Korea Utara Luncurkan Rudal Balastik Ke Perairan Lepas Pantai Timur

28

Who’s launching missiles again?

North Korea, for sure. Nggak lain dan nggak bukan, udah pasti Korea Utara yang baru aja ngeluncurin rudal balistik jarak pendek, dari daerah Munchon di Provinsi Kangwon ke perairan lepas pantai timur.

Tell me more. 
Jadi, rudal itu diluncurin sekitar pukul 1.47 dan 1.53 waktu setempat pada Minggu (91/10). Kedua rudal itu jatuh di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang. Rudal yang pertama kira-kira terbang sekitar 350 kilometer, pada ketinggian maksimum sekitar 100 kilometer. Sementara yang kedua menempuh jarak yang sama.
 
Geez…
Yep, peluncuran rudal ini tentunya bikin makin panas hubungan antara Korut sama Korsel dan Jepang. However, so far sih Menteri Pertahanan Jepang Toshiro Ino bilang kalo nggak ada laporan kerusakan kapal di laut, tapi pihak kementerian pertahanan masih menganalisis jenis rudal yang diluncurkan. Setelah peluncuran rudal itu, militer Korea Selatan langsung memperkuat pengawasan dan kewaspadaannya, sambil kerja sama juga sama pihak AS.

Go on. 
Nah, peluncuran rudal yang kemarin itu merupakan peluncuran rudal ke-25 dari Korea Utara, yang di antaranya termasuk rudal balistik dan rudal jelajah. Terus, penjaga pantai Jepang juga udah kasih instruksi buat kapal-kapalnya yang berlayar untuk memperhatikan informasi dan memastikan nggak ada benda apa pun yang jatuh di laut.

Rudal terus deh ni Korut…
Makanya kan, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sampai mengutuk keras peluncuran itu dan bilang itu tuh merupakan provokasi serius yang bisa merusak perdamaian dan keamanan. Dia juga bilang kalo provokasi kaya gitu tuh bisa membahayakan perdamaian Semenanjung Korea dan masyarakat internasional. Dia juga bilang kalo peluncuran rudalnya melanggar resolusi DK PBB.
 
Gitu….
Selanjutnya, Komando Indo-Pasifik AS bilang kalo peluncuran itu sih sebenernya nggak nimbulin ancaman langsung buat personel atau wilayah AS. Namun, Menlu AS Anthony Blinken tetep menegaskan bahwa kalo Korea Utara masih terus melanjutkan provokasi ini, maka mereka cuma bakal menambah kecaman dan meningkatkan isolasi. AS sendiri baru aja ngasih sanksi ke Korut, gara-gara uji coba rudal balistik yang dilakuin sama Korea Utara baru-baru ini.

Anything else?
Peningkatan ketegangan yang disebabkan sama Korea Utara ini tuh udah memicu alarm peringatan di Kawasan Korea. AS, Korea Selatan sama Jepang akhirnya melakukan latihan militer bersama. Nggak cuma itu, AS juga udah mindahin kapal induk ke perairan dekat semenanjung.