Kandidat Capres Dari Partai Golkar

34

Now, here’s your: Another Day, Another Capres Talk

For 2024.
Semangat guys buat kalian yang kerjanya di partai politik. You must have been so busy buat menyambut tahun politik 2024. Yhaaa you know, persiapan pemilu, penetapan calon presiden dan wakil presiden, Pilpres, etc. Salah satunya yang weekend kemarin sibuk banget adalah Partai Golkar, yang udah kode-kode siapa yang bakal mereka usung di 2024 nanti.

Tell me. 
Sure. Btw time flies so fast banget ygy. Sekarang udah minggu terakhir Oktober and we’re realllyy close to new year, means we’re realllyyy close to another year which is 2024, di mana bakalan ada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Makanya sekarang partai politik tuh pada heboh mulai dari rapat ini rapat itu, bikin event ini event itu, di mana obrolannya, yha nggak jauh-jauh dari what would happen di 2024 besok, guys. Salah satunya adalah si kuning, Partai Golkar.

What’s up with 
Partai Golkar?
Partai Golkar tuh ngerayain ulang tahun mereka yang ke-58 di mana puncaknya digelar di JiExpo Kemayoran, hari Jumat kemarin, guys. Di event itu, banyak lah pejabat dan petinggi partai politik yang hadir, mulai dari RI 1, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, yang juga mantan Ketumnya Golkar, Jusuf Kalla, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, serta si yang punya acara, Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Selain itu, hadir juga ketua umum partai lain, gengs. Mulai dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo.

Rame yha….
Ehehehe mayan. Nggak cuman Parpol yang udah koalisi sama Golkar aja yang terdiri dari PPP dan PAN dan tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu, tapi juga partai lain kayak yang kamu liat di atas. Well, disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Golkar, Lodewijk Paulus, dalam perayaan Hut Golkar ini, emang bakalan ada anggota baru yang masuk ke dalam koalisi mereka, guys. Pak Airlangga juga bilangnya koalisi mereka masih terbuka buat nambah member baru, secara Partai Golkar adalah partai yang terbuka, inklusif, dan siapapun boleh join.

Ok. Acaranya gimana emang?
Yha itu tadi, salah satunya ngomongin siapa calon presiden dan wakil presiden yang bakal diusung sama Partai Golkar. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi waktu nyampein sambutannya. Di situ Pakde bilang sebentar lagi pasti bakal dibuka tuh siapa capres yang bakal diusung oleh Golkar, kayak NasDem yang udah men-declare mengusung Anies Baswean sebagai capres pilihan mereka. In this case, Presiden Jokowi juga menyampaikan milih capres dan cawapres tuh nggak boleh sembrono. Karena ibarat pesawat, presiden dan wakil presiden tuh ibarat pilot dan co-pilot, di mana penumpangnya adalah rakyat Indonesia. Makanya itu nggak mudah, kata Pak Jokowi.

Any clues from now?
Ada sih tipis-tipis. Everybody, meet: Ridwan Kamil. Yep, Gubernur Jawa Barat itu kemaren diundang dan menghadiri acara Ultah Golkar kemarin, guys. Dalam kesempatan itu, Kang Emil bilang beliau emang lagi considering buat gabung parpol, dan salah satu kandidatnya adalah Partai Golkar.  Terus, beliau juga bilang keputusan beliau join ke parpol mana itu bakal diumumkan by the end of the year, guys. Cuman emang lebih condong ke Golkar sih, guys. Secara kemaren aja Kang Emil datang pake batik kuning, yang direspons sama Pak Airlangga, “Ini sinyal bagus.” Nah kalau gabung ke Golkar, besar kemungkinan bakalan diusung sebagai Cawapres guys. In his words, Kang Emil bilang, “Yha kemungkinan sih pasti ada, yang penting kita kerja baik pasti dapat elektoral juga baik.”


Anything else?
Fyi ada kejadian menarik deh guys waktu HUT-nya Partai Golkar kemarin. Yep, jadi ada satu momen yang heboh diomongin netizen ketika Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, buka tangan mau pelukan sama Jokowi, eh dibilang Jokowi enggan pelukan sama Surya Paloh. Nah merespons hal ini, Surya Paloh akhirnya speak up, guys. Beliau bilangnya yha paham aja kalau Jokowi nggak mau pelukan, secara situasinya juga nggak memungkinkan di mana di situ rame orang kiri-kanan. Kalau berdua emang beliau berdua biasanya pelukan. No hard feelings lah pokoknya.