Anies Baswedan, Calon Presiden Dari Partai NasDem

42

Dear Indonesians, are you ready for Pilpres 2024?

Meet: Anies Baswedan.
Calon Presiden dari Partai NasDem.
 
Yoi. we’re getting realllyyyy close to our democratic party aka pesta demokrasi aka Pemilihan Presiden yang bakal digelar 14 Februari 2024 mendatang. To start it off, kemarin banget nih, Partai NasDem udah resmi mendeklarasikan calon presiden yang bakal mereka usung, guys. And yes, it is Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedaneverybody.

Kemarin banget nih???
Iya. Well, kayak yang pernah kita bahas sebelumnya, beberapa waktu lalu dalam Rakernas mereka, Partai NasDem tuh mengumumkan tiga nama untuk jadi bakal calon presiden yang mereka usung kan. Yaitu ada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.
 
Go on…
Nah, seiring berjalannya waktu, barengan sama survei-survei lembaga independen terkait elektabilitas mereka, ada banyak omongan lah siapa nih yang jadi capres-nya NasDem. Kalau Jenderal Andika kan udah obvious yah, anggota TNI aktif nggak bisa terjun dalam politik praktis. Terus, kalau Pak Ganjar yha obvious juga beliau kehalang partai politik di mana Pak Ganjar adalah kadernya PDI-Perjuangan. Nah tinggal Pak Anies nih, bukan TNI aktif, dan nggak terikat sama parpol manapun. Publik pun jadi menilai Pak Anies adalah capres paling potensial dari NasDem.

Terus terus?
Terus disampaikan juga sebelumnya kalau si Partai NasDem ini bakal mengumumkan capres pilihan mereka di tanggal 10 November mendatang. Eh, rupa-rupanya, kemarin banget nih, di NasDem Tower, Jakarta, Ketua Umum mereka Surya Paloh resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres, guysKenapa dipercepat, Pak Surya sih bilangnya karena kemarin itu dinilai hari yang baik gitu, guys. In his words, beliau bilang, “Lihat cahaya bulan, bintang, di kiri, di kanan, ah yasudah. Sesungguhnya itulah yang ada dalam pikiran saya.” On a serious note, birokrasi di NasDem itu nggak ribet. Musyawarah aja, mau deklarasi besok, ya udah gas. Gitu guys kira-kira.

But why him??
Masih dari pernyataan Surya Paloh, beliau meyakini anak-anak bangsa sekarang tuh pada baik-baik. Nah dari yang baik itu, akhirnya dipilihlah yang terbaik. “Why not the best,” katanya gitu. And the answer is, Anies Baswedan. Beliau dan Partai NasDem yakin aja sama pikiran dan perspektifnya Pak Anies. Lebih jauh, mereka juga meyakini perspektif yang Pak Anies punya either itu yang makro maupun yang mikro bisa sejalan to one another, guys. Last but not least, Pak Anies diyakini bisa mimpin bangsa ini jadi bangsa yang lebih bermartabat.

I believe Pak Anies has a say….
Well, dari kemarin-kemarin, Pak Anies tuh emang udah terang-terangan bilang mau jadi capres kalau ada parpol yang mau mengusung beliau. Sampai hadirlah Partai NasDem ini. Terus waktu acara deklarasi kemarin sih, beliau emang nggak banyak ngomong, guys. Beliau cuma bilang, “Dengan rida Allah dan dengan segala kerendahan hati, bismillah kami terima. Kami siap jalan bersama,” gitu.

WOW. So, is he that 
‘Calon Presiden’?
Not yet, guys. Beliau baru resmi diusung parpol aja, belum dinyatakan sah sebagai calon presiden. Cawapresnya juga belum ada. Dan bakal diserahkan sepenuhnya ke Pak Anies. Yha kalau mau daftar jadi presiden kan selain harus ada Cawapres dulu, harus lewat Komisi Pemilihan Umum aka KPU dulu dong, yang mana pendaftarannya sendiri bakalan dibuka tahun depan. Makanya sekarang Partai NasDem sebagai partai pengusung juga sibuk cari koalisi sana-sini biar presidential threshold yang merupakan syarat pencalonan presiden bisa passed.

Koalisi helps ygy.
Correct. Makanya sekarang Partai NasDem lagi sibuk pepet-pepetan sama parpol lain dan membentuk koalisi. Diantaranya yaitu PKS dan Partai Demokrat. Nah dengan ditetapkannya Anies Baswedan sebagai capres pilihan NasDem, dua partai itu menyambut baik gengs. Misalnya PKS, menurut Presiden PKS Ahmad Syaikhu, penentuan Pak Anies sebagai capres adalah hal yang tepat secara Pak Anies adalah sosok religius nasionalis, punya kapasitas, dan bisa jadi simbol perubahan bangsa.  The same also goes to Demokrat. Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra bilang partainya menyambut baik penentuan Anies Baswedan sebagai capres. Pak Anies dinilai punya keselarasan in terms of nilai-nilai yang dipegang sama partainya. Anies dan Ketua Umum Partai Demokrat, AHY pun punya relasi yang bagus dan dekat selama ini.
 
How about other parties?
Kamu harus tau nih, gengs. Ternyata, Partai NasDem bukan satu-satunya yang mendeklarasikan capresnya kemarin, guys. Yep, Partai Solidaritas Indonesia aka PSI juga men-declare capres yang akan mereka usung 2024 mendatang. Everybody, you met him before: Ganjar Pranowo. Disampaikan langsung Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, meskipun bukan kader PSI, pihaknya memilih Pak Ganjar karena Pak Ganjar emang pilihan terbaik yang mereka dapat dari hasil Rembuk Rakyat. Jadi semacam ngumpulin aspirasi masyarakat ke daerah gitu deh guys. Sampai akhirnya keluarlah nama Pak Ganjar ini. Pak Ganjar dinilai aware sama pola komunikasi Gen Z dan Millenials di mana beliau aktif banget di media sosial. Terus visi kebhinekaan dan kebangsaan yang Pak Ganjar pegang juga align sama PSI. Adapun calon Wakil Presiden yang PSI usung adalah Yenny Wahid, anaknya Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid aka GusDur.


Got it. Anything else I should know?
Btw we all should get ready for Pilpres 2024 nih guys, no matter what happens. Sekalipun ntar cuman ada satu pasangan calon yang mendaftar. Sesuai yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kalau cuman ada satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, KPU bisa nge-extend masa pendaftarannya. Nah tapi kalau tetep nggak ada, ya the show must go on dengan satu pasangan calon itu, guys. Makanya buat mencegah hal itu, UU Pemilu juga memberikan kewenangan buat KPU kasih sanksi ke parpol yang nggak ada nyalonin atau nggak gabung koalisi capres di mana mereka nggak bisa ikutan Pemilu 2029.