Badai Ian Belum Berakhir Di Florida

55

Ian Hurricane is not over, yet…

Ian Hurricane alias Badai Ian masih belom berakhir juga, gengs. Iya, badai terbesar yang belum lama ini melanda Florida, Amerika Serikat ternyata masih belom berakhir juga.

Go on. 
Yup, wilayah Florida masih berusaha buat pulih dari banjir besar yang diakibatkan sama Badai Ian. Menurut perkiraan sih, it will take more than a week buat kembali mulihin saluran listrik di beberapa bagian Florida. So far, udah ada 66 orang yang tewas karena Badai Ian di wilayah Florida, dan empat orang lainnya meninggal di wilayah North Carolina.

Not to forget.. 
Sebelum melanda wilayah Florida, Badai Ian sendiri udah ngelanda wilayah Kuba (26/9) lalu. Di sana, rumah-rumah juga pada hancur dan emang sejak itu udah diprediksi kalo Badai Ian ini bakal meluas ke wilayah Florida.

How bad is the hurricane? 
Okay, to make you guys know better about the hurricane, menurut prediksi sih banjir sungainya masih bisa berlanjut ke pedalaman sampe minggu depan. Terus, di wilayah Arcadia, banjir masih nutupin sebagian kota kaya danau dan jalan raya gitu. Terus di dekat Sarasota, tanggulnya pun jebol akibat banjir. Sampe hari Sabtu kemarin, masih ada lebih dari 99 ribu warga Florida yang masih belom bisa akses listrik.

Hiks…
Nah terkait badai ini, Presiden Joe Biden sendiri bilang kalo ini tuh jadi badai paling mematikan dalam sejarah di wilayah tersebut. Biden sendiri udah punya planning buat dateng langsung ke Florida dan memantau kondisinya secara in person. Terus, beliau juga udah merintahin langsung soal operasi pencarian dan penyelamatan buat korban bencana alam di sana.

Anything else?
Dari Florida, Badai Ian ini bergerak menuju South Carolina dan so far udah menyebabkan kerusakan di empat garis pantai di sekitar Myrtle Beach. Selain itu, badainya juga menyebabkan banyak pohon tumbang hingga menutup akses jalanan.