Dugaan Obat Pemicu Gagal Ginjal, PM Inggris Liz Truss Mengundurkan Diri Dari Jabatannya, Kandidat Capres Dari Partai Golkar, WFH Meningkatkan Angka Kelahiran

54

Hello

Welcome to the new week, aka the last week of October. We hope this month has brought all the best for you. Now, before you browse what costume to wear for Halloween this weekend, what about catching up! with some news first? From British to Indonesian political saga, it’s all here. Let’s go!

When Ayah Bunda in the entire country are getting concerned….

Due to Dugaan Obat Pemicu Gagal Ginjal.
Yoi, ayah bunda kudu waspada nih. Gagal ginjal akut yang sekarang lagi rame banget menjangkit anak-anak usia di bawah lima tahun itu makin meluas aja, guys. Terus, over the weekend kemarin, Menteri Kesehatan akhirnya nge-spill berbagai fakta terbaru dari kasus ini, termasuk jenis obat yang diduga kuat jadi pemicunya.

Tell. Me. Everything.
 All right. Jadi kayak yang pernah kita bahas kemarin, dalam beberapa waktu terakhir, kasus gagal ginjal akut ini terus meningkat ygy.  Adapun lonjakan kasusnya tuh terjadi dari bulan Agustus kemarin, dari yang awalnya 131 kasus, terus bertambah lagi jadi 152 kasus. Nggak cukup di situ, kasus gagal ginjal akut yang mostly menyerang anak usia di bawah lima tahun ini terus meningkat sampai di angka 206. Nah puncaknya, hari Jumat minggu lalu, dalam konferensi pers-nya, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyebut kasus gagal ginjal akut udah mencapai 241 kasus dan tersebar di 22 provinsi di Indonesia.

Whoaaa that’s huge…
Huge indeed. Terus, selain makin meluas, penyakit ini juga bisa ganas banget sekali kena ke orang, guys. Terbukti sama satu kasus gagal ginjal di Depok, Jawa Barat. Jadi ada satu anak berusia 3 tahun  yang hari Kamis mengalami demam dan pilek, terus dikasih obat sirup penurun panas dan pilek sama orang tuanya. Sempat enakan tuh dia, nah pas hari Sabtu, kondisinya drop lagi sampai muntah-muntah, kata ibunya. Dibawa ke dokter, diresepin obat lagi, tapi tetep nggak ada progres. Dibawa ke UGD, akhirnya ketahuan kalau si anak menderita gagal ginjal akut stadium 3.

Stadium 3???
Iya, masuk ke Pediatric ICU kan, karena harus segera ambil tindakan. Nah di PICU, kondisi si anak malah makin drop. Dalam sehari, dokter menyatakan gagal ginjalnya udah masuk ke stadium 6 dan harus dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo aka RSCM. Nah di RSCM, even udah tiga hari dapat perawatan intensif, ada tindakan cuci darah segala, tapi kondisinya masih belum stabil sampai akhirnya hari Minggu tanggal 16 kemarin, si anak dinyatakan meninggal dunia. Per Jumat kemarin, udah ada 133 kasus meninggal which setara dengan 55 persen dari total kasus yang ada. Lebih dari setengah lo.

Oh noooo :((((

Makanya dari sini banyak pihak yang mendesak kasus gagal ginjal akut ini supaya dijadikan Kejadian Luar Biasa kayak Covid atau Cacar Monyet kemarin, guys. Epidemiolog Dicky Budiman bilangnya kalau ngeliat syaratnya, gagal ginjal akut ini udah fulfilled buat dijadiin KLB, supaya penanganannya juga bisa lebih sat set sat set. Apalagi udah tersebar di 22 provinsi kan. Lebih jauh, Dicky bilangnya meskipun bakal telat buat dijadiin KLB, tapi at least manajemen situasinya bisa ke-handle. Ada satgas, ada investigasi yang lebih advanced, dan ada data yang lebih kuat yang bisa didapat dengan penetapan status KLB ini. Tapi dalam keterangannya, Menkes Budi menyebut status KLB belum ditetapkan buat gagal ginjal akut ini.


:((((. 
Meskipun begitu, sampai sekarang, Kementerian Kesehatan dan pihak-pihak terkait masih melakukan investigasi dan penelitian terkait gagal ginjal akut ini, guys. Selain itu, ada juga langkah-langkah penangan yang bakal dilakukan sama pemerintah. Salah satunya adalah impor obat Fomepizole yang dinilai ampuh buat mengatasi penyakit ini, dari Singapura. Terus, terkait investigasi dan penelitian yang dilakukan, dugaan sementara terkait penyebab kasus ini sih udah ketahuan, guys. Yep, disampaikan langsung oleh Pak Budi, dugaan sementara ada di senyawa kimia yang mencemari obat-obatan sirup yang dikonsumsi sama anak-anak ini :((.

Gimme all the details…
Well, dari awal kasus ini heboh di masyarakat, everybody’s eyes kan emang tertuju ke obat sirup makanya sampe dilarang peredarannya sama Kemenkes (Read the full story here). Terus kemaren, Menkes Budi menegaskan kalau probability senyawa kimia di obat sirop jadi penyebab gagal ginjal akut ini udah jauh lebih pasti dari sebelumnya, guys. Hal ini karena setelah dilakukan pemeriksaan secara langsung dengan datengin 156 rumah penderita gagal ginjal satu persatu, ditemukan sebanyak 102 obat dalam sediaan sirup. Terus diperiksa lebih jauh lagi kan. Hasilnya, jeng jeng… Ada obat yang mengandung senyawa berbahaya bahkan di luar ambang batas dan kalau dikonsumsi, bisa bikin ginjal jadi rusak, gengs. Now everybody meet: Etilen glikol, Dietilen glikol, dan Etilen glikol butyl ether aka EGBE.

Waduhhh…
Nah merespons penemuan ini, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi menyebut 102 obat tadi masih harus diuji dulu di Badan Pemeriksa Obat dan Makanan aka BPOM, guys. Adapun hal ini dilakukan buat nge-make sure senyawa berbahaya yang ada di obat-obatan ini nggak melewati ambang batas yang diperbolehkan. Nah kalau fix dinyatakan melewati ambang batas, onat-obatan tadi bakalan dilarang diresepkan dan dijual ke masyarakat luas, guys.

Emang ambang batasnya gimana?
Good question. Ikatan Apoteker Indonesia tuh udah mengeluarkan statement terkait ambang batas penggunaan senyawa Etilen glikol dan Dietilen glikol ini, gengs. Dalam keterangannya, senyawa itu boleh jadi bahan tambahan sediaan sirup dengan nilai toleransi 0,1% pada gliserin dan propilen glikol, serta 0,25% pada polietilen glikol. Terus, pertanyaan selanjutnya adalah: Sekarang ada beredar nggak obat-obatan yang mengandung senyawa berbahaya melebihi ambang batas yang dibolehin ini? Jawabannya, adaRead it carefully, ayah bunda. Ada Termorex sirup, Flurin DMP sirup, Unibebi cough sirup, dan Unibebi demam sirup.

Well, I believe BPOM has a say…
Nah menariknya di sini, guys. Sesuai tupoksi-nya, BPOM tuh kan harusnya mengawasi obat-obatan yang ada di Indonesia, yang make sure kalau obat itu aman dikonsumsi buat masyarakat. Tapi, disampaikan oleh Inspektur Utama BPOM,  Elin Herlina, keamanan plus mutu obat-obatan tuh tanggung jawabnya industri farmasi, bukan BPOM. In her words, Bu Elin bilang, “Sesuai dengan ketentuannya yang bertanggung jawab terhadap keamanan, mutu, dan khasiat obat itu industri farmasi. Jadi bukan shifting, tapi emang wewenang dan ketentuannya seperti itu.”

HEMMM. Anything else?
Nah balik lagi ke kementerian Kesehatan. Bu Siti Nadia Tarmidzi kemarin mengkonfirmasi kalau biaya pengobatan penyakit gagal ginjal akut ini bakal di-cover sama BPJS Kesehatan dan disesuaikan sama kepesertaan masing-masing pasien. Obat Fomepizole yyang didatangkan dari Singapura tadi, yang udah dipakai sama pasien-pasien di RSCM dan harganya cukup mahal, termasuk biaya cuci darah, transplantasi, juga nggak bakal dibebankan ke pasien, guys.

What is the shortest thing in the UK?

Liz Truss’ leadership. 
Yoi guys, as you might have heard, Perdana Menteri baru Inggris alias Liz Truss akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya pada Kamis (20/10), setelah baru menjabat selama 45 hari.

Tell me why… 
Ain’t nothin’ but a heartache. Singkatnya, gejolak ekonomi dan politik di Inggris akhirnya bikin Liz Truss nggak kuat dan akhirnya resigned. Truss sendiri bilang kalo ia menjabat di tengah masalah ekonomi dan invasi Rusia, dan itu bikin dia gagal buat menuhin target kebijakannya. Padahal, we can say that part of gejolak ekonomi itu ya disebabin sama kebijakan yang doi bikin sendiri.

Hmm, gimana gimana?
Coba kita bahas satu per satu masalah yang bikin doi puyeng tujuh keliling sampe akhirnya mikir buat resign aja. Pertama, pas awal-awal dia menjabat, dia langsung mutusin buat subsidi energi sebesar 50 miliar poundsterling alias Rp 2.571 triliun. Niatnya sih buat melindungi rumah tangga masyarakat di tengah kelonjakan tagihan energi. But it ends up dengan pinjaman pemerintah yang meningkat, padahal investor udah mulai ketar-ketir soal keuangan Inggris.
 
Go on…
Kedua, soal pemotongan pajak. Truss pernah bilang kalo dia bakal memangkas pajak sebesar 45 miliar poundsterling atau setara USD 48 miliar, yang niatnya bikin ekonomi Inggris kembali pulih. Namun yang terjadi, kebanyakan dari pemotongan pajak ini dinikmatinya sama kelompok ekonomi kaya. Saking blundernya ini kebijakan, International Monetary Fund (IMF) sampe mengkritik kebijakan ini karena ditakutkan bakal bikin nilai tukar poundsterling anjlok ke level terendah. Eventually, kebijakan ini ditarik kembali, tapi tetep jabatan PM-nya juga harus ditinggalkan Truss.
 
Ketiga…
Ketiga adalah krisis gas atau krisis energi akibat perang Rusia-Ukraina. Krisis biaya hidup di Inggris makin nggak karuan, harga-harga makin meroket, ditambah lagi menjelang masuk musim dingin yang bikin kebutuhan atas energi meningkat. Hal ini diperparah dengan adanya pembatasan ekspor gas alam cair yang dilakukan Rusia ke negara-negara Eropa. Akhirnya, biaya hidup dan tagihan listrik jadi naik dan bikin warga di Inggris kalang kabut untuk fulfill their needsAs you guys may remember, belom lama ini juga ada berita soal anak-anak di sana yang sampe makan karet karena udah nggak sanggup buat beli makanan yang harganya kian mahal. Udah seberat itu guize idup di sana.

Hiks…. I see…
Keempat, inflasi tembus ke level tertinggi dalam 40 tahun. Imagine, it hits the highest level in 40 years. Kantor Statistik Nasional Inggris aka ONS mencatat bahwa tingkat inflasi tahunan Inggris naik jadi 10,1 persen pada September, meningkat dari 9,9 persen pada Agustus lalu. Nggak sampe situ aja, there are still many other reasons yang nandain kalo Inggris emang lagi nggak baik-baik aja. Mulai dari banyak warga yang akhirnya terpaksa buat jadi pekerja seks demi bisa bertahan hidup, tingkat upah yang nggak kunjung naik, sampe ancaman PHK terhadap ribuan karyawan. Kebayang kan pusingnya Liz Truss kaya apa? Baru menjabat sebentar, masalahnya udah bertubi-tubi kaya gitu. So, akhirnya doi mutusin buat mundur aja.

Where are we from here?
Well, setelah resign, Liz Truss sebenarnya masih terus menjabat sampe nanti ada penggantinya yang baru. Inggris sendiri sekarang ini masih berupaya untuk menemukan siapa pengganti Liz Truss. Nah, pemilihan buat PM Inggris yang baru akan dilakukan pada pekan depan. Dannn, perdana menteri baru akan diumumkan pada Jumat (28/10). Fyi, perdana menteri yang baru nanti bakal jadi perdana menteri yang ketiga dalam masa jabatan parlementer ini.

Who are the candidates?
Pertama ada Rishi Sunak, kandidat keturunan India yang sebelumnya juga melawan Truss di pemilu. Dia sendiri sebenernya kaya udah tau gitu kalo Truss nggak bakal bertahan lama, terutama gara-gara rencana ekonomi Liz Truss yang “super out of the box”. Kedua, ada nama Penny Mordaunt. Mordaunt sendiri kemungkinan bakal dapet dukungan karena kredensial militernya. Ketiga, Kemi Badenoch. Dia merupakan salah satu anggota parlemen yang lebih muda dari yang lainnya. Keempat, Grant Shapps. Dia sendiri sebelumnya jadi menteri dalam negeri di era Truss, dan jadi menteri transportasi di era Boris Johnson. Last but not least, Boris Johnson. Ini adalah perdana menteri terakhir sebelum Truss menjabat.

For your information… 
Liz Truss jadi Perdana Menteri Inggris dengan masa jabatan paling singkat dalam sejarah. Sebelumnya, ada George Canning yang meninggal pada 1827, setelah menjabat selama 119 hari. Selain itu, ada Sir Alec Douglas-Home yang menjabat jadi perdana menteri dalam kurang dari setahun. Terus, ada juga Sir Anthony Eden yang menjabat hampir dua tahun dan akhirnya berhenti karena masalah kesehatannya.

And the world is responding… 
Terkait mundurnya Liz Truss ini, berbagai pemimpin dunia pun ikut komentar. Kalo Rusia, Juru Bicara Kementerian Luar Negerinya, Maria Zakharova bilang kalo itu tuh jadi aib buat Inggris. Beda dari Rusia, Presiden AS Joe Biden bilang kalo dia berharap terus bisa melanjutkan kerja sama dengan Inggris. Terus, kalo Presiden Prancis Emmanuel Macron bilang kalo dia berharap stabilitas buat negara Inggris.

Anything else? 
Eits, tapi walaupun Liz Truss malu abis di hadapan warga Inggris dan dunia karena menjabat sebentar banget, dia masih berhak buat terima tunjangan tahunan sebesar 115 ribu poundsterling atau sekitar Rp 2 miliar setelah mundur jadi PM Inggris. Jadi, emang kalo menurut undang-undang Inggris, seorang pejabat yang sudah jadi mantan PM berhak mengklaim Tunjangan Biaya Tugas Publik (PDCA). So, she deserved it, at least according to the law..

Now, here’s your: Another Day, Another Capres Talk

For 2024.
Semangat guys buat kalian yang kerjanya di partai politik. You must have been so busy buat menyambut tahun politik 2024. Yhaaa you know, persiapan pemilu, penetapan calon presiden dan wakil presiden, Pilpres, etc. Salah satunya yang weekend kemarin sibuk banget adalah Partai Golkar, yang udah kode-kode siapa yang bakal mereka usung di 2024 nanti.

Tell me. 
Sure. Btw time flies so fast banget ygy. Sekarang udah minggu terakhir Oktober and we’re realllyy close to new year, means we’re realllyyy close to another year which is 2024, di mana bakalan ada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Makanya sekarang partai politik tuh pada heboh mulai dari rapat ini rapat itu, bikin event ini event itu, di mana obrolannya, yha nggak jauh-jauh dari what would happen di 2024 besok, guys. Salah satunya adalah si kuning, Partai Golkar.

What’s up with 
Partai Golkar?
Partai Golkar tuh ngerayain ulang tahun mereka yang ke-58 di mana puncaknya digelar di JiExpo Kemayoran, hari Jumat kemarin, guys. Di event itu, banyak lah pejabat dan petinggi partai politik yang hadir, mulai dari RI 1, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, yang juga mantan Ketumnya Golkar, Jusuf Kalla, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, serta si yang punya acara, Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Selain itu, hadir juga ketua umum partai lain, gengs. Mulai dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo.

Rame yha….
Ehehehe mayan. Nggak cuman Parpol yang udah koalisi sama Golkar aja yang terdiri dari PPP dan PAN dan tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu, tapi juga partai lain kayak yang kamu liat di atas. Well, disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Golkar, Lodewijk Paulus, dalam perayaan Hut Golkar ini, emang bakalan ada anggota baru yang masuk ke dalam koalisi mereka, guys. Pak Airlangga juga bilangnya koalisi mereka masih terbuka buat nambah member baru, secara Partai Golkar adalah partai yang terbuka, inklusif, dan siapapun boleh join.

Ok. Acaranya gimana emang?
Yha itu tadi, salah satunya ngomongin siapa calon presiden dan wakil presiden yang bakal diusung sama Partai Golkar. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi waktu nyampein sambutannya. Di situ Pakde bilang sebentar lagi pasti bakal dibuka tuh siapa capres yang bakal diusung oleh Golkar, kayak NasDem yang udah men-declare mengusung Anies Baswean sebagai capres pilihan mereka. In this case, Presiden Jokowi juga menyampaikan milih capres dan cawapres tuh nggak boleh sembrono. Karena ibarat pesawat, presiden dan wakil presiden tuh ibarat pilot dan co-pilot, di mana penumpangnya adalah rakyat Indonesia. Makanya itu nggak mudah, kata Pak Jokowi.

Any clues from now?
Ada sih tipis-tipis. Everybody, meet: Ridwan Kamil. Yep, Gubernur Jawa Barat itu kemaren diundang dan menghadiri acara Ultah Golkar kemarin, guys. Dalam kesempatan itu, Kang Emil bilang beliau emang lagi considering buat gabung parpol, dan salah satu kandidatnya adalah Partai Golkar.  Terus, beliau juga bilang keputusan beliau join ke parpol mana itu bakal diumumkan by the end of the year, guys. Cuman emang lebih condong ke Golkar sih, guys. Secara kemaren aja Kang Emil datang pake batik kuning, yang direspons sama Pak Airlangga, “Ini sinyal bagus.” Nah kalau gabung ke Golkar, besar kemungkinan bakalan diusung sebagai Cawapres guys. In his words, Kang Emil bilang, “Yha kemungkinan sih pasti ada, yang penting kita kerja baik pasti dapat elektoral juga baik.”

Anything else?
Fyi ada kejadian menarik deh guys waktu HUT-nya Partai Golkar kemarin. Yep, jadi ada satu momen yang heboh diomongin netizen ketika Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, buka tangan mau pelukan sama Jokowi, eh dibilang Jokowi enggan pelukan sama Surya Paloh. Nah merespons hal ini, Surya Paloh akhirnya speak up, guys. Beliau bilangnya yha paham aja kalau Jokowi nggak mau pelukan, secara situasinya juga nggak memungkinkan di mana di situ rame orang kiri-kanan. Kalau berdua emang beliau berdua biasanya pelukan. No hard feelings lah pokoknya.

When WFH means more babies…

It really happened guys.
 
Beneran deh, buat kamu-kamu cewek yang biasanya kerja ke kantor, tentunya masa-masa WFH selama pandemi Covid-19 tuh jadi napas segar karena akhirnya bisa sedikit terlepas dari macet, desek-desekan jalanan, sampe asap kendaraan yang bikin batuk-batuk. Nah guys, ternyata ngga cuma bikin kamu less stressed karena commuting, muncul juga fenomena namanya baby bump alias munculnya banyak kelahiran bayi. Menurut itung-itungan para ahli ekonomi di UCLA, Northwesterun Uni dan Princeton, ditemukan bahwa fleksibelnya jadwal kerja karena WFH membantu meningkatkan tingkat kelahiran bayi di Amerika Serikat hingga 6,2% lebih tinggi dari masa-masa sebelum pandemi. Peningkatan ini signifikan banget guys, karena sejak 2007, angka kelahiran di AS tuh terus menurun. Adapun peningkatan kelahirannya ini terjadi paling banyak pada wanita berusia di bawah 25 tahun, dan mereka di rentang usia 30-44 tahun.
 
Gara-gara WFH, disebutkan juga bahwa tingkat kesuburan perempuan meningkat, yang sebagian besar disebabkan oleh kondisi tubuh yang lebih fit dan less stressed.
 
So, WFH forever?

“Jangan rangkul-rangkulan terus”
 
Gitu guys kata Pak Presiden Jokowi pas ngomentarin soal siapa sosok yang bakal dipilih Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk Pilpres 2024 mendatang. Kata Pak Jokowi, partai yang tergabung dalam KIB yakni Golkar, PPP dan PAN jangan rangkul-rangkulan terus, tapi beliau yakin sebentar lagi koalisi tersebut bakal segera menentukan bakal capres/cawapresnya untuk 2024. FYI, hal ini disampaikan Pak Jokowi pada acara perayaan HUT ke-58 Golkar di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10) malam.
 
When your see your friends doing PDA a lot…

Announcement


Thanks to Mira for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Take care of your kidney, avoid this drink.