Kenaikan UMP 2023

38

This is the news you’ve always wanted to hear….

Naik gaji.
Seneng nggak? Seneng dong. Yuk lebih semangat qerjanya yuk, karena kemarin banget nih, Menteri Tenaga Kerja Bu Ida Fauziyah menyebut, bakalan ada kenaikan Upah Minimum Provinsi aka UMP buat tahun 2023 nanti, guys.

Whoaaa tell me. 
Alrite. Jadi kamu udah khatam banget lah ygy, harga BBM sekarang naik, harga bahan pokok juga pelan-pelan naik, belum lagi ada ancaman resesi global di depan mata. Tapi gaji segitu-gitu aja. Panik dong orang-orang. Nggak sedikit yang mengeluh kayak, “At least gaji juga naik dong pak, bu.” Adapun salah satu yang mengeluhkan hal ini adalah buruh, guys. Sampai beberapa kali ngadain unjuk rasa di depan Istana Negara. Keluhan buruh ini yang akhirnya kemudian didengar sama pemerintah, melalui Kementerian Ketenagakerjaan.

Terus terus?
Apalagi Upah Minimum Provinsi aka UMP di Indonesia tuh dalam tiga tahun terakhir belum pernah naik. Makanya sekarang dinilai saat yang paling tepat buat naikin UMP di setiap provinsi di Indonesia. Nah so far, pihak Kemenaker masih terus mendengarkan aspirasi para buruh itu dan segala detailnya kayak regulasi dll masih di-finalize sama pihak Kemenaker dan lembaga lain yang terlibat, supaya bisa mulai berlaku tahun depan.

Berarti fix naik nih?
Naik, tapi sampai sekarang belum di-spill naiknya berapa persen. Yang pasti sih, tetep ngeliat aspek-aspek lain, guys. Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor bilangnya kenaikan UMP buat tahun 2023 itu bakal ngeliat kondisi perekonomian negara yang bakal terjadi di tahun depan plus ngeliat kondisi pelaku usaha juga. In his words, beliau bilangnya gini: “Pasti ada kenaikan dong, tapi persentasenya sesuai dengan inflasi. Karena keuangan negara juga, artinya pemerintah, swasta, dll iku terdampak pada krisis yang sekarang gitu. Jadi diharapkan para pekerja mengerti keadaan kita juga. Jangan mau memaksakan kehendak gitu.”

Noted, pak….
Nah, sekarang kan pihak Kemenaker dan lembaga lain yang terlibat masih terus ngerjain rancangan UMP itu kan. Of course yang jadi pertanyaan adalah: Kapan tuh selesainya? Secara sekarang aja udah akhir tahun. “Keburu nggak sebelum tahun baru udah kelar?’ Gitu kan. Nah to answer that question, Pak Ferry menyebut pihaknya bakal menyelesaikan rancangan kenaikan Upah Minimum Provinsi ini termasuk naik berapa persen itu UMP di bulan November nanti, guys. Dan bakal ditetapkan menjadi landasan yang sah di tanggal 21 November 2022.

Looking forward deh. Anything else?
Btw dari tadi ngomongin gaji, kamu harus tahu nih guys. Dari datanya Badan Pusat Statistik, tingkat pengangguran di Indonesia tuh udah relatif turun loh dalam dua tahun terakhir. Yep, dari tahun 2020 (Where Covid-19 hit so hard), tingkat pengangguran tuh ada di angka 7,07%, terus mulai turun di tahun 2021 dengan 6,2%, dan di tahun 2022 turun lagi sampai 5,83%. Adapun menurut Bu Ida, tingkat pengangguran ini bisa terus turun despite angka tenaga kerja yang terus naik 4.2 juta setiap tahunnya gara-gara Pendidikan dan Pelatihan Vokasi yang diprogramkan pemerintah, guys. Jadi tenaga kerja kita emang punya skill dan akhirnya bisa kerja deh.