Kongres Partai Komunis China Ke-20 Dibuka Presiden Xi Jinping

46

Who’s having a large gathering?

CCP aka Chinese Communist Party
Jadi guysKongres Partai Komunis China (PKC) ke-20 baru-baru ini dibuka langsung oleh Presiden Xi Jinping. Dan ga tanggung-tanggung, kongres ini bakal berlangsung selama satu minggu penuh.

Whoaa tell me more. 
To begin with, kongresnya dihadiri oleh 2.300 delegasi partai dari seluruh perwakilan provinsi di China. Adapun kongres PKC ini diadakan lima tahun sekali dan dilakukan untuk memilih pemimpin baru. However, pada kongres kali ini banyak yang meyakini bahwa Jinping bakal jadi pemimpin lagi dan most likely bakal memimpin PKC untuk periode ketiga (iya, ini di China kok).
 
Ehehehe terus terus…
Nah dalam prosesnya nanti, para perwakilan tadi bakal mendaftarkan nama orang yang mereka dukung buat jadi masuk di yang namanya central committee. Terus, bakal ada kelompok-kelompok elit lagi which eventually leads to pemilihan ketua partai. Adapun kelompok elit ini saat ini diketuai oleh Xi Jinping. Terus fyi aja nih, sejak 1993, presiden China dipegang oleh ketua PKC, makanya banyak yang bilang bahwa dengan jadi ketua partai lagi pada kongres kali ini, maka Xi Jinping bakal jadi presiden China lagi pada Maret mendatang, untuk term ketiga.
 
I see…
Terus dalam pembukaan kongresnya, Xi Jinping membuka acara dengan membacakan capaian partai dalam beberapa tahun terakhir, dan juga prioritas utama untuk lima tahun ke depan. Dalam pidatonya yang berjalan selama hampir dua jam itu, Jinping membela kebijakan zero covid policy yang diberlakukannya, berjanji meningkatkan ekonomi, hingga memastikan bahwa China ga akan ragu-ragu menurunkan kekuatan militer dalam urusan Taiwan. Isu-isu lainnya yang juga dibahas tuh termasuk kampanye anti-korupsi, penanganan perubahan iklim, dan juga perang dingin dalam hubungan diplomatik internasional.
 
Terus seminggu tuh mereka ngapain aja? 
Well, abis pembukaan, para anggota partai tadi bakal full nih, dari Senin sampe Jumat menggelar meeting behind closed doors untuk membahas berbagai kebijakannya Xi dan kebijakan partai ke depan. Baru deh Hari Sabtunya, secara formal mereka bakal bikin keputusan atas berbagai kebijakan tadi (dan most likely penobatan Xi kembali sebagai ketua partai), dan hari Minggunya, kepengurusan baru bakal menggelar rapat pertamanya.
 
Wow. Anything else?
Nah ada yang menarik ni guys soal kongres ini. Yakni ditundanya secara tiba-tiba perilisan laporan pertumbuhan ekonomi aka GDP China oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sana. Jadi kan awalnya, data ini bakal dirilis pada Selasa mendatang, namun tiba-tiba di websitenya tu BPS, statusnya berubah jadi “delayed” dan ngga dijelaskan kapan akan dirilisnya. Ga cuma GDP, tapi data perdagangan juga di-hold dulu rilisnya tanpa ada alasan yang jelas di balik penundaan itu. Hal ini tentunya bikin banyak pihak curiga dongggg, jangan-jangan ekonomi China tumbuhnya B aja gitu.