Gagal Ginjal Akut Pada Anak Updates, Kunjungan Presiden FIFA Ke Indonesia, PM Inggris Membuat Krisis Ekonomi Makin Parah, Jakarta Islamic Center Kebakaran

69

Good morning

Hi hi. Welcome to Thursday. Now, in the spirit of a true Swifties, we will be attending this cool event this weekend. If you already secured your ticket, find us in purple while singing along to “All too Well”. Enjoy today’s edition and see you!

Here’s your updates on: Gagal Ginjal Akut pada Anak

Obat sirup dilarang beredar.
Iya, seiring dengan kasus gagal ginjal akut yang semakin banyak menyebar di Tanah Air, kemarin banget nih, Kementerian Kesehatan akhirnya speak upguys. Berbagai penyelidikan pun dilakukan, dan langkah pencegahan pun dilakukan. Salah satunya adalah obat dalam sediaan sirup dilarang beredar dulu.

Hold on. I need some background.
You got it. Jadi beberapa waktu lalu, Ikatan Dokter Anak Indonesia aka IDAI tuh melaporkan kalau ada satu tren penyakit yaitu gagal ginjal yang dari awal September kemarin udah mengalami peningkatan secara drastis. In case you’re wondering kenapa malah dokter anak yang melaporkan kasus ini rather than dokter kfr *wink* or anything else, adalah karena emang kasus ini sebagian besar kejadiannya sama anak-anak di bawah usia lima tahun aka balita.

🙁 Gimana bisa ketahuan tuh?
Karena emang pasiennya yang datang sendiri ke fasilitas kesehatan sih, guys, kerasa kan sakitnya. Jadi Sekretaris Unit Kerja Koordinasi-nya IDAI, Eka Laksmi Hidayati mengatakan, para pasien ini datang dengan gejala yang most likely seragam, demam, bapil aka batuk pilek, diare, sama muntah. Nah, di antara gejala tadi, ada satu yang spesifik nih. Yep, mereka nggak bisa pipis. Bukan karena tersumbat, tapi emang nggak ada urine-nya alias ginjal mereka nggak memproduksi urine.
 
Noooo….
Iya, terus dicek pake kateter pun kering. Lannjut waktu dicek lagi lebih jauh di lab, mereka mengalami banyak peradangan, termasuk di hati. Sistem darahnya juga keganggu, banyak darah yang mengental dan kemudian menggumpal. Dan itu nggak cuman 1 atau 2 pasien karena per Selasa kemarin, udah tercatat 206 kasus yang tersebar di 20 provinsi di Indonesia. Parahnya lagi, 99 dari mereka sudah dinyatakan meninggal dunia :(.

:((((
Makanya hal ini jadi concern-nya pemerintah kan melalui Kementerian Kesehatan. Merespons hal ini, Kemenkes pun langsung mengeluarkan surat keputusan yang isinya pedoman tata laksana manajemen klinis dalam penanganan si gagal ginjal akut misterius ini, atau bahasa kedokterannya: Atypical Progressive Acute Kidney Injury. In a nutshell, surat keputusan Kemenkes itu isinya adalah pedoman buat tenaga medis dan tenaga kesehatan seluruh Indonesia terkait gimana caranya menangani kasus ini sesuai sama indikasinya. Mulai dari awal diagnosis, pengamatan gejala sama tanda klinisnya, gitu-gitu.

In our healthcare workers, we trust…
Yep. Masih dalam surat keputusan itu, Kemenkes juga ngasih pedoman kalau setelah meriksa pasien dan pasien itu positif gagal ginjal akut penanganannya gimana. Yaitu pasien bakal dirawat di ruang intensif sambil dipantau perkembangannya sama tim medis di mana bakal diliat ada nggak urinnya, nambah nggak, terus tekanan darahnya gimana, level kesadarannya gimana, stuff like that lah. Terus, Kemenkes juga ada kasih pedoman buat kasih obat ke pasien gagal ginjal akut ini, guys. Berupa Intravena Immunoglobulin aka IVIG yang kalau mau dipake, rumah sakit harus dapat approval dulu dari Dirjen Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes.

Talking about 
obat….
Sampai sekarang kan gagal ginjal akut ini masih diselidiki dan diteliti sama Kemenkes yah. Adapun salah satu elemen yang mereka teliti dan selidiki adalah obat, guys. Terus, dari hasil penyelidikan, Kemenkes akhirnya melarang tenaga kesehatan buat meresepkan obat dalam sediaan sirup atau cair ke masyarakat. Disampaikan langsung oleh Juru Bicara Kemenkes, dr. Mohammad Syahril, ada dugaan kandungan obat sirup, plus komponen lain dalam produksi obat sirup itu menyebabkan intoksikasi dan end up berpengaruh sama angka gagal ginjal akut yang makin meningkat. Makanya, selain nakes yang dilarang ngasih resep, apotek juga dilarang jualin obat sirup. Larangan ini sendiri mulai berlaku mulai kemarin sampai batas waktu yang belum ditentukan.

I heard about paracetamol too…
Iya ada. Buat membahas si paracetamol, let’s take a look to what’s currently happening in Gambia, Afrika Tengah. Di Gambia sekarang juga lagi ada kasus gagal ginjal akut yang sama-sama menjangkit anak dan udah menewaskan 69 di antaranya, guys. Nah setelah diinvestigasi sampe melibatkan WHO, usut punya usut gagal ginjal akut yang terjadi di sana itu terjadi gara-gara obat batuk pilek jenis paracetamol yang mengandung dua zat berbahaya, yaitu dietilen glikol dan etilen glikol. Dalam keterangannya, WHO bilang dua zat ini bisa bikin adalah zat beracun yang bisa bikin demam, diare, nggak bisa pipis, dan end up menyebabkan gagal ginjal akut dan meninggal. :((. Makanya obat itu sekarang udah ditarik dari peredaran seantero Gambia, guys.

Di Indonesia ada obat itu?
Enggak. Hal ini udah dikonfirmasi langsung sama Badan Pengawas Obat dan Makanan aka BPOM. Dalam keterangannya, BPOM menegaskan kalau obat yang di Gambia itu nggak ada terdaftar dan nggak beredar di Indonesia, guys. Terus, terkait dietilen glikol dan etilen glikol ini, sampai sekarang BPOM juga lagi menyelidiki obat-obat di peredaran Indonesia ada nggak yang pake kandungan dua zat tadi. Peredaran obat di Indonesia pun juga lagi diawasi banget sama BPOM, considering dua zat ini lumayan sering dipake sebagai zat pelarut.

Got it. Anything else?
Btw talking about penyakit, sekarang tuh most likely semua penyakit pasti dikait-kaitin sama Covid-19, kan. Demam, batuk, pilek, udah deh, pasti dianggap Covid. Nggak cuman itu, kalau ada penyakit dan itu orang udah vaksin, pasti dianggapnya, “Ini mah efek samping vaksin nih, fix.” Nah yang harus kamu tahu adalah, gagal ginjal akut ini has nothing to do with Covid-19 ataupun vaksinasinya, guys. Dan sampai saat ini, pihak kementerian dan stakeholders terkait pun masih terus melakukan penyelidikan dan penelitian, buat cari 5W1H-nya, dan begitu udah ketemu, kamu pasti diinfoin kok.

Who’s enjoying his time in Indonesia?

Presiden FIFA, Gianni Infantino.
Well, sejak terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan 133 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka, sepak bola Indonesia tuh belakangan ini emang got the spotlight banget ygy. Sampai Presiden FIFA pun datang berkunjung ke Indonesia dan bertemu sejumlah tokoh di sini mulai dari Pak Jokowi sampai para korban Kanjuruhan. Eh, maksudnya Ketua PSSI. So everybody, meetGianni Infantino.

Tell me.
Sure. Sejak Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Malang 1 Oktober kemarin itu, Presiden Joko Widodo kan langsung bertindak yah. Adapun salah satu tindakan yang dilakukan beliau adalah in contact dan telfonan sama pihak Federation Internationale de Football Association aka FIFA, organisasi internasional yang menaungi urusan persepakbolaan seluruh dunia. Terus, sebagai presiden, yha Pak Jokowi in contact langsung sama presidennya juga dong, which is Pak Gianni Infantino ini. Adapun hasil dalam obrolan mereka di telfon waktu itu adalah Pak Gianni bakalan datang berkunjung ke Indonesia, guys.

Terus, udah datang doi?
Udah, hari Selasa kemarin. Begitu tiba di Jakarta dengan dijemput Menteri BUMN Erick Thohir, Pak Gianni langsung otw ke Istana Merdeka dan ketemu sama Pak Jokowi. Ada banyak lah yang mereka omongin. Terutama soal transformasi sepak bola Indonesia pasca-Tragedi Kanjuruhan ini, ini juga yang jadi alasan kenapa Pak Gianni sampai bela-belain terbang ke sini, guys. Yakni ditegaskan bahwa harus ada reformasi dan transformasi dalam sistem sepak bola Indonesia karena sepakbola itu tentang kebahagiaan. Selain itu, kita juga harus make sure standar keamanan match sepak bola kita tuh emang berjalan sesuai standar FIFA.

I see… 
Talking about standar, jadi emang urusan keamanan di kita tuh bercabang banget yah. Nah, dalam obrolannya bareng Pak Gianni, Presiden Joko Widodo nge-break down sistem itu jadi beberapa aspek, gengs. Mulai dari manajemen stadion, fasilitas-fasilitas di stadion, manajemen pertandingan especially pengaturan waktu, sampai manajemen suporter. Adapun sebagai langkah awal, Stadion Kanjuruhan bakal dirubuhin dulu dan dibangun baru sesuai standarnya FIFA, plus bakalan ada teknologi di stadion yang bakal bantu mitigasi potensi apapun yang bisa membahayakan supporters atau pemain. Terus, Pak Jokowi juga menyebut pihaknya dan FIFA bakal mengkaji ulang para decision makers dan pemangku kebijakan di persepakbolaan Indonesia, gengs.

Are they talking about PSSI?
Not sure. Talking about PSSI, dalam pertemuan kemarin itu, emang cuma antara pihak pemerintah Indonesia sama FIFA aja, guys. Makanya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan nggak keliatan. Kang Iwan Bule baru keliatan malemnya, di Stadion Madya GBK dan ketemuan sama Pak Gianni di sana. Since itu ketemuannya di GBK, berarti bukan meeting biasa dong nih. Yep, selain meeting, ada juga friendly match aka pertandingan persahabatan antara kedua pihak ini, guys. Sekjen PSSI, Yunus Nusi bilangnya, friendly match ini emang di-initiate sama Pak Gianni dengan harapan antusiasme sepak bola Indonesia nggak surut akibat Tragedi Kanjuruhan kemarin itu.

Hah gimana???
“Di tengah duka dan air mata yang belum kering gara-gara ratusan orang meninggal dan ratusan lainnya luka-luka abis nonton sepak bola, kok bisa-bisanya orang yang kerjanya di industri sepak bola ketawa sambil friendly match begitu??” ini yang jadi pertanyaan banyak pihak, guys. Nggak terkecuali pihak yang kemaren abis mengusut tuntas kasus ini, aka Tim Gabungan Independen Pencari Fakta aka TGIPF.
 
Jujur, setuju…
Iya kan… Bahkan salah satu anggota TGIPF, Laode Syarif menyebut hal itu sangat disayangkan karena kuburan korban meninggal pun belum kering :(. Lebih jauh, Laode juga bilang yang harus dikedepankan sekarang itu adalah empati. Empati ke korban meninggal, keluarga korban meninggal, dan korban yang sekarang masih dirawat di rumah sakit. Fyi, Kang Iwan Bule tuh sebenarnya Selasa kemarin memenuhi undangan polisi atas kasus ini, guys. Tapi jadwalnya harus digeser gara-gara kedatangan Pak Gianni ini.

HEMM Ok back to the meeting. 
Back to the meeting, selain main bola, PSSI dan FIFA juga meeting dong. Nah dalam meeting itu, pihak FIFA merekomendasikan PSSI buat mulai invest di Video Assistant Referee aka VAR buat pertandingan top tier kayak Liga 1. Dengan adanya VAR ini, integritas pertandingan juga bakalan upgrade karena bisa bantu wasit membuat keputusan. As we all know wasit di Indonesia tuh kan masih sering diragukan kan, makanya VAR ini dianggap bisa jadi jalan keluar, guys. The thing is, VAR tuh nggak murah. Sekitar Rp85 miliar biayanya, makanya FIFA berharap investasi ini nggak cuman dari PSSI aja, tapi juga dari pemerintah.

Pemerintah lagi nih?
Yep, PSSI tuh berharap besar sama pemerintah Indonesia, guys. Makanya waktu ketemu Pak Jokowi kemarin, Pak Gianni menyampaikan pihaknya commit bakal jor-joran bantu Indonesia dalam reformasi dan transformasi sepak bola Indonesia, bahkan mereka sampe mau buka kantor di sini.

Got it. Anything else?
Remember yang menjemput Gianni Infantino dari bandara otw ke Istana Merdeka itu Menteri BUMN, Erick ThohirWell, Pak Jokowi emang sengaja mengutus ET buat jemput Pak Gianni karena faktor kedekatan keduanya yang udah terjalin lamaaa banget sejak ET masih menjabat sebagai Presiden Klub Inter Milan. Fun fact, ET tuh emang sempat beli sahamnya Klub Inter Milan di tahun 2013 lalu dan mengambil alih klub itu, guys. Mas Erick kemudian menjual sebagian sahamnya di tahun 2016 dan kursi presiden pun udah beralih ke Steven Zhang di tahun 2018.

Who’s having a hard time?

Perdana Menteri Inggris, Liz Truss.
Karena doi otw menuju jadi perdana menteri Inggris yang menjabat paling sebentar.
 
Hah gimana?
Iya ni guys, posisi PM Inggris Liz Truss emang jelas ada di ujung tanduk gara-gara kebijakan ekonominya yang bikin krisis di Inggris makin parah. Jadi dalam kebijakannya itu, Truss sama mantan menteri keuangan yang udah dipecat, namanya Kwasi Kwarteng memperkanalkan kebijakan ekonomi yang memotong wajib pajak bagi warga kaya di Inggris hingga sekitar 45 miliar pound dalam jangka waktu lima tahun. Hal ini tentunya bikin ekonomi Inggris yang lagi bleeding makin bleeding.
 
OMG…
Yep, kebijakan ini langsung bikin poundsterling lemah banget, terlemah sepanjang sejarah against US dollar, dan bikin utang dalam negeri Inggris jadi makin tinggi. On her defend pas waktu itu kebijakannya diperkenalkan pada September lalu, tax cut ini ditujukan supaya makin banyak investor yang masuk ke Inggris dan menumbuhkan perekonomian. Tapi yang terjadi adalah krisis ekonomi yang makin parah, inflasi yang makin tinggi, dan investor yang justru cabs dari Inggris.
 
Kenapa?
Ya karena itu, kebijakannya justru bikin krisisnya makin parah hingga Inggris makin ngga kondusif untuk diinvest. Atas kebijakannya ini, Truss sampe minta maaf dan bilang bahwa doi bakal menerima konsekuensi yang harus dihadapinya. However, Truss juga meyakinkan bahwa dirinya ngga akan mundur, karena w tough. Gitu ceunah.
 
Nah terus krisisnya?
Aturan tax cut yang bikin huru-hara tadi sih udah di-reverse aka dibatalkan. However, demage-nya udah parah banget sih gengs, di mana again, ekonomi Inggris makin terpuruk, dan Truss jadi perdana menteri Inggris yang paling ngga populer sepanjang masa. Menurut survei dari lembaga poll Redfield & Wilton Strategies, cuma 7% warga Inggris yang menilai pemerintahannya Truss memiliki kompetensi yang cukup buat memimpin Inggris.

Anything else? 
Gegara kasus ini, sejumlah media Inggris pun akhirnya punya julukan sendiri buat Liz Truss. Ada yang bilang dia pake setan dedemit, bahkan disandingkan sama selada. Eh, gara-gara foto itu, banyak warga Inggris yang bilang kalo selada itu justru menang kalo dibandingin sama Liz Truss. Hmm…Let’s see how long she will last…

When the fire is burning…

 
Iya nih guys, kabar menyedihkan datang dari Koja, Jakarta Utara yang baru aja mengalami kebakaran di Jakarta Islamic Center pada Rabu (19/10) sore. Dalam video yang beredar, tampak api melalap kubah dari masjid yang masih dalam konstruksi. Terus dalam unggahan dari Pemadam Kebakaran Jakarta di akun Instagram @humasjakfire, diketahui bahwa ada pengerahan sebanyak 10 unit mobil damkar dan 55 personil untuk memadamkan api. FYI guys, kobaran api ini diketahui mulai muncul seusai kegiatan salat asar berjamaah. Penyebabnya, menurut Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Utara AKBP Slamet Wibisono Yanto, api berawal dari empat pekerja yang tengah melakukan renovasi di bagian kubah masjid. Renovasi itu dilakukan dengan  menggunakan bahan tripleks yang kalau mau dipasang tuh tripleksnya harus menggunakan membran yang dilelehkan biar nempel. Nah diduga percikan dari bahan lelehan inilah yang menciptakan percikan api dan mengenai gasbul, hingga menimbulkan api. Terkait hal ini, keempat pekerja tadi udah diamankan di polres untuk dimintai keterangan.

“9 tahun”
 
Adalah jumlah vonis penjara yang harus dijalani oleh Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Perangin Angin yang baru aja dijatuhkan oleh majelis hakim kemarin. Dalam putusannya, hakim meyakini si Terbit nih bersalah karena udah melakukan tindakan korupsi, yakni dengan menerima suap pemberian paket pekerjaan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Langkat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat tahun 2021 sebesar Rp 572 juta. FYI guys, sebelumnya Terbit juga sempet viral karena ditemukannya kerangkeng manusia di rumahnya yang bikin negeri +62 ini gempar.
 
Now on to the human kerangkeng trial…

Announcement


Thanks to Nadya & Magaban for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you’ve been constantly sad, you’re probably dealing with depression.