Friday Pause: Take it off 💃🏻💃🏻

428

Gooood morning!

It’s finally Friday! It’s the day we’ve been waiting for because today we will not be talking about drama that’s going on in this country. We will have fun instead. From memes to tips to podcast
Advertisement
, to fun things to do over the weekend, scroll down.

For the love of Meme: Meme is the answer.


When you lovvvvvvveeee hustle culture….Trust us, it’s not good.

Raise your hand if you bangun tidur langsung ngecekin kerjaan?? Raise your hand also kalau makan siang kamu dibarengin sama meeting?? Terakhir, raise your hand kalau pulang kantor nggak sah kalau nggak buka laptop lagi teruss kerja sampai tengah malem?? Now, hands down. 
The question is, how are you really after all those days? Do you feel energized? Or do you feel exhausted? Or even stressed out?
 
 Another question is, kapan istirahatnya sih, guys?You know istirahat and taking a break tuh penting banget kan dalam menjalani pekerjaan. Apalagi dalam pekerjaan yang menuntut kamu untuk selalu perform well, the pressure is always there. Nah, salah satu organ tubuh yang sering kelewatan ngga kita kasih istirahat adalah otak. Iyaa kamu pasti sering banget kan “maksain” otak biar bekerja terus, mikir terus, padahal otak juga butuh downtime. Makanya, ini dia hal-hal secara neuroscience yang bisa kamu lakukan untuk ngasih otak kamu waktu istirahat as it deserves:
  • Define the break time firstYep, kalau mau istirahat, yang harus kamu pastiin terlebih dahulu adalah waktunya, guys. Misalnya kamu masuk kantor jam 9 pagi, istirahatnya jam 12 sampai jam 1 siang, terus pulang jam 6 sore. Ya udah di luar waktu itu, nggak usah ngurusin kerjaan lagi, guys. Biarin otakmu istirahat dulu di luar waktu itu.
  • Spend some time with friends. Nah, kamu pasti pernah kan after office janjian sama temen nongkrong di coffee shop atau di mana gitu. Well, secara nggak sadar, dengan kamu hang out sama temen kamu, kamu udah kasih space buat otak kamu beristirahat dari pekerjaan kamu, guys. Kamu ketawa-ketiwi, haha-hihi, cerita-cerita, otak kamu juga jadi ke-recharge dan besokannya, kamu bisa jadi lebih fresh dan ready buat kerja lagi.
  • Hindari stres. Nah ini penting banget, karena efek stres itu besar banget buat kesehatan otak kamu. Hal ini karena otak jadi organ yang paling terpengaruh ketika kamu stres. Misalnya nih ya, kamu ada deadline terus kamu stres, sekali dua kali masih ngga apa-apa guys. Tapi kalo stres karena deadline ini ada terus setiap hari, maka chances are badan dan otak kamu terstimulasi untuk terus menghasilkan hormon stres dan efeknya akan buruk banget buat kesehatan kamu jangka panjang. Bisa jadi penyakit jantung dll. Jadi yuk hindari stres gara-gara kerjaan, karena nothing is worth more than your health, guys.
  • Melakukan hobby. Ini yang nggak kalah penting. Remember, life is not only about your work. Kamu masih punya hobby yang bisa kamu lakuin dan of course bisa bikin kamu seneng, plus nggak bikin otak kamu tambah stres. Kamu bisa ngelakuin banyak hal, guys. Ntah itu ngelukis, main-main sama hewan peliharaan, ajak mereka jalan-jalan keliling kompleks, nonton film/series kesukaan kamu, atau kayak mimin nih, sukanya nulis. Nulis puisi, nulis cerpen, banyak deh.
  • Kurangi screen timeSebenernya kalo kamu lagi deadline kerjaan terus take time 15-20 menit untuk nonton video lucu di TikTok, itu ngga apa-apa banget guys. Bagus malah. Tapi yang menarik adalah ditemukannya fakta bahwa nonton berita yang memicu stres itu bisa memunculkan hormon stres yang sama dengan ketika kamu menghadapi deadline. Makanya mimin ga bosen-bosen nih ngingetin: You don’t have to know everything that’s going on. Kebanyakan baca berita juga ga bagus guys kalo jadinya memicu anxiety kamu aja, apalagi kalo beritanya emang bikin anxious atau sedih. Cukup subscribe ke CMU! Aja udah cukup kok buat asupan berita harian kamu EHEHEHE
  • Meditasi. Well, kalau kamu masih bingung nih gimana caranya beristirahat dari serangkaian rutinitas pekerjaan kamu, kamu nongkrong masih buka laptop, kamu ngelukis masih mikirin kerjaan, kamu family time tapi udah mikirin sampai rumah ngerjain presentasi, mungkin yang kamu butuhkan adalah meditasi, guys. Iya, dalam bermeditasi, otak kita dipaksa buat nggak mikirin berbagai hal yang mengganggu, termasuk urusan kerjaan. Dan dengan meditasi, kamu bakalan terbantu buat lebih fokus ke berbagai hal yang nggak ada hubungannya sama kerjaan tadi. jadi waktu istirahatmu pun bakalan lebih proper.


Finally it’s the weekly quarantips!

You know the drill.
Here we got the recommendation of things from drama series to podcast for you to enjoy during the weekend. Get down on it~
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Hari ini kita bakal membahas tentang identitas hacker Bjorka, petisi minta Vladimir Putin turun, hingga resiko kanker paru-paru dari polusi udara. Leggo!
  • Kalau lagi cari bacaan, I recommend you Brianna dan Bottomwise, karya terbaru dari our maestro Andrea Hirata. Seperti biasa, Pakcik sangat luwes dalam bercerita, hingga selesai membaca satu buku pun tak akan berasa lama.  (Anonymous)
  • Yang lagi nyari film buat ditonton, menurutku Mencuri Raden Saleh layak banget buat dipertimbangkan. Dari sinematografi, plot, dan akting aktor-aktornya bagus banget, beneran manjain penonton. Kalau semisal udah turun dari bioskop, tunggu saja pas udah masuk ke streaming legal ya. Yuk dukung film dalam negeri 🙂 (AnonNanon)
  • Ga ada kata terlambat buat mulai hidup sehat!! Selain channel-nya Ade Rai, beberapa waktu lalu gue nemuin channel & blog-nya Brodibalo. Dia ngebedah banyak mitos dalam dunia olahraga. Kalian wajib banget cobain No Bullshit Workout Programnya!!! (Gue F27 cobain 2 bulan terakhir dan badan jadi lebih nge-toned dan seger). (Anonymous).
  • Hai! Buat yang lagi belajar Bahasa Inggris, kalian bisa banget ikut group call berbayarnya @inastudious (content creator bahasa + productivity di Instagram)! Kalian bisa daftar di app Dinotis-nya doi, Aku udah pernah ikut livestream gratis dia dan emang bagus banget tips-tips yang dia kasih biar cepet lancar bahasa asing! Yang gratis aja bagus, apalagi yang berbayar yagasi! (Anonynmous)
  • Mau rekomendasiin drama Korea Little Women karena SERU BANGET!!! rework dari novel klasik dengan sedikit sentuhan crime ala drakor plus yang main Kim Go-Eun, fix banget harus nonton guys. drakor ini tayangnya juga wiken kok, jadi pas bgt buat santay-santay ala Netflix n Indomie~ (Anonymous)
  • Belakangan ini aku lagi suka banget re-watch film-film Thai and you know what, rasanya masih sama banget kayak pertama kali kita nonton cuy. Kayak Friend ZoneI’m Fine Thank You Love You, atau Hello Strangers. Kalau kalian udah pernah nonton juga, coba di-rewatch deh guys. (Anonymous)
  • Salah satu rendition Broken Vow terbaik yang pernah aku dengar, apalagi dari penyanyi cowok. Kalau biasanya kalian hatinya patah berkeping-keping dan nangis sesegukan kalau dengar Broken Vow versi asli atau yang nyanyiin cewek, kalian harus dengarin versi cowoknya, guys. Apalagi versi Cakra Khan. Sakitttt banget. Kerasa sampai sini. (Anonymous)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.”
 
– Winston S. Churchill –

Thank you note

Thanks to Pacar Sunwoo, Ogden, & Someone for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement