Pemilu Presiden Brazil Lanjut Ke Putaran Kedua

50

Another round is coming…

Yup. Another round of Brazil’s presidential election is coming. Jadi, pemilu presiden Brazil yang super panas jadi lanjut ke putaran kedua antara petahana Jair Bolsonaro vs mantan presiden yang maju jadi capres lagi, Lula da Silva.

Tell me more. 
Oke, jadi pada Minggu (2/10) kemaren, hasil dari pemilu putaran pertama udah diumumin. Dari 99,7 persen suara yang terkumpul, Lula berhasil dapet 48,4% suara sedangkan Bolsonaro dapet 43,4%. Tapi, gara-gara nggak ada yang dapet dukungan mayoritas alias jumlah suaranya masih nggak cukup buat menang, makanya lanjut ke putaran kedua.

Go on. 
Dari perolehan suara di putaran pertama, Lula yakin banget kalo dia bakal menang. Bahkan, dia juga udah terang-terangan bilang ke wartawan bakal menang putaran kedua di 30 Oktober nanti. Terus guys, seiring dengan makin panasnya pemilu ini, dugaan-dugaan kecurangan juga makin muncul, khususnya yang dateng dari kubu petahana Jair Bolsonaro. Jadi, Bolsonaro tuh mempertanyakan jajak pendapat yang nunjukin kalo dia kalah di putaran pertama. Dia bilang kalo masyarakat nggak ngeliat antusiasme yang dia kasih pas kampanye lah, terus juga dia mempertanyakan integritas system pemilihan tanpa ada bukti lah. Pokoknya dia bilang, dia nggak bakal nyerah kalo dia kalah.

Okay.. 
Terkait hal ini, pengamat politik Carlos Melo bilang bahwa hasil pemilu di putaran pertama itu bisa melemahkan dukungan buat Bolsonaro. Tapi, gara-gara ada putaran kedua, ada kemungkinan pemilu bakal makin panjang dan Brazil masih akan sibuk ngurusin pilpres.
 
I see…
Nah, as what have been mentioned before, Lula sih bilang kalo doi optimis banget buat menang. In his words: “Ini tuh cuma kemenangan yang tertunda aja.” Llua juga bilang bahwa dia pengen banget bisa ketemu langsung sama rivalnya dalam satu sesi debat. On the other side, Bolsonaro sih berusaha tenang dan pede aja. Kan, dia juga ngeraguin jajak pendapat yang nyatain kalo dia kalah.

How about Brazilians? 
You guys need to know kalo sebenernya Lula itu juga mantan presiden Brazil 12 tahun lalu. Walaupun masa pemerintahannya popular banget ketika itu, dia jadi banyak nggak disukain masyarakat setelah dia dipenjara selama 19 bulan karena menerima suap. (WHAT??) Tapi, gara-gara vonisnya dibatalin sama Mahkamah Agung, dia jadi bisa nyalonin diri lagi buat jadi presiden. Terus, is Bolsonaro better? Not really. Sebagai pemimpin populis, doi bayak bikin kebijakan yang kontroversial, di mana salah satunya terkait Covid-19. Waktu itu doi bilang kalo virus itu cuma “flu kecil”, hingga menyebabkan 686 ribu warga Brazil meninggal. Belom lagi skandal korupsi di kabinetnya dan anaknya yang terpilih jadi anggota parlemen juga bikin makin parah.

Anything else? 
Eks presiden AS Donald Trump terang-terangan bilang kalo dia ngedukung Bolsonaro. Banyak yang bilang kalo mereka berdua nih emang banyak miripnya. Bahkan, Bolsonaro punya julukan “Trump of the Tropics.” Mereka juga udah nunjukin kedekatannya lewat pujian-pujian. Terus, Trump juga udah terang-terangan bilang kalo dia nyuruh warga Brasil milih Bolsonaro, dan ngalahin Lula.