Ratu Elizabeth II Meninggal Kamis 8 September 2022

49

Now, here’s your A to Z updates on the death of Queen Elizabeth II

You must have heard of it. Queen Elizabeth II passed away at the age of 96.  Yup, Ratu Elizabeth II, the Queen of United Kingdom and other Commonwealth realms, baru aja meninggal pada Kamis 8 September 2022 pukul 18.30 waktu setempat di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Okay. Where do we start? 
Dimulai ketika kondisi kesehatan Ratu Elizabeth yang mulai menurun pada Kamis pagi. Nah, sejak hari itu pihak istana udah menerbitkan pengumuman resmi bahwa kondisi sang Ratu menurun dan beliau tengah berada dalam pengawasan dokter kerajaan. Tapi, Ratu Elizabeth nggak dibawa ke rumah sakit, tapi tetep stay di Kastil Balmoral tadi.

Go on…
Pas banget ketika itu, seluruh anggota utama kerajaan lagi nggak ada yang stay di sana. Dan ketika kondisi kesehatan Ratu Elizabeth disebut memburuk, akhirnya informasi itu pun dikasih tau ke anggota kerajaan lain untuk segera pulang dan nemenin Ratu Elizabeth II. Pertama, Pangeran Charles langsung OTW ke Balmoral sama istrinya, Camilla aka Duchess of Cornwall. Setelah itu, semua anak-anaknya Queen Elizabeth II kayak Duke of York serta Count dan Countess of  Wessex juga segera datang. Setelah itu, Pangeran William, Pangeran Harry dan Meghan Markle juga langsung menuju ke sana.
 
And then…
Then pada Kamis sore, Ratu Elizabeth II meninggal dengan damai di kastil tempatnya banyak menghabiskan waktu musim panasnya tersebut. Ngga lama kemudian, pihak kerajaan kemudian memberikan pengumuman resmi tentang berpulangnya Sang Ratu dan saat ini, Inggris berada dalam masa berkabung nasional. Masa berkabung ini ditetapkan oleh Pemerintah selama 12-13 hari hingga sehari setelah pemakaman dilakukan.
 
🙁
Mulai dari kemarin hingga pemakamannya digelar pada 19 September nanti, berbagai rangkaian acara udah dijadwalkan, mulai dari penerimaan tamu resmi, latihan upacara pemakaman dan sebagainya. Nah, the funeral sendiri bakal dilakukan di Westminster Abbey. Rencananya, peti mati Ratu akan dibawa oleh pelaut dengan kereta meriam dan diikuti anggota senior kerajaan. Setelah acara ibadah, juga akan ada prosesi lain di Kapel St. George di Kastil Windsor.

Now, who’s leading the Monarch? 
You know it, so pasti sebagai Putra Mahkota, Pangeran Charles auto naik takhta dan akan menjabat dengan nama Raja Charles III. Charles yang sekarang usianya 73 tahun, jadi raja tertua yang naik takhta dalam sejarah Inggris Menurut Peter Harris, seorang profesor di Departemen Ilmu Politik Universitas Negeri Colorado yang lahir di Inggris, posisi barunya Charles ini akan lumayan challenging karena Charles bukan sosok yang mudah dihormati sebagai Raja. Apalagi ya, setelah skandal sama Camilla, dan perceraiannya dengan Putri Diana bikin dia lumayan jadi public enemy gitu deh. Tau sendiri kan, guys gimana Putri Diana itu jadi idola dunia pada masanya, terutama warga Inggris. Hmmm…

Did he say anything about the death of her mom?
Yep, Pangeran Charles bilang bahwa kepergian mamanya itu merupakan momentum kesedihan yang sangat berat. In his words: “I know her loss will be deeply felt throughout the country, the realms and the Commonwealth, and by countless people around the world. During the coming period of mourning, me and my family would be comforted and sustained by our knowledge of the respect and deep affection in which the Queen was so widely held.”
 
Hiks 🙁
Well, fyi guys Ratu Elizabeth diketahui udah memegang takhta kerajaan selama 70 tahun sejak dinobatin jadi Ratu Inggris di usia 25 tahun. Fyi, dia juga jadi pemegang takhta kerajaan Inggris terlama. Ratu Elizabeth yang lahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926 di London. She is the daughter of  Pangeran Albert, Duke of York (kemudian dikenal sebagai Raja George VI), dan Elizabeth Bowes-Lyon. Ratu Elizabeth dinobatin ketika ayahnya meninggal di tahun 1952. Proses penobatannya tuh juga jadi sejarah baru di Kerajaan Inggris. Dia jadi ratu pertama yang upacara penobatannya disiarin lewat tayangan televisi.
 
Another thing you should know…
Fyi lagi ygy, ternyata biaya pemakaman dari Ratu Elizabeth II bisa mencapai triliunan. Untuk biaya pemakaman Ratu Elizabeth II sendiri sih katanya biayanya nggak akan dilaporkan, tapi for some background aja, pemakaman Putri Diana menelan biaya setara dengan US$ 11,8 juta (Rp 173 miliar) pada tahun 1997. Terus, pemakaman untuk Ibu Ratu Elizabeth menelan biaya lebih dari 5 juta pound (Rp 86 miliar) pada tahun 2002. Jadi, ya you guys can imagine berapa biaya pemakaman dari Ratu Elizabeth II, the LONGEST-REIGNING MONARCH in British monarchy.