Friday Pause: Only the young, can run!

59

Good morning

Selamat Hari Sumpah Pemuda! If there is one thing we can remind you in this remarkable day: You can change the world. And you can contribute to make this country better, just like our founding fathers did. You have all the power within your hands, all you have to do is just to believe in yourself. You’re a superhero.

For the love of Meme: Just a meme about robbery…


Now, in the moment of Hari Sumpah Pemuda….

Let’s see what Pemuda can do.
Sini sini, in case kamu lupa tanggal.. Hari ini tuh tanggal 28 Oktober, guys. Kalau kamu familiar banget sama tanggal ini, you got it right. Hari ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. So, most likely hari ini anak-anak sekolah juga pada upacara nih, guys. Secara momentum ini lekat banget sama anak sekolah sebagai pemuda yekan.
 
To get you the context deeper, let’s take a look of what happened on 28 October 1928 di mana Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia aka PPPI pada saat itu nge-initiate kongres yang dihadiri oleh berbagai organisasi pemuda seluruh Indonesia. Terus, at the end of the Congress, lahirlah Sumpah Pemuda yang kita kenal sampai hari ini, gengs. Adapun Sumpah Pemuda itu bunyinya:
 
” Pertama, Kami Putra Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua, Kami Putra Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga, Kami Putra Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”
 
Makanya momen Sumpah Pemuda ini sakral banget, guys. Nggak cuman buat pemuda aja, tapi juga a whole nation in general. Tapi of course highlight-nya tetep ada di Pemuda dong. Youth movement yang udah semakin berkembang dari dulu sampai sekarang,  not to mention the fact that Indonesia Merdeka salah satunya juga karena kaum mudanya yang nge-push Soekarno untuk segera mendeklarasikan kemerdekaan.
 
Sampai sini kebayang kan gimana suatu perubahan bisa kebentuk? And it starts from YOUth. Iya, kamu pun bisa membuat perubahan, guys. Perubahan bisa dimulai dari hal kecil. Contohnya kayak gini nih:
  • Kenali diri kamuWell, kalau ngomong, “I wanna change the world,” that might sound a lot, don’t you think? Perubahan tuh luasss banget dan jenisnya sungguh beragam, nggak cuman ke orang lain aja. tapi juga ke diri sendiri. Bukan berubah jadi mermaid ygy, tapi lebih ke perubahan sikap, perubahan karakter, plus perubahan cara kerja. Makanya penting banget buat kamu ngenalin diri kamu sendiri, gengs. Strengths kamu apa, weakness kamu apa, apa yang bisa dimaksimalkan dari strengths kamu, dan gimana cara kamu nutupin weakness pake strength yang kamu punya. Rasain sendiri deh perubahannya.
  • Define your values. Nah kalo kamu udah tau kekuatan kamu apa, weakness kamu apa dll, saatnya kamu tahu apa sih value yang kamu percaya? Atau causes apa yang paling jadi concern kamu? Hal ini bisa kamu lakukan dengan banyak-banyak baca, riset, bertukar pengetahuan dan ngobrol sama orang di sekeliling kamu. Dengan begini siapa tahu kamu jadi ngeh nih, kalo ternyata causes yang jadi concern kamu adalah soal lingkungan, atau HAM, atau apapun itu.
  • Gabung Komunitas. Setelah tau causes dan value kamu apa, kini saatnya kamu bergabung dengan komunitas yang concern dengan isu tersebut. Yak, ini juga bermanfaat karena mumpung masih muda, ini saatnya kamu buat cari sebanyak-banyak temen dan membangun networking, guys. Temen dapatnya di mana, yha salah satunya di komunitas. PS: Gebetan dan pacar juga bisa si hehehe. Anyway, setiap komunitas kan pasti ada value dan tujuannya yah. Nah, value dan tujuan dari komunitas tersebut bisa bantu kamu untuk membuat perubahan lewat aktivitas dan program mereka, guys. Mungutin sampah di pantai misalnya, atau daur ulang sampah jadi barang siap pakai lagi, yang gitu-gitu.
  • Ajakin temenmu. Kita sama-sama tau lah yah. Namanya membuat perubahan, kita sendiri sebenarnya bisa. Cuman kalo rame-rame, kita jadi LEBIH BISA. Alone we’re strong, but together we are stronger. Ajak aja temenmu untuk join di kegiatan yang kamu ikutin sekarang, yang punya interest yang sama kayak kamu. Atau yang nggak juga boleh, siapa tahu dia jadi suka abis kamu ajakin hehehehe.
  • Have fun. Well, ini yang nggak kalah penting, guys. Dalam melakukan sebuah kegiatan, apalagi tujuannya buat membuat suatu perubahan, kamu harus seneng ngerjainnya. Biar yang merasakan dampak dari kerjaan kamu juga jadi seneng. Terus, jangan kaku-kaku. Membuat perubahan tuh bisa dilakukan dengan berbagai cara lo, yang kreatif, yang bawaannya tuh senyum-senyum terus tiap ngejalaninnya, dan dampaknya pun tetep kerasa. Dan yang begini ini, ya jagonya anak muda.

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda, everyone.



Finally our weekly recommendations!

Hello! Welcome again to the weekly recs where we got everything to make your weekend less boring. Let’s go!
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Hari ini kita bakal membahas tentang Covid-19 sub varian XBB, kenalan sama Rishi Sunak, dan video games bantu pertumbuhan kognitif anak.. Let’s go!
  • Kolaborasi Endank Soekamti dan Hivi, wajib kita rayakan. Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta Lagi? jadi punya rasa yang baru, segar, dan berbeda. Semacam menikmati kembali hal-hal yang pernah ada di masa lalu dalam nuansa baru. Entah suasana baru, bertemu dengan orang baru, atau menemukan kenangan lama dalam cinta . (Anonymous)
  • Aku pengen banget rekomendasiin teman-teman yang penyuka anime, let’s watch BLEACH: Thousand-Year Blood War. Ini tuh anime yang comeback setelah 10 tahun, dan plot ceritanya mantap weh! (Anonymous)
  • Masi suka berkaca-kaca ampe nangis tiap nontonin video klip dari band perunggu yang judulnya Pastikan Riuh Akhiri Malammuwell executed! Lagu nya bagus, ditambah klip yang ciamikk. Semua harus nonntooonnn. (Anonymous)
  • Bagi yang suka nonton drama kehidupan (wkwk) cobain deh nonton EXchange, atau judul lainnya Transit Love! Dia itu dating show Korea tentang beberapa pasang mantan yang tinggal bareng di satu rumah selama beberapa minggu, tanpa saling tau siapa-mantannya-siapa, lalu nanti di akhir mereka akan diminta pilih untuk balikan sama mantannya atau sama orang baru hehe..Seru bangettt! Selain dramanya dapet, rumahnya juga bagus, dan aesthetic banget, dan bond antar cast nya juga oke. Bisa ditonton di Viu untuk season 2 nya! Dijamin gemessss parah🥺 (Anonymous)
  • Buat kamu yang pengen ngerasain release-nya perasaan gundah gulana walau hanya sekejab, dengerin deh lagu Mas Kun yang Sulung“. Sabi banget bikin lo inhale-exhale and grateful. Cheers! @moniquepf17
  • Hi! Aku mau rekomendasiin lagu Too Late dari band Novelbright. Mereka band Jepang, tapi lirik lagu ini pakai Bahasa Inggris. Lagu mereka enak-enak banget, dan aku lagi ketagihan dengerin si Too Late! (Anonymous)
  • Last but not least, albumnya Taylor Swift yang baru Midnight!!!!! Enak semua minnn.
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“If you really want to do something, you’ll find a way. If you don’t, you’ll find an excuse.”
-Jim Rohn-

Thank you note


Thanks to Alaska, Someone, Martin, Sabilur, & Someone for buying us coffee today!

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)