Heru Budi Hartono Jadi Pj Gubernur DKI, Korea Utara Luncurkan Rudal Balastik Ke Perairan Lepas Pantai Timur, Bom Mobil Di Jembatan Krimea – Rusia, Akun Twitter Kanye West Dibatasi Oleh Twitter

60

Hello

Rise and shine! Before you start the day, let’s take a moment to take care of yourself. Meditate, go for a little run, and catch up! with us. We got you some updates from Jakarta to Russia. Let’s go!

Who’s having a Hello-Goodbye moment?

Jakarta peeps.
To their leader.

Yep. In less than a week
, rakyat Jakarta bakalan punya pemimpin baru, guys. Makanya kemarin the current governor, Pak Anies Baswedan pamit-pamitan deh tuh sama warganya, “Makasih ya pak, bu, lima tahun kemarin. Sekarang saya izin pamit.” Terus, seiring dengan Pak Anies yang pamitan, Pj Gubernur DKI juga yang baru pun udah ditetapkan sama Presiden Jokowi. So everybody, meet: Heru Budi Hartono.

Background pls. 
You got it. As we all know, masa jabatan lima tahunnya Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Ahmad Riza Patria kan habis tahun ini yah. Dan as we all know juga tahun ini tuh nggak ada Pilkada, guys. Semuanya mulai dari Pilkada, Pileg, Pilpres dilakukan serentak 2024 mendatang. Namanya konstitusi, masa jabatan 5 tahun yha nggak boleh dilanggar dong. Jadi sesuai prosedur, beberapa waktu lalu pasangan gubernur dan wakil gubernur ini pun diberhentikan oleh DPRD DKI dan bakalan legit nggak menjabat lagi setelah 16 Oktober mendatang. Nah sesuai prosedur juga, biar nggak ada kekosongan jabatan, Kementerian Dalam Negeri wajib merekomendasikan tiga nama sebagai Pj. Gubernur ke Presiden, dan Presiden langsung yang milih 1 diantara 3 nama tadi.

Okay….
Adapun tiga nama yang direkomendasikan Kemendagri adalah Sekretaris Daerah DKI, Marullah Matali, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Terus, begitu tiga nama itu sampai di Pak Jokowi, Pak Jokowi pun membahas siapa yang bakal menjabat sebagai PJ. Gubernur DKI Jakarta dalam Rapat Tim Penilai Akhir yang digelar Jumat kemarin barengan sama para jajarannya, guys.  Setelah diskusi dan mendengar semua pertimbangan, Pak Jokowi akhirnya menetapkan untuk menunjuk Heri Budi Hartono sebagai Pj Gubernur menggantikan Pak Anies sampai 2024 nanti, gengs.

Skim me his CV….
All right. Kamu harus tahu nih, guys. Pak Heru ini bukan orang baru di pemerintahan provinsi DKI Jakarta. Waktu jamannya Pakde Jokowi masih jadi DKI 1, Pak Heru pernah memimpin Biro Kepala Daerah dan Kerja sama Luar Negeri-nya Pemprov. Terus lanjut lagi menjadi Walikota Jakarta Utara di tahun 2014. Kinerjanya makin gemilang tuh. Nggak sampai di situ, waktu Basuki Tjahja Purnama aka Ahok yang duduk sebagai gubernur, Pak Heru dipercaya memimpin Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah aka BPKAD DKI Jakarta. Puncaknya, sejak tahun 2017, Heru Budi Hartono dipercaya menjadi Kepala Sekretariat Presiden di Kemensesneg.

So, he’s close to Jokowi?
Karena Presiden Jokowi udah kenal dari lama sama Pak Heru ini, jadi segala rekam jejak, cara kerja, kapasitas, dan kemampuan yang bersangkutan udah diketahui semua sama Pak Jokowi, guys. Lebih jauh, Pak Heru ini juga diketahui punya komunikasi yang bagus sama siapapun. Makanya dari sini, Pak Jokowi juga berharap bakalan ada percepatan pembangunan di DKI dengan terpilihnya Pak Heru sebagai pj gubernurnya. Adapun percepatan yang dimaksud di sini tuh salah satunya yha berkaitan sama banjir, macet, dan A to Z yang kaitannya dengan tata ruang. Harus ada percepatan yang signifikan, katanya gitu.

So, where are we going from here?
Well, again, sampai hari ini, posisi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masih dipegang Pak Anies dan Bang Riza, guys. Disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan menyebut Surat Keputusan Presiden tentang Pengangkatan Pj. Gubernur ini bakalan terbit minggu depan. Ini juga yang bikin Pak Heru belum bisa berkomentar banyak soal dia yang bakal menjadi Pj. Gubernur DKI menggantikan Pak Anies, guys. “Kan belum dilantik,” katanya gitu.

Terus Pak Anies-Bang Rizanya?
Yha beliau berdua juga lagi sibuk menikmati last days di ibu kota, guys. Yep, di hari-hari terakhir mereka, Sabtu kemarin, Pak Anies dan Bang Riza mengumpulkan seluruh elemen masyarakat DKI, mulai dari masyarakat yang diwakili Ketua RT/RW, terus kader PKK,  plus perwakilan lembaga dan organisasi lain di Pemprov di Convention Eco Park, Ancol. Nah dalam kesempatan itulah Pak Anies menyampaikan rasa terima kasihnya buat pimpinan RT/RW yang hadir di sana, buat pengabdiannya selama ini, apalagi di masa-masa sulit Covid-19 kemarin, kata Pak Anies gitu. Di situ Pak Anies dan Bang Riza juga minta maaf kalau ada salah-salah selama memimpin Jakarta. Lebih jauh, Pak Anies dan bang Riza menyatakan mereka mendukung banget Heru Budi Hartono sebagai Pj. Gubernur menggantikan mereka. In his words, Bang Riza bilangnya, “Pak Heru tuh orang lama di sini. Udah ngerti, udah paham sama Jakarta,” katanya gitu.

Ok. Anything else I should know?
Fyi, nggak kayak Jakarta dan daerah lain yang punya Pilkada dan harus nunggu 2024 dulu kalau mau ngadain Pilkada lagi, di Yogyakarta beda, gengs. Yep, Jogja emang istimewa. Kemarin banget nih, Presiden Joko Widodo baru aja melantik Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur DIY periode 2022-2027. Hal ini bisa kejadian atas amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Yogyakarta, Gubernur DIY adalah Sultan yang saat ini bertakhta, guys. Dan as we all know sampai saat ini kan Sultan HB X masih menduduki takhta yah, makanya sekalipun jabatannya sebagai gubernur habis 5 tahun, bisa dilantik lagi nggak perlu nunggu 2024.

Who’s launching missiles again?

North Korea, for sure. Nggak lain dan nggak bukan, udah pasti Korea Utara yang baru aja ngeluncurin rudal balistik jarak pendek, dari daerah Munchon di Provinsi Kangwon ke perairan lepas pantai timur.

Tell me more. 
Jadi, rudal itu diluncurin sekitar pukul 1.47 dan 1.53 waktu setempat pada Minggu (91/10). Kedua rudal itu jatuh di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang. Rudal yang pertama kira-kira terbang sekitar 350 kilometer, pada ketinggian maksimum sekitar 100 kilometer. Sementara yang kedua menempuh jarak yang sama.
 
Geez…
Yep, peluncuran rudal ini tentunya bikin makin panas hubungan antara Korut sama Korsel dan Jepang. However, so far sih Menteri Pertahanan Jepang Toshiro Ino bilang kalo nggak ada laporan kerusakan kapal di laut, tapi pihak kementerian pertahanan masih menganalisis jenis rudal yang diluncurkan. Setelah peluncuran rudal itu, militer Korea Selatan langsung memperkuat pengawasan dan kewaspadaannya, sambil kerja sama juga sama pihak AS.

Go on. 
Nah, peluncuran rudal yang kemarin itu merupakan peluncuran rudal ke-25 dari Korea Utara, yang di antaranya termasuk rudal balistik dan rudal jelajah. Terus, penjaga pantai Jepang juga udah kasih instruksi buat kapal-kapalnya yang berlayar untuk memperhatikan informasi dan memastikan nggak ada benda apa pun yang jatuh di laut.

Rudal terus deh ni Korut…
Makanya kan, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sampai mengutuk keras peluncuran itu dan bilang itu tuh merupakan provokasi serius yang bisa merusak perdamaian dan keamanan. Dia juga bilang kalo provokasi kaya gitu tuh bisa membahayakan perdamaian Semenanjung Korea dan masyarakat internasional. Dia juga bilang kalo peluncuran rudalnya melanggar resolusi DK PBB.
 
Gitu….
Selanjutnya, Komando Indo-Pasifik AS bilang kalo peluncuran itu sih sebenernya nggak nimbulin ancaman langsung buat personel atau wilayah AS. Namun, Menlu AS Anthony Blinken tetep menegaskan bahwa kalo Korea Utara masih terus melanjutkan provokasi ini, maka mereka cuma bakal menambah kecaman dan meningkatkan isolasi. AS sendiri baru aja ngasih sanksi ke Korut, gara-gara uji coba rudal balistik yang dilakuin sama Korea Utara baru-baru ini.

Anything else?
Peningkatan ketegangan yang disebabkan sama Korea Utara ini tuh udah memicu alarm peringatan di Kawasan Korea. AS, Korea Selatan sama Jepang akhirnya melakukan latihan militer bersama. Nggak cuma itu, AS juga udah mindahin kapal induk ke perairan dekat semenanjung.

Something has just exploded…

Belom lama ini, kebakaran yang dipicu bom mobil terjadi di jembatan Krimea pada Sabtu (8/10). Bom itu meledak di jalan utama dan jembatan rel yang menghubungkan Krimea ke Rusia. Hal ini tentunya bikin Putin marah banget.
 
OMG. Background pls.. 
Jadi jembatan itu dibangun atas perintah Presiden Rusia Vladimir Putin dan diresmiin sejak tahun 2018. Nah, jembatan itu sendiri merupakan penghubung transportasi utama buat bawa peralatan militer ke tantara Rusia yang berperang di Ukraina, termasuk ngangkut pasukan ke sana. Rusia sendiri sih selama ini mengupayakan soal keamanan jembatan itu di tengah pertempuran di Ukraina dan mengancam Kiev dengan pembalasan misalkan jembatan itu diserang. Since Krimea udah dicaplok Rusia dari Ukraina pada tahun 2014, Ukraina sebenernya bisa aja ngerebut Krimea balik kalo aja serangan baliknya berhasil.

What actually happened? 
There’s a lot of theory soal kasus ini, tapi belom ada yang bener-bener kredibel. Kalo Rusia sendiri sih bilang kalo ledakan itu dipicu oleh bom truk. Rekaman kamera keamanan yang dirilis di social media sih nunjukkin sebuah truk yang melaju ke barat dan melintasi jembatan saat ledakan terjadi. Tapi setelah diamati secara mendalam, video itu nunjukkin kalo truk itu nggak ada hubungannya sama ledakan itu. Teori soal bom truk itu tuh menyebar cepet banget di Rusia sampe-sampe memicu kecurigaan. Banyak yang bilang kalo Kremlin lebih milih buat nyimpulin kalo ledakan itu merupakan aksi terorisme ketimbang tindakan sabotase oleh Ukraina.

Tell me more. 
Wakil Menhan AS Laura K Cooper bilang kalo Rusia udah nggak punya kemampuan untuk mempertahankan posisinya. Dia juga bilang kalo aja pasukan Ukraina berhasil ngerebut wilayah Kherson balik, Ukraina mungkin aja buat ngerebut Krimea balik.

Go on. 
Balik lagi soal ledakan di jembatan Krimea, Presiden Putin nuduh Ukraina jadi dalang di baliknya. Bahkan, dia juga bilang kalo aksi ledakan itu tuh merupakan sebuah aksi terorisme yang menghancurkan bagian dari hubungan penting antara Rusia dan Krimea. Putin sendiri bakal bikin pertemuan dewan keamanan, dan Wakil Ketuanya Dmitry Medvedev bilang kalo Rusia harus membunuh teroris yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Terus terus? 
Kerusakan di jembatan itu terjadi di tengah kekalahan Rusia dan meningkatnya kekhawatiran atas penggunaan senjata nuklir. Rusia sendiri sih bulan lalu udah resmi mencaplok empat wilayah Ukraina, dan Putin berulang kali kasih peringatan kalo setiap serangan ke Rusia dapat memicu respons nuklir.

Anything else? 
Akibat ledakan itu, tiga orang tewas dan jembatan runtuh. Terus, ledakan itu menghantam jalur kereta api yang saat itu dilintasi rangkaian kereta Rusia, yang bawa minyak ke Krimea.

Who’s having a Puasa Sambat di Twitter for a while?

Kanye West.
For his anti-semitic tweet.

Yep, kalau lagi main media sosial tuh emang harus hati-hati banget ygy. Di semua platform deh, nggak Instagram, nggak TikTok, atau Twitter. Setelah kemaren kita bahas Mbak Kim yang dituntut Securities and Exchange-nya AS karena menyalahi aturan waktu upload IG story tentang crypto, kali ini, akun Twitter-nya Kanye West juga harus di-lock aka dibatasi dulu sama Twitter, guys. Gara-garanya adalah beberapa waktu lalu Kanye West sempat keciduk bikin tweet yang dinilai sebagai ujaran anti-semitic aka anti Yahudi. Hal ini jelas nggak dibenarkan dalam community guideline-nya Twitter, guys. Makanya tweet itu langsung diilangin dan Twitter pun langsung mengunci akun Mas Kanye dalam periode waktu yang belum bisa dipastikan kapan bisa pulih kayak semula lagi.
 
Btw yang namanya Twitter ke-locked tuh bukan berarti yang punya akun nggak bisa akses lagi akunnya, guys. Cuman fiturnya aja yang dibatasi, nggak bisa nge-tweet, nggak bisa nge-retweet, gitu-gitu. Scrolling sih masih bisa.

“Banyak yang bertanya ini, setelah Pak Anies dideklarasikan kenapa alam tidak bersahabat? terlalu muncul banyak banjir. Itu pertanyaan masyarakat.”
 
Wowww gitu guys kata Sekjen PDIP Hasto Kristianto kemarin (10/10) pas ngomentarin soal Pak Anies Baswedan yang baru aja diumumkan Partai Nasdem sebagai capres dari partainya. Kata Mas Hasto, dalam politik itu alam juga bicara, dan dalam hal ini, kenapa abis diumumin capres, Jakarta banjir? Nah Mas Hasto bilang, Nasdem sebagai partai yang mengusung Anies sebagai bakal capres punya tanggung jawab untuk menjawab pertanyaan tersebut.
 
When 2024 is still far away but things are already heating up…

Announcement


Thanks to Suhita, Aries, Rere, & Someone for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Our body needs some detox sometimes… So, try this.