Penyebaran Wabah Ebola Di Uganda

14

Another disease is coming…

Ebola.
Yep, baru aja negara di Afrika yakni Uganda mengumumkan penyebaran wabah Ebola setelah ditemukannya satu warga yang meninggal karena penyakit tersebut.
 
Ebola tuh apa?
Jadi ebola nih penyakit menular mematikan yang bahaya banget gengs. Adapun gejalanya adalah batuk kering, demam, muntah darah, pendarahan di mata dan ujungnya adalah meninggal. Adapun penularannya bisa dari kontak langsung dengan hewan yang tertular (biasanya dari kalelawar) atau juga kontak sama penderitanya, baik yang masih hidup maupun udah meninggal. Ebola sendiri banyak ditemukan di Benua Afrika seperti di Sudan, Kongo, dan wilayah Afrika Barat lainnya. Terus kamu harus tahu bahwa sejauh ini, belum ada vaksin yang dinilai efektif untuk mencegah ebola khususnya varian Sudan.
 
Hiks terus…
Nah terus, selain kematian satu orang pemuda yang masih berusia 24 tahun itu, enam orang lainnya yang juga terkait sama si pemuda telah diperiksa. Adapun awalnya, pemuda tersebut masuk rumah sakit karena sesak napas dan diare. Setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, diketahui bahwa dia mengidap virus ebola dan kondisinya memburuk dengan cepat. Eventually minggu lalu, pemuda tersebut meninggal. Menurut Dr. Matshidiso Moeti, Direktur Regional WHO untuk Afrika, ini adalah kali pertama dalam lebih dari satu dekade ada jenis Ebola Sudan.
 
Really?
Yep, It’s been 10 years since the last time Uganda reported Ebola cases. Jadi, terakhir Uganda melaporkan wabah Ebola varian Sudan tuh di tahun 2012. Waktu itu, ada 17 orang yang tewas dari 24 kasus yang diidentifikasi. Terus, wabah lainnya adalah jenis Ebola varian Zaire yang muncul di tahun 2019, dan menyebabkan kematian gadis Kongo berusia 9 tahun. Menurut WHO, Uganda sendiri udah ngalamin empat kali wabah Ebola. Yang paling mematikan di tahun 2000, Ketika lebih dari 200 orang tewas.
 
Anything else? 
Uganda sendiri berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo yang juga ngalamin kebangkitan wabah Ebola tahun ini. Kalo kata WHO sih, vaksinasi untuk varian Zaire udah disetujuin tapi kalau untuk varian Sudan masih belum diuji. Karenanya, ngga memungkinkan untuk memvaksinasi warganya untuk varian Sudan ini. Satu-satunya cara adalah pencegahan melalui edukasi, guys.