Militer Myanmar Jatuhkan Bom Ke Etnis Kachin

45

When things are getting worse in Myanmar…

The bomb struck and killed 80 people.
Which is angka tertinggi dalam sekali serangan udara sejak militer Myanmar mengambil alih pemerintahan di negara tersebut. Iya sedih banget deh, guys. Jadi kejadiannya tuh pada Senin (24/10) kemarin, di mana militer Myanmar menjatuhkan bom di sebuah konser perayaan kelompok etnis Kachin.

🙁
Jadi guys, bom atau serangan udara yang dilakukan oleh militer Myanmar ini emang ditargetkan pada konser yang tengah digelar di mana penyanyi dan musisi dari acara itu juga meninggal. Acara itu sendiri merupakan perayaan ulang tahun dari organisasi politik utama etnis minoritas Kachin. Looking it closer, ternyata serangan dari junta militer ini tuh cuma berselang tiga hari sebelum para Menlu ASEAN melakukan pertemuan khusus di Jakarta pada Kamis (27/10). Pertemuan itu sendiri spesifik bakal bahas soal kekerasan di Myanmar.

Tell me more. 
Jadi awalnya, dilaporkan ada 60 orang yang tewas, tapi kemudian laporan barunya menemukan ada 80 korban tewas. Selain korban tewas, sejumlah media yang pro ke kelompok Kachin memposting video yang menunjukkan bangunan hancur dan rata dengan tanah. Katanya sih, itu juga akibat dari serangan itu.

What happened actually? 
Jadi kan awalnya kelompok Organisasi Kemerdekaan Kachin lagi ngerayain ulang tahun dengan konser musik, yang tujuannya sekalian buat menyerukan otonomi daerah. Terus tiba-tiba, menurut laporan dari juru bicara asosiasi Seniman Kachin, ada pesawat militer Myanmar yang menjatuhkan bom saat konser berlangsung, tepatnya pukul 20.00. Kurang lebih ada 300-500 orang di sana. Otomatis semuanya langsung lari menyelamatkan diri, tapi banyak juga yang akhirnya nggak bisa selamat. Menurut saksi mata, ledakan terjadi pukul 20.30 waktu setempat.

Terus, tujuannya apa? 
Okay, sehubungan dengan serangan ini, junta militer Myanmar bilang kalo mereka emang melancarkan serangan ke markas Brigade Kesembilan Tentara Kemerdekaan Kachin. Tapi, menurut mereka, serangan itu tuh ya emang harus dilakukan. They saiddddd, itu tuh respons atas tindakan teroris yang dilakukan sama kelompok Kachin. Tapi, mereka ngebantah kabar kalo militer memborbardir konser. Mereka juga ngebantah kalo penyanyi dan warga sipilnya juga jadi korban tewas. Padahal, ada laporan kalo junta militer menghalang-halangi para korban untuk dibawa ke rumah sakit buat dapet pertolongan.

Anything else? 
PBB jelas udah mengecam keras serangan udara yang paling mematikan sejak kudeta ini. Katanya, ini tuh merupakan penggunaan kekuatan yang berlebihan dan tidak proporsional terhadap warga sipil.