Puan Maharani Dilaporkan Melanggar Kode Etik

30

When you’ve been happy a birthday surprise is thrown at you…

Wait until you hear about:
Dugaan pelanggaran kode etik.
 
Yoi. Hal itu yang sekarang terjadi sama Ketua DPR RI, Puan Maharani, guys. Waktu di-surprise-in ulang tahun pas rapat DPR kemarin, later on dia juga dilaporkan atas pelanggaran kode etik ke Mahkamah Kehormatan Dewan aka MKD.
 
Wait, background pls. 
You got it. So everything started di tanggal 6 September kemarin. Kayak hari biasa aja para anggota DPR termasuk para wakil ketua dan ketua lagi rapat membahas Laporan Kinerja DPR Tahun 2021/2022. Nah rupanya tanggal 6 September itu adalah hari ulang tahunnya Mbak Puan Maharani, guys. Jadi begitu Mbak Puan selesai kasih sambutan, langsung riuh lah ruang rapat rame sama lagunya Jamrud “Selamat Ulang Tahun’ dan para anggota dewan di situ pada berdiri, nyanyi-nyanyi dan kasih surprise ke ketua mereka yang lagi ulang tahun itu, guys.  
 
Wkwkw okay…
Well, sebenarnya yha sah-sah aja mau kasih surprise dan ngerayain ulang tahun. Kita juga sering begitu di kantor ygy. But the thing is, Mbak Puan tuh nggak men-skors rapatnya dulu, guys. That being saidsurprise ulang tahun itu diadain ditengah-tengah agenda negara which is rapat paripurna DPR. Ditambah lagi, keadaan mereka seneng-seneng di dalam situ tuh dianggap nggak sensitif sama masyarakat yang lagi sibuk-sibuknya berunjuk rasa right in front of gedung DPR untuk menolak kenaikan harga BBM. Dari situ, Mbak Puan lalu dilaporkan oleh seorang aktivis 98 sekaligus Ketua Kaukus Muda Anti Korupsi, Joko Priyoski, atas pelanggaran kode etik ke Mahkamah Kehormatan Dewan DPR deh.
 
Ya ampun. Terus terus?
PDI-Perjuangan langsung pasang badan dong. Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan, Junimart Girsang bilangnya birthday surprise-nya Mbak Puan tuh nggak melanggar kode etik apapun. Lebih jauh, Junimart juga bilang hal itu cuma sebatas spontanitas doang dan Mbak Puan pun nggak mengharapkan situasi itu, katanya. Bukan maunya Mbak Puan juga, katanya gitu. Terus, terkait laporan ke MKD, laporan itu udah masuk dan udah dibahas di rapat pleno MKD kemarin banget nih, gengs.
 
Jadi hasilnya udah ada?
Udah. Hasilnya, jeng jeng… Mahkamah Kehormatan Dewan memutuskan birthday surprise Puan Maharani nggak melanggar kode etik, guys. Wakil Ketua MKD, Nazaruddin Dek Gam menyampaikan Mbak Puan tuh nggak merayakan ulang tahunnya waktu rapat, dia cuma menerima ucapan aja dari temen-temennya para anggota dewan karena di hari yang sama dia lagi ulang tahun. That’s it. Dan nggak ada bukti terkait pelanggaran kode etik kayak yang dilaporkan, katanya.

I see. Anything else?
Btw kamu masih inget Bjorka? Itu loo hacker yang kita bahas kemarin. Nah, terkait birthday surprise-nya Mbak Puan juga ke-notice sama Bjorka ini, guys. Dalam akun Twitter-nya, dia bilang, “Apa kabar Bu @puanmaharani_ri? Bagaimana rasanya merayakan ulang tahun ketika banyak orang memprotes harga BBM tepat di depan kantor Anda?”