Presiden Filipina Bertemu Presiden Jokowi di Indonesia

19

Who’s having some neighbour-y visit?

The Philippines new president.
Yep, Presiden Filipina yang baru, Marcos Jr alias Bongbong baru aja dateng ke Indonesia dan meet up sama Presiden Pak Jokowi ni guys. Adapun pertemuannya digelar pada Senin (5/9) kemarin dan katanya sih, mereka ngomongin sejumlah isu dan kerja sama bilateral gitu deh.

Eh, kepo dong.. Ngomongin apa aja sih? 
Presiden Filipina sama Indonesia ketemu, kira-kira ngomongin apa aja ya? Yaaaa, yang jelas kaya makanan korbeq all you can eat alias daging semua gitu deh. Banyak hal sih yang dibahas dari pertemuan mereka.  Pertama, bahas soal kerja sama perdagangan kedua negara yang naik hampir 50%. Terus, soal keterlibatan BUMN di proyek pembangunan di Filipina. Ada juga pembahasan soal perjanjian pengamanan perbatasan, defense and security, dan terakhir, keduanya bahas soal penguatan posisi ASEAN dan ASEAN Outlook on the Indo Pacific.

Banyak ugha yha…
Yoi… Nah fyi nih ya guys, Marcos Jr ini baru aja dilantik jadi Presiden Filipina pada Juni lalu, jadi ini adalah kunjungan dinas luar negeri pertamanya Bongbong, spesial banget kan?
 
Iya… kok bisa?
Well, dalam keterangannya Bongbong, ada beberapa alasan kenapa Indonesia jadi tujuan pertama dia untuk dinas luar negeri. Pertama, karena Filipina sama Indonesia dekat secara geographically, terus juga karena kedua negara juga dekat in a way of culture and ethnicity. Saking deketnya, Bongbong sampe bilang bahwa dateng ke Indonesia tuh feels like home.
 
WOW.
Yep, hal ini karena sambutan Indonesia yang dirasanya sangat hangat dan ramah. FYI lagi gengs, ini juga pertama kalinya buat Bongbong dateng ke Jakarta. Dia sih ngaku seneng banget karena kunjungannya diterima dengan baik di Indonesia. Oiya, dia juga bilang soal diplomatic relationship sama Indonesia yang udah berlangsung selama 75 tahun. Dan, ini tuh salah satu the longest relationship-nya Filipina dengan negara lain.
 
OK. Anything else?
Kamu juga perlu tahu guys bahwa terpilihnya Bongbong ini lumayan mendatangkan banyak kontroversi @home aka di Filipina. Hal ini adalah karena Bongbong merupakan anak dari Ferdinand Marcos, diktator Filipina yang menjabat di era 60-80an. Pada masa pemerintahannya, Marcos sempat memberlakukan status darurat yang mengatur bahwa pemerintahan adalah doi aja, both sebagai legislatif dan eksekutif. Dengan aturan ini, maka otomatis mereka yang berlawanan sama Marcos bsia dipersekusi. Nah Tepilihnya Bongbong dalam pemilu demokratis Juni lalu juga dipandang pengamat internasional sebagai “greatest political comeback in recent history” karena kayak, kok bisaaa anaknya diktator kepilih jadi presiden? Iyaaa kayak kamu juga pasti bakal kaget kan kalo tiba-tiba anaknya keluarga cendana jadi RI 1 EHEHEHEHE.