PM Jepang Shinzo Abe Resmi Disemayamkan Kenegaraan Selasa Kemarin

42

Who’s just had a state funeral?

Japan.
 
Yang setelah berbulan-bulan diwarnai pro dan kontra, akhirnya mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe yang meninggal gara-gara ditembak disemayamkan secara resmi kenegaraan pada Hari Selasa kemarin. Abe sendiri ditembak bulan Juli lalu ketika tengah berkampanye di kota Nara menjelang pemilu. Diketahui kemudian, pelaku penembakan Abe ternyata ngga suka sama kelompok keagamaan yang Abe ikuti.
 
Dalam upacara pemakaman kenegaraan ini, ada sekitar 4.300 tamu yang hadir di lokasi acara yang bertempat di Nippon Budokan Arena di Tokyo. Nampak di antaranya Wakil Presiden AS Kamala Harris, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, dan Indonesia sendiri diwakili oleh Wapres Maruf Amin. Acara tersebut diisi dengan dibawanya abu dari jasad Abe ke lokasi acara, dan diputar juga video penghormatan yang berisi karier dan pencapaian Abe. Lalu ada juga upacara resmi kenegaraan, tembakan perhormatan, hingga penampilan musik.
 
Nah gengs, meski jadi perdana menteri yang paling lama menjabat di Jepang, namun upacara resmi ini juga menerima banyak penolakan dari masyarakat Jepang, khususnya terkait biaya dan kebijakan Abe yang dinilai kontroversial ketika masih menjabat. Nonetheless, the show still went on…