KDRT Leslar Buat Heboh Netizen

59

Now, it’s time to dive in to: Kekerasan Dalam Rumah Tangga…

On Leslar.
Trigger warning: As stated above, this content is about domestic violence, which could be unsettling for some readers. Proceeds with cautions!
 
I’m ready. Tell me. 
You must have heard the news, rite? Over the past few weeks, netizen +62 tuh heboh banget ngomongin Leslar aka Lesti Kejora dan suaminya, Muhammad Rizky aka Rizky Billar. Pasangan yang sebelumnya dikenal bucin banget ini heboh gara-gara laporan Lesti terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga aka KDRT, guys. Terus, ketika kasusnya udah berjalan di kepolisian, Lesti tiba-tiba mencabut laporannya dan setuju buat damai.

DAMAI???
Iya, guys. Jadi dalam laporan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga aka KDRT yang dilakukan Rizky Billar terhadap Lesti, Jumat kemarin, Lesti diketahui mencabut laporannya di Polres Metro Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu, Lesti juga menyatakan kalau dia dan keluarga udah memaafkan perbuatan Billar. Alasannya, adalah anak. In her words, Dede Lesti bilangnya gini: “Alasannya, anak saya. Karena mau bagaimanapun, suami saya adalah bapak dari anak saya dan beliau juga sudah mengakui perbuatannya dan meminta maaf pada saya dan keluarga.”

Terus terus? 
Terus, as a result dari Lesti, who sebagai korban dan pihak pelapor yang mencabut laporannya, Polres Metro Jakarta Selatan pun langsung menangguhkan penahanan terhadap Rizky Billar, guys. Padahal Billar statusnya udah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan selama 20 hari. Oya, for context, dalam kasus ini, Rizky Billar dijerat Pasal 44 Ayat (1) UU No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT dengan ancaman lima tahun penjara. Tapi, belum sempat divonis, itu Leslar Couple udah menyatakan berdamai dengan sejumlah perjanjian bermaterai, guys.

Apa ajatu?
Salah satunya adalah Billar janji nggak bakal lagi enteng tangan alias nggak bakal lagi mengulangi perbuatannya. Well, disampaikan langsung oleh Rizky Billar waktu keluar dari tahanan, Billar bilangnya dia cinta banget sama istrinya dan selalu pengen jadi pelindung buat keluarga. Lebih jauh, Billar juga udah minta maaf dan ngaku kalau dia KHILAF melakukan KDRT. Khilaf, guys. Terus, Billar juga berharap rumah tangganya bisa semakin kokoh dengan adanya kejadian ini. In his words, Billar bilangnya begini: “Mudah-mudahan dengan adanya kejadian ini, rumah tangga kami semakin kuat, semakin kokoh, dan tidak terpengaruh terhadap hal apapun dan oleh siapapun.” Dia juga mau jadi ayah yang baik buat anaknya dan suami yang bertanggung jawab untuk Lesti, katanya gitu.


Wait. I’m clueless here.
 Kejadian awalnya emang gimana ya?
In case you’re puzzled, jadi ceritanya tuh gini guys. Akhir bulan lalu Lesti Kejora didampingi kuasa hukum dan keluarganya tuh datang ke Polres Metro Jakarta Selatan. Lesti yang saat itu publik tahunya adem ayem jadi bertanya-tanya dong, “Ada apa nih? Ngapain nih Lesti ke Polres?” gitu kan. Nah terus, setelah dikonfirmasi sama polisi, pihak Polres Metro Jakarta Selatan akhirnya nge-spill kalau Lesti datang itu buat bikin laporan terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang dialaminya dengan pelaku si Rizky Billar ini, guys.

Terus terus…
Masih dari keterangan polisi, kekerasan itu terjadi pada tanggal 28 September kemarin, guys. Di mana diceritain Billar mencekik dan banting Lesti ke kasur. Terus narik tangan Lesti ke kamar mandi dan dibanting ke lantai. Nggak selesai di situ, kekerasan ini terjadi nggak cuman sekali, guys. Ada juga bukti lain berupa video yang nunjukin Billar ngelempar bola biliar ke arah Lesti, guys. In case you’re wondering why he did what he did, yep, tindakan KDRT ni dilatar belakangi oleh isu perselingkuhan yang Billar lakukan, guys.

So, he is cheating and wished 
rumah tangga bisa semakin kokoh??
EHEHEHE iya. Dikonfirmasi langsung oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Lesti tuh sempat minta penjelasan soal perselingkuhan ini dan minta dipulangin ke rumah orang tuanya, gengs. Billar-nya nggak terima, emosi, terus end up melakukan KDRT.  Tapi ya gitu deh, ketika bergulir di kepolisian, selang 16 hari, laporan KDRT ini dicabut, dan Billar yang tadinya udah ditahan pun sekarang udah keluar dan menjalani wajib lapor aja, guys.

I see. Any words?
Yep. Komnas Perempuan menilai alasan Lesti mencabut laporan KDRT-nya ini perlu dicek lebih jauh lagi, gengs. Apakah emang karena kesadaran pribadi atau ada pengaruh dari orang lain. Apalagi kalau udah dicabut begini, bakalan muncul opini publik bahwa pelaku KDRT tuh bisa nggak dipidana padahal korban udah babak belur. Secara Lesti sampai sekarang masih masa pemulihan, sampai masuk rumah sakit bahkan. Gimana caranya biar kasus sejenis ini nggak kejadian lagi di masa depan gitu lo. Lebih jauh, dijelaskan oleh Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah, siklus KDRT tuh emang udah template-nya begitu, guys. Doi minta maaf, terus damai, dan kalau nggak dicegah, KDRT ini bisa keulang lagi. Malah bisa semakin liar dia melakukan kekerasan. Makanya penting banget buat minta bantuan pihak ketiga biar siklus ini bisa diputus.

Ok. wrap it up…
Well, tindakan Lesti yang mencabut laporan ini kemudian jadi bahan omongan netizen, guys. Banyak banget yang kecewa sama tindakan Lesti, di mana Lesti yang merupakan publik figur dan sosok panutan masyarakat jadi menganggap KDRT adalah hal yang biasa dan wajar dilakukan. Takutnya ini diikutin sama orang luas kan. Makanya ada sebuah petisi yang memboikot Lesti buat nggak lagi muncul di TV dan nggak lagi dijadikan panutan masyarakat.