Ratu Elizabeth II Resmi Dimakamkan Di Windsor

16

Let’s start the day with the funeral of Queen Elizabeth II

Yup. Queen of England, Ratu Elizabeth II secara resmi telah dimakamkan di Windsor, setelah masa berkabung nasional selama sepuluh hari. Queen Elizabeth II passed away peacefully on 8 September 2022.

Tell me more. 
Jadi guys, Ratu Elizabeth II resmi dimakamkan di Windsor, setelah melakukan ibadah kematian di Westminster Abbey. Kemarin, the guests have had come since 11.00 waktu London atau 17.00 WIB. Acara puncaknya adalah mengheningkan cipta selama dua menit di seluruh Inggris untuk Ratu Elizabeth II dan dinyanyikan lagu “God Save the King” yang diubah setelah 70 tahun “God Save the Queen.” Nah, prosesi pemakamannya sendiri tuh ngelewatin jalan-jalan di London, terus ke kediaman kerajaan di Windsor hingga akhirnya Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kapel St.George, halaman Kastil Windsor.

Go on. 
Jadi, di hari pemakaman Ratu Elizabeth II kemarin itu sekaligus jadi hari libur nasional di Inggris. Otomatis, banyak bisnis, toko-toko dan sekolah tutup jadi mereka semua bisa nonton siaran langsung dari the funeral. Anyway, this is the first funeral for English Monarch yang diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18. Kali ini juga pertama kalinya kamera diizinkan selama upacara pemakaman pemimpin monarki Inggris.

Who’s coming? 
Selain keluarga Kerajaan Inggris (for sureeee..), sejumlah pemimpin dunia ikut hadir dalam acara pemakaman Ratu Elizabeth II. Presiden AS Joe Biden, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Raja Belgia Philippe dan Ratu Mathilde, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dan so on. 
 
But, guess who’s not invited? 
OfcPresident Putin yang nggak diundang gara-gara masalah invasi Rusia ke Ukraina, terus juga Presiden China Xi Jinping yang nggak diundang gara-gara masalah komunitas Uyghur di Xinjiang. Terus, Afghanistan dan Suriah juga nggak diundang gara-gara situasi politik di negara mereka sekarang. Indonesia sendiri sih diundang kok di acara pemakaman Ratu Elizabeth II.

What else? 
Berhubung ini adalah pemakaman Ratu Elizabeth II, the longest-reigning monarch in the monarchy, makanya seluruh negara harus pay attention to details. Maka dari itu, sekitar 125 bioskop nayangin pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II. Nggak cuma itu, taman, alun-alun, dan gereja-gereja juga masang layar buat nayangin acara pemakaman. Terus, hampir semua stasiun televisi kaya BBC, ITV dan Sky juga nayangin the funeral secara live. Pemakaman ini juga diperkirakan ditonton sama penonton yang jumlahnya lebih besar dari pemakaman Putri Diana di tahun 1997, Olimpiade London 2012 dan pernikahan kerajaan lainnya.
 
Fun Fact.. 
Guys, tau nggak sih kalo dateng ke pemakaman Ratu Elizabeth II juga ada aturan fashionnya? Ya pasti dong ya, secara ini kan acara kenegaraan besar juga. Di acara pemakaman, mereka harus pake busana berwarna hitam dan tidak ada warna cerah sedikit pun. Buat anggota keluarga kerajaan wanita, mereka harus pake busana formal dengan panjang selutut berwarna hitam. Yang khas juga, mereka biasanya pakai topi dan veil dengan warna yang senada.