Fenomena La Nina Di Indonesia Sampai Awal Tahun, Kasus COVID-19 Di China Masih Meningkat, Unjuk Rasa Puluhan Ribu Buruh Di Depan Istana Negara, Raja Charles Akan Resmi Dinobatkan Pada 6 Mei 2023

88

Hi hi

Good morning. It’s Thursday already and if you feel that this week is long… same. So remember to always get a break every now and then. You deserve some love. Now before we get on with the day…

Again, welcome to akhir tahun…..

Where banjir is all over the country.
Yoi. Banjir nggak cuma terjadi di Jakarta aja, guys. Dan nggak cuma di Pulau Jawa aja. Di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku, Nusa Tenggara, sampai Papua semuanya kebanjiranguys.

Tell. Me. Everything.
Sure. Kamu pasti udah paham kan yha kalau sekarang itu, hujan emang turunnya nggak kira-kira, guys. Tiap hari ujannn mulu, terus kalau pagi udah hujan terus reda, eh siangan dikit ujan lagi. Dan fenomena kayak gini nggak cuma berlaku di Jakarta aja. Dari Aceh sampai Papua semuanya kayak gitu. Well, disampaikan langsung oleh Kepala Badan Meteorologi dan Klimatologi aka BMKG, Dwikorita Karnawati, curah hujan di hampir seluruh wilayah Indonesia emang lagi tinggi-tingginya. Nggak cuman curah hujan aja, selama seminggu ke depan diperkirakan hujannya disertai sama angin kencang plus petir.

Kenapa bisa gitu ya?
Nah soal ini, masih dari pernyataan Bu Rita, saat ini suhu muka air laut di perairan Indonesia tuh masih anomali aka nggak normal. Meanwhile, suhu muka air laut di perairan Samudera Hindia juga lebih dingin dari biasanya. Kondisi ini lalu mengakibatkan uap air yang terbentuk dari perairan Samudera Hindia ke perairannya Indonesia. Yha kayak yang kamu pelajari waktu SD aja tentang proses terbentuknya hujan, ada uap air yang udah nggak bisa ketampung lagi, yha bisa turun lewat hujan tadi ini, gengs. Fenomena ini juga disebut sebagai La Nina dan dari perkiraan BMKG, ini bakalan berlangsung sampe awal tahun depan.

I see….
Terus selain itu, fenomena La Nina ini juga geraknya merata ke seluruh wilayah Indonesia, guys.  As we all know Samudera Hindia tuh kan letaknya di bagian barat negara kita yah, nah jadi diawali di bagian barat, gerak terus ke tengah, lanjut lagi ke Timur, dan end up merata deh. Makanya nggak heran curah hujan yang terjadi sekarang ini juga hampir merata di seluruh wilayah all over the country. Nggak cuma di Jakarta, tapi juga di daerah-daerah lain. Let’s dive into it, shall we?

Yes, Catch Me Up!
Leggo. Kita mulai dari Ibu Kota aka DKI Jakarta yang dari weekend kemarin udah merendam puluhan RT dan sejumlah ruas jalan. Kemarin banget nih, hujan deras ada lagi dan sebanyak 50 RT seantero Jakarta balik banjir lagi. Adapun yang paling parah itu terjadi di Cawang, Jakarta Timur, dengan ketinggian mencapai 2,2 meter. Menyikapi hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut air yang masuk ke Jakarta itu melebihi daya tampungnya, guys. Makanya bisa sampe banjir. Lebih lanjut, Pak Anies menganalogikannya gini: Ada gelas daya tampungnya 250 cc, dituangkan air ke situ 1 liter. Nggak mungkin nggak tumpah, pasti tumpah. Kira-kira begitu gengs kalo kata Pak Anies.

HEMMM….
Masih dari pernyataan Pak Anies, namanya hujan ya nggak bisa kita kendalikan dong. Yang bisa kita kendalikan adalah manajemennya. In that sense, dari curah hujan yang nggak ketampung tadi, gimana cara bikin airnya cepat surut dan kering. Nah kamu harus tahu nih guys, pemerintah Provinsi DKI Jakarta tuh dari 2018 lalu punya KPI di mana kalau ada banjir, kudu surut dalam waktu enam jam. Nah ketika diliat kenyataannya kemaren ada sih kayak TB Simatupang yang bisa surut dalam kurun waktu 4 jam, nah tapi ada juga yang bahkan sampe 12 jam baru surut. Dari sini Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria bilangnya pemerintah tetep berusaha buat nyurutin airnya pake pompa air dll kok, gitu.

Terus, di mana lagi titik banjirnya?
Now geser dikit to where it is known for its rain. Yep, Bogor. Di Bogor, hujannya juga gede-gedean dan menyebabkan banjir, bahkan sampai bikin 1 orang terseret banjir dan sampai sekarang belum ditemukan. Iya, kejadiannya itu terjadi kemaren hari Selasa kemarin, guys. Di Jalan Dadali, ada satu perempuan pake motor jalan di situ. Kan banjir tuh yah, saking derasnya air banjir, dia terseret masuk ke sebuah gorong-gorong bareng sama motor-motornya. Petugas pun udah melakukan pencarian namun sampai sekarang belum ditemukan. Selain itu, kejadian keseret banjir juga terjadi di Bali: Tiga di Bangli, satu di Gianyar, dan satu di Denpasar. Kelima korban terseret udah dinyatakan tewas Senin kemarin.

:(((((
Curah hujan tinggi juga terjadi di Aceh, dan menyebabkan wilayah Aceh Timur terendam banjir dengan ketinggian macem-macem, sampai 150 cm dan udah terjadi dari weekend kemarin. Makanya sebanyak 2.500an warga jadi mengungsi ke tempat yang lebih aman kayak kantor desa, masjid, yang gitu-gitu. Dan nggak cuman di Aceh aja, di Mamuju, Sulawesi Barat, masyarakat juga ngungsi gara-gara banjir. Tim SAR pun udah dikerahkan but membantu proses evakuasi warga. Thank God sekarang banjirnya udah mulai surut.

Literally everywhere….
Indeed. Nggak di Jawa, di Sumatera, di Sulawesi, the same also goes to Kalimantan. Di salah satu kota namanya Ketapang, tepatnya di Kalimantan Barat, udah ada 18 out of 22 desa yang kerendam banjir dan tercatat udah ada 1.000 orang yang kena dampak dari banjir ini. Parahnya lagi, banjir di sana itu juga terjadi di jalan penghubung antardesa gitu yang bikin aktivitas perekonomian masyarakat jadi lumpuh. Air bersih susah didapat, dan stok makanan juga terbatas. Well, ada yang udah banjir, ada juga yang bersiap dan waspada. Kayak yang terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Papua di mana musim hujan di sana tuh bakalan start by pertengahan bulan ini. Ngeliat kondisi wilayah lain yang udah pada kebanjiran, Papua dan NTB pun waspada banget sampai bikin posko gitu supaya penanganan banjir mereka bisa lebih cepet dan efektif.

I see. Wrap it up…
Well well well, di cuaca ektrem nan sering hujan kayak gini, penyakit tuh jadi rentan banget datang ke kita nggak sih, guys. Mulai dari flu, batuk, demam berdarah, diare, semuanya deh. Makanya penting banget buat nge-build up protection diri yang cakep biar kita terhindar nih dari segala penyakit tadi. Makanan dijaga, konsumsi air putih jangan lupa, vitamin jangan ketinggalan, mental diperhatiin, sama cuci tangan yang rutin. Sehat-sehat ya guys, meskipun cuaca sekarang lagi nggak baik-baik aja.

What is rising other than the sun?

COVID-19 in China. Yup kasus COVID-19 di China lagi-lagi masih meningkat, terutama di kota-kota besar kaya Shanghai sama Shenzhen setelah masa liburan.

Whaaaat?
Yep, Jadi kasus infeksi COVID-19 di China belakangan ini dilaporkan meningkat to the highest level since August. Nah, peningkatan ini tuh terjadi setelah masa liburan Golden Week, yang ketika itu banyak orang melakukan perjalanan domestik. Menurut info terakhir sih, pihak berwenang nemuin lebih dari dua ribu kasus infeksi lokal baru pada 10 Oktober kemaren, dan itu tuh yang terbesar sejak 20 Agustus 2022. Gara-gara peningkatan kasus itu terjadi setelah masa liburan, banyak kasus yang ditemuin di tempat-tempat wisata dan tempat-tempat yang banyak turisnya.

OMG…
Makanya kan. Gara-gara takut kejadian lockdown gede-gedean kaya bulan April lalu, otoritas berwenang di Shanghai bilang kalo pemerintah bakal meningkatkan pengujian. Bahkan sampe dua kali seminggu. Terus, turis-turis yang mau masuk tempat wisata dan hotel juga dicek secara lebih ketat lagi.

Padahal mereka lockdown mulu ya…
Yoi. Fyi guys, COVID-19 di China is still a thing. Bahkan, 36 kota di China masih nerapin lockdown. Misalnya aja di Shenzhen, varian Omicron lagi gencar-gencarnya di sana. Bahkan, kasus lokalnya meningkat sampe lebih dari tiga kali lipat. Terus, di kota barat laut Xian, yang ngelaporin lebih dari 100 kasus, hingga pihak berwenang akhirnya nutup sekolah dan banyak ruang publik lainnya.

Then? 
Actually, beban kasus COVID-19 China masih terbilang kecil kalo dibandingin sama negara-negara lain. Apalagi, aturan yang diterapin sama pemerintah China ketaaat banget karena mereka memberlakukan zero covid policy. Karena kebijakan inilah, tiap ada kasus dikit maka pemerintahnya langsung lockdown. Hal ini karena mereka khawatir epidemi ini bakal menyebar dan nggak habis-habis.

OK. Anything else? 
Aturan soal pencegahan COVID-19 ini diumumin beberapa hari menjelang kongres Partai Komunis yang akan dimulai pada 16 Oktober, di mana Xi Jinping diperkirakan bakal berkuasa jadi pemimpin lebih lama lagi. Jadi, analis bilang kalo aturan ketat tersebut sifatnya sementara aja gara-gara prioritas utamanya tetap menjaga situasi menjelang pertemuan penting itu.

When unjuk rasa has always been a thing….

In this country.
Panjang Umur Perjuangan! Yep, di tengah berbagai polemik dan konflik yang terjadi di Republik Indonesia, masyarakat juga nggak henti-hentinya menyuarakan pendapat mereka, guys. Salah satunya dengan unjuk rasa yang dilakukan puluhan ribu buruh  di depan Istana Negara kemarin.

Wait, I need some background here. 
You got it. Kamu pasti udah khatam banget dong kalau belakangan ini, banyak banget kebijakan dibikin pemerintah yang bikin rakyat jadi kayak, “Hah?? Seriously? Apaan sih,” gitu-gitu. Kayak disahkannya UU Cipta Kerja aka Omnibus Law, harga bahan pokok pada naik, sampai yang terakhir kenaikan harga BBM. Terus, keadaan ini juga diperparah sama krisis global yang sekarang lagi happening, guysYep, we’re talking about ancaman resesi global. Sayangnya, di tengah situasi pelik kayak gini, malah ada layoff besar-besaran dan bikin orang jadi pengangguran :(.

Sulitt…
.
Makanya, ibarat kata “Enough is enough!” kemarin banget nih, sebanyak lima puluh ribu buruh yang terdiri dari petani, nelayan, guru, ART, ojol, semuanya serentak satu suara melakukan unjuk rasa di depan Istana Negara. Para pengunjuk rasa yang dipimpin orang-orang Partai Buruh dan Organisasi Serikat Buruh pun solid bergerak dari Balai Kota DKI ke Patung Kuda, dan Istana Negara (Yang of course di-sterilkan petugas).
 
Tuntutan mereka apa aja?
Soal tuntutan, kali ini mereka unjuk rasa dengan bawa enam tuntutan nih, gengs. Tuntutan itu berupa: Of course, menolak kenaikan harga BBM, menolak Omnibus Law aka UU Cipta Kerja. Terus pengunjuk rasa juga mendesak pemerintah melakukan reforma agraria, dan mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga. Mereka juga menolak adanya layoff aka PHK besar-besaran di tengah ancaman resesi global. Last but not least, mereka juga mendesak pemerintah menaikkan UMK/P Tahun 2023 sebesar 13%, gengs.

Okay… 
Nah selain di Jakarta, unjuk rasa ini juga diselenggarakan di daerah-daerah lain. Kayak di Medan, Semarang, Makassar, Surabaya, dll yang semuanya berpusat di kantor gubernur masing-masing. Terus juga selama unjuk rasa, situasi berjalan kondusif, guys. Yang di Jakarta juga aman. All the credit goes to pengunjuk rasa yang menyampaikan tuntutannya dengan kondusif, terus personel yang berjaga juga menjalankan tugasnya dengan baik. Spesifik di Jakarta, disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, ada sebanyak 3.340 personel yang diturunkan untuk mengawal kegiatan ini, gengs.

I see. Anything else I should know?
Btw sampai berita ini diturunkan, belum ada respons apapun dari pihak Istana atau pemerintah in general terkait demo yang dilakukan puluhan ribu buruh ini, guys. Karena merasa nggak didengar, para buruh pun akan melakukan demo lanjutan di tanggal 10 November mendatang, guys. Lokasinya sama, di Istana Negara, dengan bawa ratusan ribu buruh yang bakal cuti, izin, atau minta dispensasi. Nah, kalau yang tanggal 10 nanti nggak didengar juga, pihak buruh bilangnya mereka bakalan melakukan aksi mogok kerja secara nasional di pertengahan Desember nanti, guys. Let’s see yah..

When will Charles III officially become a king?On May 6th, 2023.

Setelah berakhirnya masa berkabung pasca berpulangnya ratu Elizabeth II, kini everybody’s eyes are onPangeran Charles yang merupakan anak sulung dari Ratu Elizabeth II who will also officially take over the crown dan secara resmi jadi Raja Inggris.
 
Nah fyi guys, Charles, dan istrinya Camilla bakal secara resmi dinobatkan di Westminster Abbey, London pada 6 Mei 2023 mendatang, dan menariknya, 6 Mei itu pas banget bertepatan dengan tanggal ulang tahun keempat dari Archie, anak Pangeran Harry dan Meghan.
 
Di penobatannya nanti, Charles bakal pake mahkota yang sama persis kaya ibunya, Ratu Elizabeth II. Terus, dia juga bakal dikasih cincin penobatan yang dijuluki cincin pernikahan Inggris dan dipake di jari tangan kanannya. Nggak cuma itu aja, Charles juga bakal Memegang tongkat kerajaan yang berasal dari tahun 1661. Selain jadi Raja Inggris, Charles otomatis juga bakal jadi kepala negara dari 14 negara persemakmuran alias Commonwealth termasuk Australia, Kanada dan Selandia Baru.

“Duri dalam rumah tangga.”

Itu guys kata-kata yang diduga digunakan oleh Kuat Ma’ruf saat mendesak istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi buat ngelaporin Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J ke suaminya Ferdy Sambo. Hal ini diketahui dari surat dakwaan jaksa yang menjelaskan bahwa abis pertemuan Putri dan Yosua di dalam kamar, Kuat Ma’ruf meminta Putri melapor ke Ferdy Sambo. Nah dalam desakannya itu, Kuat pake bilang bahwa Brigadir J adalah “duri dalam rumah tangga”, padahal katanya sih, Kuat juga ngga tau apa yang terjadi antara Putri dan Yosua.
 
Another drama just started…

Announcement


Thanks to Shaisha for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Been having lower back ache? Try these stretch.