Ratu Elizabeth II Meninggal Kamis 8 September 2022, Hacker Bjorka Bocorkan Dalang Pembunuh Munir, Anies Baswedan Dipanggil KPK Terkait Formula E, Stress Berat Ibu Hamil Mempengaruhi Janin

36

Hi

Good morning. It’s been raining so hard lately in Catch Me Up! HQ, so if you’ve been experiencing heavy rains like us, consider this gentle reminder: Bring your umbrella, sip on warm coffee or tea, and take your vitamins daily. Take care!

Now, here’s your A to Z updates on the death of Queen Elizabeth II

You must have heard of it. Queen Elizabeth II passed away at the age of 96.  Yup, Ratu Elizabeth II, the Queen of United Kingdom and other Commonwealth realms, baru aja meninggal pada Kamis 8 September 2022 pukul 18.30 waktu setempat di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Okay. Where do we start? 
Dimulai ketika kondisi kesehatan Ratu Elizabeth yang mulai menurun pada Kamis pagi. Nah, sejak hari itu pihak istana udah menerbitkan pengumuman resmi bahwa kondisi sang Ratu menurun dan beliau tengah berada dalam pengawasan dokter kerajaan. Tapi, Ratu Elizabeth nggak dibawa ke rumah sakit, tapi tetep stay di Kastil Balmoral tadi.

Go on…
Pas banget ketika itu, seluruh anggota utama kerajaan lagi nggak ada yang stay di sana. Dan ketika kondisi kesehatan Ratu Elizabeth disebut memburuk, akhirnya informasi itu pun dikasih tau ke anggota kerajaan lain untuk segera pulang dan nemenin Ratu Elizabeth II. Pertama, Pangeran Charles langsung OTW ke Balmoral sama istrinya, Camilla aka Duchess of Cornwall. Setelah itu, semua anak-anaknya Queen Elizabeth II kayak Duke of York serta Count dan Countess of  Wessex juga segera datang. Setelah itu, Pangeran William, Pangeran Harry dan Meghan Markle juga langsung menuju ke sana.
 
And then…
Then pada Kamis sore, Ratu Elizabeth II meninggal dengan damai di kastil tempatnya banyak menghabiskan waktu musim panasnya tersebut. Ngga lama kemudian, pihak kerajaan kemudian memberikan pengumuman resmi tentang berpulangnya Sang Ratu dan saat ini, Inggris berada dalam masa berkabung nasional. Masa berkabung ini ditetapkan oleh Pemerintah selama 12-13 hari hingga sehari setelah pemakaman dilakukan.
 
🙁
Mulai dari kemarin hingga pemakamannya digelar pada 19 September nanti, berbagai rangkaian acara udah dijadwalkan, mulai dari penerimaan tamu resmi, latihan upacara pemakaman dan sebagainya. Nah, the funeral sendiri bakal dilakukan di Westminster Abbey. Rencananya, peti mati Ratu akan dibawa oleh pelaut dengan kereta meriam dan diikuti anggota senior kerajaan. Setelah acara ibadah, juga akan ada prosesi lain di Kapel St. George di Kastil Windsor.

Now, who’s leading the Monarch? 
You know it, so pasti sebagai Putra Mahkota, Pangeran Charles auto naik takhta dan akan menjabat dengan nama Raja Charles III. Charles yang sekarang usianya 73 tahun, jadi raja tertua yang naik takhta dalam sejarah Inggris Menurut Peter Harris, seorang profesor di Departemen Ilmu Politik Universitas Negeri Colorado yang lahir di Inggris, posisi barunya Charles ini akan lumayan challenging karena Charles bukan sosok yang mudah dihormati sebagai Raja. Apalagi ya, setelah skandal sama Camilla, dan perceraiannya dengan Putri Diana bikin dia lumayan jadi public enemy gitu deh. Tau sendiri kan, guys gimana Putri Diana itu jadi idola dunia pada masanya, terutama warga Inggris. Hmmm…

Did he say anything about the death of her mom?
Yep, Pangeran Charles bilang bahwa kepergian mamanya itu merupakan momentum kesedihan yang sangat berat. In his words: “I know her loss will be deeply felt throughout the country, the realms and the Commonwealth, and by countless people around the world. During the coming period of mourning, me and my family would be comforted and sustained by our knowledge of the respect and deep affection in which the Queen was so widely held.”
 
Hiks 🙁
Well, fyi guys Ratu Elizabeth diketahui udah memegang takhta kerajaan selama 70 tahun sejak dinobatin jadi Ratu Inggris di usia 25 tahun. Fyi, dia juga jadi pemegang takhta kerajaan Inggris terlama. Ratu Elizabeth yang lahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926 di London. She is the daughter of  Pangeran Albert, Duke of York (kemudian dikenal sebagai Raja George VI), dan Elizabeth Bowes-Lyon. Ratu Elizabeth dinobatin ketika ayahnya meninggal di tahun 1952. Proses penobatannya tuh juga jadi sejarah baru di Kerajaan Inggris. Dia jadi ratu pertama yang upacara penobatannya disiarin lewat tayangan televisi.
 
Another thing you should know…
Fyi lagi ygy, ternyata biaya pemakaman dari Ratu Elizabeth II bisa mencapai triliunan. Untuk biaya pemakaman Ratu Elizabeth II sendiri sih katanya biayanya nggak akan dilaporkan, tapi for some background aja, pemakaman Putri Diana menelan biaya setara dengan US$ 11,8 juta (Rp 173 miliar) pada tahun 1997. Terus, pemakaman untuk Ibu Ratu Elizabeth menelan biaya lebih dari 5 juta pound (Rp 86 miliar) pada tahun 2002. Jadi, ya you guys can imagine berapa biaya pemakaman dari Ratu Elizabeth II, the LONGEST-REIGNING MONARCH in British monarchy.

When everybody’s eyes are on…..

Hacker Bjorka.
Yoi guys. Over the weekend kemarin, setelah ribut-ribut sama data pribadi yang bocor, netizen +62 dibikin heboh lagi sama satu oknum yang nge-hack website-nya Kominfo dan ngerecokin berbagai dokumen rahasia punyanya pemerintah, guys. So everybody, meetHacker Bjorka.

Wait, I need some background here.
You got it. Jadi Bjorka ini adalah sosok anonymous misterius yang pertama kali muncul di jagad internet baru-baru ini. Pertama kali muncul di Twitter, dia sendiri by all suddens ngeklaim kalau doi udah punya akses ke 105 juta data WNI plus 1,3 miliar data SIM Card milik orang Indonesia yang terdiri dari NIK, nomor telepon, operator selulernya, sampai tanggal registrasi SIM Card-nya. Nah selain nge-hack, si Bjorka ini kerjaannya juga doxing aka membocorkan data pribadi orang-orang tertentu, guys. Mulai dari Menkominfo Johnny G. Plate sampai aktor dalang pembunuh Munir.

Idc about 
Plate, BUT MUNIR???
Yes, Kejadiannya tuh dimulai ketika Bjorka udah rame ke-notice sama netizen Indonesia. Di situ netizen pada nantangin doi buat mengungkap dalang pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib September 2004 lalu. Ibarat kata ‘Your wish is my command’ beneran dicari lah sama Bjorka, guys. Eh ketemu, yaitu atas nama Muchdi Purwopranjono. But here is the thing, seiring dengan penemuan ini, Bjorka juga melakukan doxing aka membocorkan data pribadi punyanya Muchdi, guys. Mulai dari nomor telepon, email, NIK, nomor KK, alamat, sampai data vaksin. Data vaksin-pun ada, geez! Alhasil banyak orang yang ngide menghubungi nomor yang ada tapi nggak ada balasan apapun dari seberang sana eheheheh.

Serem banget plzzz
Remember Bjorka juga melakukan doxing terhadap Menkominfo Johnny G Plate? Yep, Sabtu kemarin, bertepatan dengan ulang tahun Pak Menteri, si Bjorka tuh ada kasih birthday wishes gitu, guys. Tapi yha gitu, bersamaan dengan birthday wish-nya, terlampir juga data pribadi Pak Johnny berupa NIK, Nomor kartu keluarga, alamat, nomor telepon, nama anggota keluarga, sampai ID vaksinnya Pak Johnny, gengs.

Shizzzz….
Nah puncaknya, Bjorka mengklaim dirinya udah ngehack berbagai data rahasia milik pemerintah, termasuk di antaranya surat rahasia yang dikirimkan Badan Intelijen Negara kepada Presiden Joko Widodo. Merespons hal ini, Jubir BIN, Wawan Hari Purwanto mengklarifikasi bahwa data yang tersebar itu adalah hoax, guys. Lebih jauh, Pak Wawan bilangnya dokumen yang dikelola BIN aman terkendali, terenkripsi secara berlapis, dan dokumennya juga pakai samaran. Apalagi kalau itu dokumen dikirimkan ke presiden, protection-nya nggak mungkin abal-abal dong.

OK…
But apakah Bjorka berhenti di situ? Yha nggak dong. Masih dari serangkaian tweet yang diunggah di akun Twitter-nya kemarin banget nih, Bjorka nyindir-nyindir berbagai public figure. Mulai dari Ketua DPR RI, Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, sampai Denny Siregar. Adapun sindiran ke Mbak Puan Maharani dilayangkan related to acara surprise ulang tahunnya yang bertepatan dengan demo masyarakat menolak kenaikan Harga BBM. Masih ngeributin BBM, Bjorka juga ikutan nyindir Erick Thohir dan menyebut kalau Pak Erick nggak akan pernah bisa jadi presiden. Last but not least, Bjorka juga nge-mention salah satu influencer yakni Denny Siregar dan bilang kalau Denny tuh pakai internet cuman buat nge-polarize orang-orang doang.

Ok. Do we know the reasons after all?
Yes. Masih dalam keterangannya yang di-upload di Twitter, Bjorka terang-terangan bilang betapa mudahnya membobol data yang dikelola pemerintah Indonesia. Terus, speaking of the reason, Bjorka secara jujur bilang kalau dia emang sengaja melakukan aksinya ini on behalf seorang temennya, orang Indonesia yang tinggal di Warsawa, Polandia. Nah si orang Indonesia ini, punya hubungan yang dekat sama Bjorka sejak dia lahir, guys. Dalam penuturannya, Bjorka juga bilang temennya ini pengen banget balik ke Indonesia and do something with Indonesian technologies tapi susah since dia udah kehilangan kewarganegaraan due to peristiwa 1965, sampai akhirnya beliau meninggal tahun lalu, dia nggak pernah sempat balik ke Indonesia lagi. Makanya Bjorka ngelakuin semua ni buat si temennya itu katanya.

So, where are we going from here?
Nah terkait data yang bocor ini, Badan Siber Sandi Negara aka BSSN menyebut pihaknya udah melakukan penelusuran terhadap beberapa dugaan data yang bocor  dan validasi terkait data-data yang udah dipublikasikan. In that sense, BSSN udah berkoordinasi dengan sejumlah PSE dan melakukan berbagai langkah mitigasi supaya cyber security-nya tetep kuat dan aman biar nggak ada lagi risiko-risiko sejenis ini kedepannya. Meanwhile, di kantor kepresidenan, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono bilangnya si Bjorka nih udah melanggar UU ITE, dan pasti bakalan diproses secara hukum dan bakal dicari itu si Bjorka sampai ketemu.

Okay anything else I should know?
Well, kalau kamu ketemu akunnya Bjorka and kamu dapat spill-spill-an data pribadi orang yang dia share, pls pls pls banget jangan di-share lagi ya, guys. Karena kalau kamu share lagi, you’re exactly doing the same thing like Bjorka did. Yep, doxing. Nah, doxing ini bahaya banget guys, aturannya ada dalam UU ITE, dengan ancaman yang nggak main-main. Terus, Bjorka aja bisa banget ditemukan, apalagi kamu. So pls, intinya kalau nggak sengaja keliat, udah jangan reshare lagi. Jangan doxing. Sip?
Kalau boxing baru boleh ehehehehe.

Who’s still not over with Formula E?

All JKT people, 
including the Governor, Anies Baswedan.
Yep. Di tengah masyarakat kita yang udah siap-siap buat 2024 aka tahun politik dan political tension sekarang lagi kenceng-kencengnya,  hari Rabu minggu lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil KPK terkait dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E, guys.

WHATTT???
Iya. Jadi Formula E Jakarta tuh kan emang udah kelar, ygy. Sukses pula. However, drama, konflik, dan sejumlah tanda tanya dibalik suksesnya Formula E masih belum selesai juga, guys. Salah satunya adalah terkait laporan keuangan termasuk laba rugi penyelenggaraan acara itu yang mana duitnya ada yang berasal dari APBD DKI Jakarta sebagai commitment fee yang dibayar ke Formula E Operation kan. Makanya banyak pihak diperiksa terkait keuangan Formula E ini guys, mulai dari DPRD DKI, para pejabat di Pemprov, sampai Gubernur DKI Jakarta sendiri, Anies Baswedan.
 
Go on…
Adapun Pak Anies memenuhi undangan KPK dan diperiksa hari Rabu minggu lalu. Beliau diperiksa selama 11 jam, gengs. Nah kenapa bisa lama banget, Ketua KPK Firli Bahuri menyebut lamanya waktu diperiksa tuh tergantung dari pengetahuannya tentang suatu peristiwa. Dia tahu, dia mengalami, dia mendengar, dia ngeliat sendiri. Nah itu empat unsurnya, yang bikin prosesnya jadi lebih panjang karena pertanyaan yang dilempar juga banyak.

I see…
 Terus Pak Aniesnya?

Pak Anies-nya yha kayak biasa aja. Udah selesai diperiksa, keluar gedung KPK menghadapi wartawan senyumnya merekah. Pak Anies sih berharapnya apa yang udah dia sampaikan selama 11 jam itu bisa kasih titik terang terhadap penyelidikan KPK dalam kasus ini. Beliau juga seneng-seneng aja kasih keterangan di KPK karena niatnya cuma mau bantu.

Did anyone say anything?
Ada dong. Let’s hear it langsung dari eks Pimpinan KPK Bambang Widjojanto. Menurut Pak BW, KPK tuh jangan cari-cari alasan dan sembarangan mentersangkakan Pak Anies, apalagi di tengah situasi pemanasan 2024 begini, kegaduhan kayak gini tuh cuman makin nunjukin proses penegakan hukum Indonesia yang rapuh yang dan nggak bisa kasih kepastian dan keadilan buat masyarakatnya, guysNot to mention nama Anies Baswedan yang rame disebut sebagai bakal calon Presiden 2024 mendatang.
 
OK, anything else?
Talking about Formula E, sebenernya event mobil listrik itu bisa dibilang memberi dampak ekonomi yang positif terhadap Jakarta, guys. Menurut data dari lembaga riset Insititute for Development of Economic and Finance (Indef), Formula E  memberikan dampak ekonomi dengan nilai total Rp 2,638 triliun bagi DKI Jakarta, atau dengan kata lain berkontribusi 0,08 persen pada pertumbuhan ekonomi daerah pada 2022. Terkait hal ini, Kepala Pusat Makro dan Keuangan Indef Rizal Taufikurahman menyebut bahwa dengan adanya event tersebut, ekonomi Jakarta menambah potensinya sebesar Rp2,63 triliun terhadap kegiatan ekonomi dalam satu tahun.

Now, if you or someone you know is pregnant…

Be careful of high stress.
Karena ternyata stres berat yang dialami ibu itu ngaruh banget guys sama kesehatan janin. Jadi dalam hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal Infancy minggu lalu, ditemukan bahwa ketika seorang ibu hamil mengalami stres yang berat, maka anak yang dilahirkannya akan lebih banyak menunjukkan emosi-emosi ketakutan, kesedihan dan stres dalam usia tiga bulan, dibandingkan dengan bayi yang ibunya chill pas lagi hamil. Terus ditemukan juga bahwa pada ibu yang pas hamil stres, maka anaknya bakal lebih sering nampak marah, nangis dan ngga nyaman ketika ditinggalkan di tempat tidur sendirian. Mereka juga cenderung memperlihatkan ketidaknyamanan, tantrum, sampe lebih ngga familiar ketika diperkenalkan pada orang dewasa yang ngga asing. Dalam keterangannya, Dr. Marian Earls selaku ketua dari American Academy of Pediatrics Council on Healthy Mental & Emotional Development menyebutkan bahwa memang ketika dalam kandungan, seorang anak dari ibu yang stres akan mendapatkan “toxic stress” dari sang ibu. Hal ini kemudian akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan otak anak, sistem imun hingga genetiknya.
 
Clap clap buat kamu yang ngga ragu ngasih tempat duduk di kereta buat ibu hamil padahal stasiun kamu masih jauh…

“Kalau jarak duduknya berjauhan, saya tidak mau. Saya tinggal pulang.” 

Gitu guys kata Pak Presiden Joko Widodo pas bercerita soal pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin Juni lalu. Jadi dalam kunjungannya yang bertujuan untuk mengupayakan perdamaian antara Ukraina dan Rusia itu, Pak Jokowi bercerita bahwa awalnya beliau dikasih duduk dengan jarak 5 meter sama Putin. Beliau kemudian menolak dan minta duduk berdekatan. Terus kalo beneran jarak ngomongnya 5 meter sih mending w pulang aja. Hal ini kemudian disepakati oleh pihak Putin dan akhirnya keduanya duduk berdekatan.
 
When you can’t make social distancing as an excuse anymore…

Announcement


Thanks to Someone & Khanza for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Vitamin D is really important for your health. Get to know more about it here.