin ekonomi Hong Kong makin lemah.

When you get nervous every time you see your…

Gebetan?
Nope, the police. Coba guys, raise your hand kalau kamu lagi naik motor atau mobil terus ngeliat ada polisi di depan, kamu langsung auto puter balik cari jalan lain. Hayooo takut ditilang ya? Well, Senin kemarin, Polri udah mengubah aturan tilang ini loh, guys. kamu cuma bakal ditegur, dan edukasi. Urusan tilangnya bakal diberesin secara online aja aka lewat ETLE.

Seriusss?
Iya. Jadi ceritanya gini, guys. As we all know, kepolisian melalui Korps Lalu Lintas tuh sering banget menggelar operasi ini itu mulai dari Operasi Ketupat kalau lagi Lebaran, Operasi Lilin kalau lagi Natal dan Tahun Baru, dll kan. Nah di operasi itu, lazim banget kita temukan polisi pada bergerilya melakukan razia buat pengendara yang nggak ngikutin aturan, dan end up dikasih bukti pelanggaran aka tilang pake secarik kertas gitu kan. Terus things happened deh di proses tilang ini, guys. Negosiasi, pake embel-embel, “Yaudah pak, biar cepet kelar nih urusannya. Bayar aja sekian.”

W pernah plis…
Same ehehehe. Nah yang harus kamu tahu adalah, akhir tahun ini kan bakalan digelar lagi operasi yang sama yang bakal digelar selama dua-tiga bulan ke depan, adapun namanya Operasi Simpatik dan digelar serentak di seluruh Indonesia. The thing is, diinstruksikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, operasi kali ini bakalan beda, guys. Yha most likely kamu tetep bakalan di-stop di pinggir jalan sih, cuma dalam operasi kali ini, pendekatan yang dilakukan polisi waktu nilang kita tuh bakalan beda, which nggak bakalan lagi ada tilang manual gitu.

Terus gimana?
Udah canggih sekarang, gengs. Pake teknologi namanya Electronic Traffic Law Inforcement aka ETLE. Jadi kalau kamu sering liat ada CCTV di perempatan lampu merah, itu adalah salah satu bentuk ELTE bentuk statis, yang sistemnya diem di tempat. Selain bentuk statis, ada juga yang bentuknya mobile alias bergerak yang dibawa petugas kayak ke-install di handphone atau di kendaraan patroli mereka. Tujuannya, yha biar insan Polri tuh bisa menjalankan tugasnya secara profesional, transparan, independen, akuntabel, dan nggak memungut biaya di luar ketentuan alias pungli EHEM.

Bener tuh pak….
Lebih jauh, selain nggak ada lagi tilang manual, pendekatan masyarakat kalau ada yang melakukan pelanggaran ini juga beda, gengs. Disampaikan oleh Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri Brigadir Jenderal Aan Suhanan, pendekatan Operasi Simpatik ini bakalan dilakukan dengan dua metode, yaitu projustitia dan nonjustitia. Projustitia itu yha diadili di pengadilan lewat proses hukum dll, terus kalau nonjustitia tuh lebih ke edukasi dan teguran untuk kasih efek jera. Abis itu udah, pelanggarnya dibolehin jalan lagi. Terus kalau projustitia tuh kalau yang udah parah banget, kayak kalau ada kecelakaan lalu lintas, dll.

Is that it?
Belum selesai, beb. Pak Kapolri juga kasih instruksi sama semua insan Polri khususnya yang kerjanya di Korlantas buat menerapkan 3S: Salam, Senyum, Sapa dalam melayani masyarakat. Lebih jauh, Jenderal Listyo juga bilang ke para anggotanya buat meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas biar bisa mencegah terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Nah, kalau udah begitu, baru deh polisi yang oke dikasih reward, terus polisi yang masih bandel nggak ngikutin aturan dijatuhkan hukuman.

I see. Anything else?
Well well well, balik lagi ngomongin Pungli, Jenderal Listyo tuh emang ambi banget mau menghilangkan budaya ini ke instansi yang beliau pimpin itu, guys. Nggak cuma pungli soal tilang-menilang aja, tapi juga pungli di sektor lain, bahkan sampe yang bawa-bawa nama beliau buat memungut pungli ini tadi. In his words, Jenderal Listyo bilangnya gini: “Termasuk juga kalau ada yang bawa-bawa nama saya, tolong tangkap. Laporkan. Kita sepakat di Mabes Polri tidak ada yang seperti itu.” Hal ini juga berlaku Pungli yang dikenakan kalau mau masuk sekolah Polri. Udah nggak bisa lagi tuh guys.

When the airplane is skidding..

In the Philippines…
 
Baru aja, dunia penerbangan dikejutkan dengan tergelincirnya pesawat Korean Air yang terbang dari Seoul, dengan nomor penerbangan KE631, di Bandara Internasional Cebu, Filipina pada Minggu (23/10). Luckily, seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 173 orang telah berhasil selamat dan dievakuasi. Terus, para korban dengan luka ringan pun dirawat di klinik bandara.
 
So far, menurut informasi yang diterima, penyebab dari “tergelincir” atau yang biasa disebut “overshot runway” ini adalah cuaca buruk yang terjadi di langit Filipina. Jadi sebelumnya, pesawat tuh udah sempet berupaya buat melakukan pendaratan sebanyak dua kali di tengah cuaca buruk, tapi gagal. Nah barulah pada upaya ketiga, yaitu sekitar pukul 23.07 waktu Cebu, pesawat itu berhasil menyentuh landasan, tapi maju terus hingga melewati ujung landasan.
 
Nah guys, walaupun seluruh korban selamat, tapi menurut sejumlah foto yang beredar di sosmed, kerusakan dari pesawat itu lumayan parah bahkan roda depannya hampir hancur. Terus sebagai buntut dari insiden ini, otoritas setempat terpaksa menutup bandara dan meng-cancel berbagai penerbangan dari dan menuju Cebu.

“Memang sulit tapi harus kita lakukan,”

Gitu guys kata Kapolri Listyo Sigit pada jajarannya pas meminta mereka supaya plz gausah flexing-flexing pamer biar keliatan hedon gitu. Pak Sigit bilang, anggota polisi harus menghilangkan sikap hedonisme dan jadi lebih sederhana. Salah satu contohnya, kalo ada bupati di daerah pake mobil Innova, yang polisinya juga disesuaikan aja mobilnya, jangan mau yang di atas itu. Yhaa emang sih susah, tapi harus dilakukan. Gitu ceunah.
 
When you’re trying to survive during tanggal tua…

Announcement


Thanks to Someone & Dazzle for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

In the spirit of Halloween, here are some movie list for you to enjoy in this spooky szn…