300 Ribu Warga Rusia Harus Ikut Wajib Militer

38

When there’s a new update on Russia-Ukraine…

Vladimir Putin is getting stronger and more powerful. Doi belom lama ini ngewajibin sekitar 300 ribu warganya buat ikut wajib militer alias wamil buat nambahin pasukan Rusia yang lagi menginvasi Ukraina.

Tell me more.. 
As we know, Russian invasion to Ukraine masih belom nemuin titik terang. Walaupun belum lama ini pihak Ukraina bilang kalo mereka udah berhasil ngerebut balik sebagian wilayahnya, tapi itu justru bikin ambisinya Putin makin menjadi-jadi. Pengamat politik bilang kalo dia jadi lebih berbahaya dan putus asa, gara-gara dapet pressure dari negaranya sendiri. Parahnya lagi, Putin juga ngasih ancaman bakal pake senjata nuklir dan ngumumin soal pencaplokan empat wilayah Ukraina. Terus, Putin sendiri bilang kalo ini tuh bukan sekadar gertakan aja, tapi he really meant all his words. 

Then? 
Nah untuk menambah tentaranya, akhirnya minggu lalu Putin memberlakukan wajib militer buat tiga ratus ribu warganya yang eligible. Nah gara-gara pada ngga mau, jadinya banyaaakk banget warga Rusia yang mencoba buat kabur. Para warga ini jadi memadati perbatasan untuk bisa melarikan diri ke Eropa. Bahkan, Kedubes AS di Moskow udah meminta warganya buat buru-buru kabur gara-gara orang yang punya kewarganegaraan ganda juga diwajibkan buat ikut wamil. Kebanyakan dari mereka coba kabur ke Kazakhstan, Georgia, atau Finlandia.

Okay.. 
Gara-gara ini juga, banyak pengacara yang kewalahan karena kebanjiran klien yang pengen buat menghindar dari wajib militer itu. Terus, nggak cuma itu, tiket penerbangan juga naik sampe 27%. Bahkan, tiket sekali jalan juga sempet naik sampe 73%. Bahkan menurut data pemesanan perjalanan udara, ada peningkatan pemesanan sampe tiga digit dari Rusia ke kota-kota di Georgia, Kazakhstan, Turki, Israel sampe Dubai.

Anything else? 
Anyway, awalnya Putin bilang kalo wajib militer tuh buat orang yang punya pengalaman militer. Tapi, lama-lama wajib militer ini nggak ngelihat catatan dinas, kesehatan, status bahkan usia. Jadi tiba-tiba aja, seseorang mendapatkan surat panggilan untuk ikut wamil dan mereka bakal langsung dibawa untuk mengikuti berbagai persiapan. Hal inilah yang bikin warga, khususnya yang ngga berpengalaman militer untuk memilih kabur ke luar negeri.