2% Spesies Zebra Paling Langka Punah

48

What about to go extinct?

Zebras in Kenya
Jadi, karena kekeringan parah yang berlangsung sampe dua tahun terakhir ini di Kenya, 2% spesies zebra paling langka sampe punah dan kematian gajah juga meningkat.

Tell me more.

Climate crisis is the only reason. Sampe sampe banyak banget satwa liar yang jadi korban. Parahnya lagi, bangkai hewan mati kaya jerapah atau ternak yang membusuk di tanah tuh udah jadi pemandangan biasa banget di sana. Ini tuh semata-mata terjadi karena krisis iklim bikin persediaan makanan dan air di alam liar jadi makin abis. Sedihnya, Grevy Zebra, spesies paling langka di dunia juga ikut kena dampak dari kekeringan ini.

Hiks 🙁
Nah menurut pendiri dan Direktur Eksekutif Grevy’s Zebra Trust, Belinda Low Mackey, tingkat kematian spesies bisa meningkat kalo terus-terusan nggak ada hujan yang signifikan. Bahkan, sejak Juni lalu aja udah ada 58 ekor Zebra Grevy yang mati dan jumlahnya terus meningkat. Bahkan nih ya guys, hewan yang paling tahan sama kering kaya unta aja ikut kena dampak. Padahal kan unta terkenal paling tahan hidup tanpa air.

Sedih banget 🙁
Yep, hal ini diperburuk dengan kemungkinan musim kering yang masih akan terjadi beberapa waktu ke depan. Kalo situasinya terus terusan kaya gini, para konservasionis khawatir akan makin banyak spesies yang terancam bakal mati kaya sekarang, dan mereka eventually punah 🙁 Selain hewan, yang kena dampak dari kekeringan ini juga termasuk komunitas penggembala yang memperburuk perburuan daging hewan liar.

Fyi.
Kekeringan ini jadi berdampak banyaknya orang yang terpaksa membunuh satwa karena mereka mulai mendekat ke rumah masyarakat demi cari makan dan minum. Bahkan, jumlah gajah yang mati karena alasan ini mencapai setengah dari totalnya di tahun lalu. Sementara di tahun 2012 sendiri, hampir 400 gajah hilang akibat perburuan.

Anything else?

Kekeringan di Kenya kali ini jadi kekeringan paling parah sejak Oktober 2020. Even PBB bilang kalo ini tuh kekeringan terparah sejak 40 tahun. Jadi selain hewan yang kena dampak, lebih dari 3 juta masyarakat udah ngalamin kekurangan air minum.