Gempa 6,6 SR di China Ketika Sedang Lockdown, Green Jobs Untuk Mendapatkan Benefit Dimasa Depan, Liz Truss Resmi Jadi Perdana Menteri Inggris, Makanan Beresiko Kanker Kolorektal & Sakit Jantung

40

Good morning

Hi there, it’s Wednesday already, so as always… it’s podcast time! While here, we will bring you some sad news from China, jobs that got affected by climate crisis, the new PM of the UK, to why you should reallllly avoid burgers and donuts. Hiks….

When people are grieving…

In China. 
Hiks. Another disaster hit China, tepatnya di kota Chengdu, Sichuan, China. Hal ini jadi makin bikin warga desperate banget, karena di saat Chengdu lagi nerapin another lockdown because of COVID-19, gempa bumi berkekuatan 6,6 SR juga terjadi di sana pada Hari Senin lalu.

🙁 Tell me more. 
Well, jadi gempa ini memiliki kekuatan 6,8 SR dan bikin berbagai infrastruktur di Chengdu seperti telekomunikasi, listrik dan air terpengaruh. Terus hingga Selasa siang kemarin, korban tewasnya udah mencapai 65 orang dan sekitar 250 orang menjalani perawatan medis karena luka-luka, dan puluhan orang berkondisi kritis.

Haduh sedih 🙁
Rite? Terus menurut keterangan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa yang terjadi di Chengdu itu lokasinya sekitar 43 km wilayah southeast Kangding City, di provinsi Sichuan pada kedalaman 10 km. Sejauh ini sih, rescuers udah berhasil mengevakuasi lebih dari 200 orang yang kejebak di wilayah gempa. Nggak cuma itu, petugas juga udah berhasil memulihkan layanan telekomunikasi, pasokan listrik, air dan juga menyalurkan pasokan makanan ke warga yang terdampak gempa.

What else happened?
Ngomong-ngomong soal dampak bencana, di Luding yang jadi area pusat gempa, infrastruktur listrik, air sampe telekomunikasi tuh hancur parah. Nggak cuma itu, they predicted ada sekitar 243 rumah yang ambruk dan 13.010 rumah lainnya mengalami kerusakan. Parahnya lagi, empat hotel dan ratusan rumah yang dipakai buat penginapan alias homestays juga kena dampak gempa.

Terus mana lagi lockdown yah?
Iya, bencana gempa bumi ini terjadinya pas banget ketika pemerintah kota Chengdu lagi nerapin lockdownAturan lockdown ini berlaku sejak 1 September 2022 kemarin. Dalam aturan tersebut, warga setempat dilarang pergi keluar kota kalo nggak ada keperluan khusus. Mereka juga diminta buat stay at home, just like what we did during the early days of pandemic. Terus, cuma ada satu anggota keluarga yang boleh keluar rumah, tapi dengan syarat negative COVID-19. Sejauh ini, masih belum tau kapan aturan lockdown itu bakal dicabut.
 
OMG…
Nah guys, meski lagi diguncang gempa, otoritas di China tetap memastikan supaya lockdown tetap diterapkan dengan ketat, salah satunya adalah memastikan semua rescue workers tuh pake APD yang sesuai. Adapun lockdown ini ngga hanya berlaku di Chengdu, tapi juga di 33 kota lainnya yang jadi rumah buat sekitar 65juta orang. Kebijakan ini dinilai banyak pihak diterapkan pemerintahannya Xi Jinping menjelang libur nasional minggu ini, jadi supaya ngga pada traveling, guys.
 
Tapi emang… pada ga bosen?
Bosen banget. Pas strict lockdown yang sama diberlakukan di Shanghai pada Juni lalu, warga sampe protes dari balkon rumahnya karena mereka beneran ga boleh keluar rumah samsek. Terus mana lockdown-nya berjalan lama banget sampe dua bulan lagi. Aksi protes tadi tentunya jadi pemandangan yang jarang banget terjadi, mengingat sistem pemerintahan China yang komunis dan satu partai aja kerap bikin warga manut aja sama kebijakan dari pemerintahannya Pak Xi.

OK. Anything else?
Fyi, balik lagi ke earthquake. Ini adalah the strongest earthquake in Sichuan sejak tahun 2017. Bahkan, getarannya bisa dirasakan sama orang yang tinggal di Provinsi Shaanxi dan Guizhou, yang jaraknya hundreds of kilometers. Terus guys, gempa ini juga ngga cuma bikin banyak warga terjebak di sekitar perumahan, namun ada lebih dari 200 orang terjebak di Hailuoguo, tempat wisata popular yang famous karena gletser, hutan, dan puncak gunungnya. So far, rescuers masih berupaya buat buka jalan demi bisa menjangkau mereka.
 
Thoughts and prayers…

When you desperately need a job….

Why don’t you try: Green Jobs?
Well hello kamu pejuang CV dan interview yang sampai sekarang masih belum dapet kerja. You know what, we wish you tons of luck :)). But hey, here is the thing: buat kamu yang sukanya mungutin sampah di public spaces, kamu yang udah nggak pakai plastik sekali pakai lagi, dan kamu yang selalu campaign buat menjaga lingkungan, kamu tuh sebenarnya udah punya kerjaan tau, guysYep, that’s called Green Jobs.

Apatu?
Sesuai namanya, Green Jobs ini adalah berbagai cara yang bisa kamu lakukan buat benefit the future, both environmentally and economically. Pokoknya semua actions dan kebijakan yang tujuannya untuk pelestarian dan pemulihan lingkungan, namanya Green Jobs. Serunya adalah, kamu nggak perlu ribet-ribet bikin CV dan sibuk latian interview. Kamu bahkan nggak perlu apply ke company manapun because Green Jobs start from you. 
 
Maksudnya?
Ya itu tadi. Kalau kamu jalan di public spaces, kamu suka mungutin sampah yang kamu liat nggak? Atau pas lagi beli kopi nih, kamu udah bawa tumblr sendiri dan minta mbaknya isi kopimu di tumblrmu aja nggak? If the answer is yes, itulah Green Jobs, guys. Bayangin dengan satu sampah yang kamu pungut, dan satu plastic cup yang kamu save, dampaknya pasti bakalan matters banget buat pelestarian lingkungan ygy.
 
I see…. 
Terus, bayangin lagi kalau kamu yang sendirian aja udah berhasil, apalagi kalau rame-rame. Makanya penting banget buat kita gabung ke berbagai organisasi dan komunitas yang punya visi yang sama kayak kita, guys. Komunitas Penjaga Laut, misalkan, yang jagain kawasan perairan kita dari berbagai macam sampah biar ikan-ikan di sana juga tetap happy. Atau, bikin campaign masif di sosial media dampak dari climate crisis. Itu juga termasuk Green Jobs.
 
Terus pemerintah ngapain?
Nah ketika masyarakatnya udah aware dan bertindak, pemerintah juga diharapkan bakal beraksi sama, tentunya dengan scope yang lebih besar. Iya, pemerintah nih, dengan power yang mereka punya, either di level daerah, pusat, atau organisasi internasional sekalipun bisa bikin kebijakan terkait pelestarian lingkungan dan disepakati bersama lewat berbagai pertemuan dan conference. Itukan HUGE banget ygy.

Like…
Misalnya, ada conference paling gede yang di-conduct sama PBB which called Conference of the Parties aka COP yang udah digelar sebanyak 26 kali. Makanya conference ini well known as COP26. Nah dalam COP26 yang digelar di Glasgow, Skotlandia ini, mereka fokus ke gimana caranya orang-orang di seluruh dunia nih kudu bisa beralih dari energi tidak terbarukan yang bisa banget merusak lingkungan ke energi terbarukan, guys. Meaning di situ mereka juga ngomongin soal gimana caranya bisa transisi ke clean energy aka energi bersih yang setara dan accessible buat semua negara. Nah, kamu harus tahu nih guys, COP ke-27 juga bakalan happening sebentar lagi which is bulan November di Sharm el-Sheikh, Mesir. In the meantime, di Bali, Indonesia, juga ada KTT G20.

Oh iya. G20.
Well, sebelum ke puncak acara, berbagai rangkaian acara KTT G20 ini kan udah sukses terselenggara dengan sukses ygy. Adapun rangkaian yang baru banget kelar dan masih fresh banget itu ada Joint Environment and Climate Ministers Meeting, yang diselenggarain di Bali dan jadi bagian dari rangkaian acara G20. Again, sesuai namanya pertemuan ini dihadiri oleh para menteri yang capacity-nya menyangkut environment, climate, and forestry. Adapun yang memimpin pertemuan ini yha tuan rumah,  none other than Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Bu Siti Nurbaya Bakar, dan membahas gimana caranya mengurangi emisi dan mendorong semua negara buat wake up dan mencegah dampak climate crisis ke titik yang lebih parah lagi.
 
Tell me the results..
Tapi sayangnya, belum ada kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan ini, guys. Well, kalau dipikir-pikir, momentum pertemuan ini tuh pas banget sama keadaan dunia sekarang yekan. Di mana lagi banyak heatwave, Karhutla, banjir, es di kutub yang meleleh, gitu-gitu. Tapi rupanya ada yang masih mempermasalahkan diksi yang disepakati dalam pertemuan G20 tahun lalu nih, guys.
 
Who?
Everybody, meet: China. Yes, China dan beberapa negara lain masih nggak terima sama pembahasan di G20 tahun lalu soal nge-limit kenaikan suhu bumi sampai 1,5 derajat Celsius. Nah, karena mereka nggak terima, maka kesepekatan di tahun ini (yang mostly diadaptasi dari kesepakatan di tahun lalu) masih belum bisa dicapai deh. Bersamaan dengan ini, negara-negara lain kayak Brazil, AS, India, Jepang, Australia, dll masih terus menggelar berbagai bilateral meetings dan ngebahas lebih lanjut terkait hal ini. Jadi kayak, “Eh, jadi gimana nih bro/Sis?” Gitu..

Got it. Wrap it up…
Nah balik lagi ke Green Jobs, dari yang kecil kayak ngga buang sampah sembarangan, ngurangin plastik, sampai ke tindakan yang grande kayak pertemuan, conference, hingga kebijakan dan kesepakatan yang disepakati related to kelestarian lingkungan tuh semuanya termasuk dalam Green Jobs, guys. Pokoknya seluas itu si Green Jobs tuh, termasuk kebijakan pemerintah yang baru-baru ini melepasliarkan lumba-lumba hidung botol yang udah dikurung selama bertahun-tahun untuk kepentingan hiburan dan pariwisata. Sebelum dilepas ke laut, mereka direhab dulu di sebuah penangkaran yang lingkungannya lebih alami, supaya bisa beradaptasi. Baru deh minggu lalu mereka dilepas di perairan laut bebas.
 
Kalo kamu masih penasaran sama Green Jobs, coba kamu kepoin di sini nih for further info deh. Ada berbagai macam program kayak #Jobs4Nature dan #KamisAktif lo  guys.
Go check them out! Good luck fighters, you got this! 
Yuk, mulai Green Jobs dari sekarang.

Who’s coming to Kingdom? Liz Truss.

Yep, everybody, please welcome
Liz Truss yang baru aja resmi kepilih jadi Perdana Menteri Inggris, menggantikan PM Boris Johnson. Dia resmi dipilih pada Senin kemarin setelah sebelumnya sempet berkompetisi sama lawannya dari sesama partai Konservatif, Rishi Sunak. Nah, Liz berhasil dapet 81.236 suara, sementara Pak Sunak cuma berhasil dapet 60.399 suara.
 
Skim me her CV.
Sure. Jadi Truss ini adalah anggota parlemen sejak 2010 lalu, dan juga pernah jadi menteri di beberapa PM sebelumnya, kayak David Cameron, Theresa May, dan Boris Johnson. Sepanjang kariernya, Truss emang dikenal sebagai hardliner conservatives yang anti banget sama Uni Eropa dalam isu Brexit, dan dia mendukung solusi potongan pajak buat semua masalah hidup warga Inggris. Sikap Truss yang tegas ini banyak dipandang para pemilih Partai Konservatif sebagai kesamaan dengan PM Inggris perempuan di era perang dingin, Margaret Thatcher. Keduanya sama-sama mendukung potongan pajak, tegas, dan datang dari latar belakang keluarga yang sederhana.
 
OK terus…
Nah, langsung banget nih abis kepilih, Liz Truss kemudian menemui Ratu Elizabeth II buat laporan plus membentuk pemerintahan dan kabinetnya. Di saat yang bersamaan, Boris Johnson juga ikut nemuin Ratu Elizabeth buat ngasih surat resign. Nah, flashback a little, jadi emang Johnson ini udah dipaksa mundur sejak 7 Juli lalu oleh Parlemen Inggris dan warga karena pemerintahannya terus dilanda berbagai skandal. Yep, salah satunya doi ketauan party pas lagi lockdown. Hal ini tentunya bikin dukungan terhadap Johnson berkurang banget.
 
I see…
Nah selain meninggalkan jabatannya, Johnson juga meninggalkan… negara yang lagi krisis. Iya guys, saat ini tuh Inggris lagi ngga baik-baik aja. Mereka lagi mengalami inflasi hingga mencapai 10%, pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir. Harga makanan naik, listrik naik, berbagai kebutuhan pokok naik, dan inflasi ini diperkirakan bakal jalan terus hingga menyentuh angka 13% by akhir tahun ini. Terus Senin kemarin, nilai tukar poundsterling terhadap USD turun hingga 0,3%, dan jadi yang angka terendah sejak tahun 1985.
 
Wow.
Nah makanya emang lagi riweuh banget kan guys di sana. That’s why dalam pidato kemenangannya Truss langsung nge-address berbagai masalah tadi. In her words: “I will deliver a bold plan to cut taxes and grow our economy. I will deliver on the energy crisis, dealing with people’s energy bills, but also dealing with the long-term issues we have on energy supply. And I will deliver on the National Health Service.” Dengan di-mention-nya berbagai isu ini, banyak yang memprediksi bahwa isu-isu tersebut bakal jadi prioritas utama Truss untuk ditangani setelah doi menjabat.
 
Got it. Anything else?
FYI, dengan jabatan barunya ini, Truss bakal jadi perdana menteri perempuan ketiga di Inggris. Banyak yang skeptis dengan kebijakan tax cut yang selama ini dikampanyekan Truss, mengingat ekonomi Inggris lagi carut marut. Cuma yaudah kita liat dulu gimana kerjanya ygy

When you looove eating burgers and hot dogs…

Be careful ya gengs.
 
Karena emang sih burger dan hot dog tuh enak banget, tapi resikonya buat kesehatan kamu ngga enak banget gengs. Menurut jurnal yang dipublish oleh British Medical Journal (BMJ) minggu lalu, diketahui bahwa memakan makanan yang diproses secara berlebihan aka ultra-processed food bisa meningkatkan resiko kanker kolorektal dan sakit jantung kepada pengkonsumsinya secara signifikan. Hal ini ditemukan konsisten baik pada pria maupun wanita. Terus, ultra-processed food yang dimaksud tuh apa aja sih? Yhaa kayak sup siap saji, saus, pizza, makanan yang tinggal diangetin aja, sampe makanan-makanan yang jadi guilty pleasure kamu, kayak sosis, hot dog, burger, donat, es krim, french fries, soda, cake, permen, hingga waffle atau pancakes.
 
Jadi dalam penelitiannya ini, para researcher menganalisa kebiasaan makan 200ribu orang laki-laki dan perempuan sejak usia 28 tahun hingga usia tua. Hasilnya, mereka yang paling banyak mengkonsumsi ultra-processed food memiliki resiko hingga 29% kena kanker kolorektal. Nah, ini jadi red flag banget buat kita guys, karena emang menurut profesor terkait gizi asal NYU Paulette Goddard, literally emang makanan-makanan yang diproses secara berlebihan atau ultra-processed food ini bisa meningkatkan resiko obesitas, kanker, penyakit jantung, hingga resiko kematian.

“Karena mungkin Pak Presiden kan sibuk.” 

Hmmm gitu guys kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono pas ditanya soal kenapa kok Pak Jokowi engga kunjung melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) definitif setelah wafatnya menteri sebelumnya alm Pak Tjahjo Kumolo. Kata Pak Heru, bisa jadi ngga dilantik-lantik karena emang Pak Jokowi sibuk. Kan kemarin baru menerima Presiden Filipina, terus juga abis kunjungan daerah, jadi sibuk banget deh guyzzzz.
 
Also the excuse you make for your crush that didn’t text back…

Announcement


No one bought us coffee today 🙁

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you’re trying to lose some weight, avoid these eating mistakes.