Paspor Berlaku 10 Tahun

311

When traveling after Covid-19 got you ribet ngurusin paspor….

Everybody, meet: Paspor 10 tahun. 
Well, we have some good news and not so good news here. The good news is, kalau kamu sekarang lagi sibuk bikin paspor, paspor yang bakal terbit nantinya akan berlaku 10 tahun, guysAnd not so good news here is, aturan paspor 10 tahun ini cuman bakal berlaku buat paspor yang diberlakukan setelah aturan ini dikeluarkan. Kalau kamu sekarang punya paspor dan masih berlaku, yha it stays valid for lima tahun. Jadi, nggak langsung otomatis jadi ada perpanjangan 10 tahun gitu, guys.
 
FYI, aturan paspor 10 tahun ini sendiri dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi dan tertuang dalam Pasal 2A Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 18 tahun 2022 di mana udah mulai sah diundangkan per 29 September kemarin. Disampaikan oleh Plt Dirjen Imigrasi, Prof Widodo Ekatjahjana, sampai sekarang pihaknya masih mempersiapkan segala perintilan petunjuk teknis dan nge-finalize
Advertisement
 sistem infrastrukturnya aturan ini. Jadi sambil jalan, kalau udah rampung bakalan diinfoin lagi katanya gitu.
 
Another good news is meskipun berlaku lima tahun lebih lama, biaya PNBP-nya tetep sama, guys. Sebesar Rp 350 ribu Rupiah. Terus, aturan paspor 10 tahun ini cuman berlaku buat WNI yang udah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Sisanya, yha tetep sama berlaku 5 tahun.
Advertisement