WHO : Akhir Dari Pandemi Covid-19 Sudah Di Depan Mata

23

Now here comes the good news: COVID-19 is about to end.

Hah? Beneran nih? Pandemi COVID-19 udah berakhir?

Remember the keyword guys, IT IS ABOUT TO END. Jadi, belom berakhir banget sih secara teknis, tapi World Health Organization aka WHO udah mengeluarkan pernyataan bahwa akhir dari pandemi COVID-19 udah di depan mata. (Uh, hello again worlddddd!!) 


Whooa tell me more!
Sure. Jadi, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus udah menyatakan minggu lalu bahwa dunia saat ini tuh ada di posisi yang sangat baik untuk segera mengakhiri pandemi COVID-19. Menurut Pak Tedros sih, ini adalah prediksi paling optimis dari WHO sejak status darurat internasional diumumin dari Januari 2020 lalu dan status pandemi tiga bulan kemudian.

Go on… 
Beliau juga menyebut bahwa pengobatan COVID-19 sama vaksinasi yang dilakukan di banyak negara sejauh ini udah berhasil banget mencegah lebih banyak kematian dan tingkat pasien rawat inap di dunia. Terus juga katanya, varian Omicron yang muncul terakhir itu nggak terlalu parah kalo dibandingin dari varian-varian yang muncul sebelumnya. The good news is kematian akibat COVID-19 pekan lalu dilaporkan ada di level terendah sejak Maret 2020 oleh WHO. So far sih, ada 606 juta orang di seluruh dunia yang udah terinfeksi Virus Corona dan 6,5 juta orang yang meninggal karenanya.

Then? 
Nah, another good news is……ahli panel WHO terkait COVID-19, Dicky Budiman bilang kalo mungkin banget bahwa status pandemi dicabut di akhir tahun 2022 atau selambat-lambatnya, di awal tahun 2023. Dia sih bilang kalo optimis banget status pandemi bisa segera dicabut karena dampak dan manfaat vaksin yang udah bisa dirasain banget sekarang ini. The other thing is dia bilang bahwa kondisi COVID-19 tuh nggak membaik di Tanah Air aja, tapi juga secara global udah nunjukin penurunan. Ini disebabkan oleh imunitas yang udah kebentuk di publik.

Bye-bye masks, I guess?!? 
Eits, jangan langsung kendor gitu dong prokesnya. Soal hal ini, Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril sendiri bilang kalo kita harus tetep disiplin soal protokol kesehatan, walaupun status pandemi udah dicabut nantinya. Nggak cuma itu, Pak Tedros dari WHO juga udah kasih warning nih, seandainya status pandemi dicabut, ini bisa bawa dunia keluar dari pandemi atau justru sebaliknya apalagi kalau prokes langsung kendor.

Then?? 
Nah, WHO nggak cuma ngumumin kabar bahagia soal akhir pandemi ini aja. WHO juga kasih panduan buat pemerintah, seandainya nanti status pandemi udah dicabut. Mulai dari pengujian, vaksinasi, pengelolaan rumah sakit, langkah pengendalian infeksi di fasilitas Kesehatan, pencegahan penyebaran informasi tidak benar dan keterlibatan masyarakat.

Anything else? 
Yup, pokoknya soal pengendalian virus dan protokol kesehatan nggak boleh kendor, deh.. Bahkan, Pak Tedros sendiri bilang bahwa pandemi ini ibarat lomba marathon. Jadi, negara-negara masih harus berlari keras buat ninggalin virus jauuuuuuhhh di belakang kita.