Presiden Xi Jinping Dikudeta Pihak Militer

42

Who just got arrested but everyone is doubtful?

President of China, Xi Jinping. Katanya sih, katanya lho ya, you should underline the word KATANYA, Presiden Xi Jinping dikudeta sama pihak militer dan ditahan oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

What?!? 
Jadi, guys, baru banget nih beredar rumor di sejumlah sosial media kalo Xi Jinping lagi mengalami kudeta dan jadi tahanan rumah. Tapi, pihak Pemerintah China sendiri belom ngeluarin statement apapun secara resmi. But on the other side, rumor soal Xi Jinping yang jadi tahanan rumah ini semakin mencuat di berbagai platform termasuk Twitter.

Go on.
 
Di Twitter sendiri, udah tersebar beberapa video yang nunjukkin mobilitas kendaraan militer yang lagi OTW ke Beijing. Terus, kabarnya juga sekitar 59% penerbangan di China dibatalkan. Terus, akun Twitter yang punya ribuan followers juga nge-share soal kudeta terhadap Xi, bahkan kandidat yang berpotensi bakal gantiin Xi. But then again, ngga ada satu pun dari informasi itu yang terbukti secara resmi atau terverifikasi. Bahkan, banyak akun-akun itu profilnya anonim.

Who would replace him?
 
Salah satu kandidat yang digosipin bakal gantiin Xi Jinping adalah Li Qiaoming.  Dia sendiri seorang jenderal dari militer China alias PLA. Info ini disebarin sama salah satu akun Twitter India, termasuk salah satu politikusnya, Subramanian Swamy. Selama ini sih, Li emang dianggap jadi pesaing Xi Jinping.

So, is it a hoax? 
Menurut sejumlah pengamat China sih, sejauh ini emang nggak ada tanda-tanda kudeta. Mereka bilang kalo semua yang ada di media social itu cuma sekedar rumor aja. Misalnya aja akun Twitter Aadil Bar, yang mengaku sebagai pakar China. Dia bilang kalo Xi kemungkinan lagi karantina setelah Kembali dari pertemuan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).
 
Anything else? 
Walaupun berita ini masih belum bisa dikonfirmasi secara benar, rumor ini beredar di tengah kondisi ekonomi China yang lagi kurang baik. Menurut data CNN, di kuartal kedua tahun ini, ekonomi China tumbuh 0,4%. Terus, menurut Biro Statistik Nasional China bilang angkanya lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang bisa mencapai 4,8%. Kalo soal ekonomi ini sih, mostly karena China nerapin lockdown super ketat since the beginning of the pandemic, bahkan sampe sekarang.