Gorbachev Mantan Presiden Uni Soviet Meninggal Dunia

29

Who’s saying goodbye in Russian?

Mikhail Gorbachev.

Yep guys, kamu pasti sering denger namanya di buku sejarah sebagai mantan presiden Uni Soviet yang berpengaruh banget karena mengakhiri perang dingin yang berlangsung di era 90an. Nah kemarin, otoritas resmi di Rusia mengumumkan bahwa Gorbachev yang berusia 91 tahun meninggal dunia. Adapun penyebab meninggalnya adalah sakit yang emang udah lama dideritanya.
A little about him, jadi Gorbachev ini merupakan presiden terakhir Uni Soviet yang menjabat di tahun 1985. Pada periode itu tengah terjadi perang dingin antara Blok Barat (AS dkk) dan Blok Timur (Uni Soviet dkk) yang menyebabkan polarisasi negara-negara di dunia.
Nah selama masa jabatannya, Gorbachev banyak melakukan reformasi seperti meningkatkan ekonomi dan membuat pemeritah lebih transparan. However, reformasi yang dibawa Gorbachev juga menyebabkan aksi protes yang berakhir dengan terpecahnya Uni Soviet jadi 15 negara, dan yang terbesar sekarang adalah Rusia seperti yang kita kenal. Atas perannya mengakhiri pemerintahan bertangan besi aka “Iron Curtain” dan mengakhiri perang dingin ini, Gorbachev mendapatkan nobel perdamaian di tahun 1990.
Terkait meninggalnya Gorbachev, Presiden Vladimir Putin udah menyampaikan langsung rasa belasungkawanya. Begitu juga Sekjen PBB Antonio Guterres yang bilang bahwa Gorbachev adalah negarawan yang gaada tandingannya.