Friday Pause: Put my mind on ease ūüíěūüíę

13

Gooood morning!

Hi. Friday is here again and we know you’re a little excited. Planning anything tonight? Or tomorrow? Or the day after tomorrow? Well, always remember to check us out first, because we might have the cool recs and tips for your weekend. Oh, and don’t forget our podcast. Enjoy.

For the love of Meme: Just some adulting meme that feels relatable


When there’s so much food on your plate then a minute later saying….

‚ÄúUdah ah, kenyang.‚ÄĚ
Itu sih saya!
 
We know rite. Sering terjadi di kantin-kantin kantor waktu jam makan siang ya HAHAHAHA. Ngerasanya kita laperrrr banget sampai kalap semua mau dibeli, semua mau dimakan. Kalau temen bisa dimakan kayaknya enak juga tuh makan temen (Eh?).
 
Well, on a serious note, kamu tau kan kalau ada banyak banget dampak terhadap tubuh kamu yang bisa ditimbulkan kalau kamu terlalu banyak makan. Apalagi kalau di jam makan siang. Kamu jadi gampang ngantuk, konsentrasi keganggu, kerja juga nggak optimal. Not to mention dompet kamu pun jadi boncos karena over budget makannya kemahalan. Terus, things got worse kalau kamu makannya nggak abis, guys dan makanan itu end up jadi limbah makanan. Nah limbah makanan itu pengaruhnya luas bangettt. Nggak cuma dompet-wise secara kamu tetep bayar mahal even buat makanan yang kamu nggak abisin itu, tapi lebih dari itu, limbah makanan juga berpengaruh karena memperparah dampak climate crisis yang happening sekarang.
 
If you ask¬†‚ÄúApa hubungannya limbah makanan sama¬†climate crisis?‚ÄĚ
Ya karena limbah makanan itu menghasilkan efek rumah kaca. Di Amerika Serikat, per tahunnya efek rumah kaca yang dihasilkan dari limbah makanan udah setara sama emisi karbon dioksida dari 42 pembangkit listrik tenaga batu bara. Terus, namanya limbah apalagi limbah makanan yha juga mubazir yekan. Per tahunnya limbah makanan itu bisa kasih makan 50 juta rumah di AS lo. Nah sekarang pertanyaannya, gimana caranya kita nggak kalap waktu makan dan makanan kita nggak jadi limbah?
Siniii, kita punya tipsnya buat kamu.
  • Make a plan. Nah buat kamu yang di rumah bertindak sebagai chef aka tukang masak nih. Penting banget buat kamu¬†planning in terms of¬†berapa banyak yang mau kamu masak buat orang rumah: Orang rumah ada berapa, buat makan berapa kali, dll. Pinter-pinter deh memperkirakannya. Kalau kamu udah nge-plan,¬† kamu pun jadinya tau harus belanja berapa banyak. Uang pun aman yekan. Limbah makanan pun jadi kecil kemungkinan ada karena kamu masaknya dalam jumlah yang pas.
  • Pinter nyimpen makanan. Yep, biar kamu nggak gampang buang makanan, kamu harus pinter-pinter nyimpen makanan,¬†guys.¬†Apalagi kamu orangnya pelupa, kasih nametag/label aja yang tertulis itu dimasak tanggal berapa dan harus habis kapan. Kita kan pasti nyimpen makanan di kulkas atau chiller yah.¬†In that sense, pake strategi¬†‚Äúfirst in, first out‚ÄĚ di mana makanan yang duluan masuk kulkas letaknya di bagian yang mudah kamu¬†reach. Jadi kamu nggak lupa kalau ada makanan itu di kulkas, kamu pun bisa menikmati makanan itu sebelum jadi limbah.
  • Kasih¬†note.¬†Well,¬†masih ngomongin nyimpen makanan 101, kamu bisa kasih¬†note¬†di pintu kulkas kamu tuh sekarang lagi ada apa aja.¬†Highlight¬†kalau lagi ada bahan segar kayak sayur, buah, atau daging-dagingan. Secara kan bahan-bahan itu cepet kadaluarsa. Atau kalau mau yang canggihan dikit, bisa pake berbagai macam aplikasi pengingat di¬†gadget sih. Kan ada banyak tuh aplikasinya di iOS atau PlayStore.
  • Pahami label makanan. Mana nih yang sering terkecoh sama¬†Best Before¬†yang biasanya ada di label-label makanan? Yep, yang kalian harus tahu adalah, sesuai namanya,¬†best before¬†itu kalau udah lewat tanggalnya, bukan berarti dia langsung nggak bisa dimakan. Cuma kualitasnya aja yang menurun,¬†guys. Jadi jangan langsung dibuang. Beda cerita sama¬†expiration date.¬†Nah kalau yang ini jelas nunjukkin tanggal expiration aka tanggal kadaluarsa di mana kalau udah lewat tanggalnya, baru boleh kamu buang karena udah nggak bisa dimakan lagi dan udah jadi limbah. Tapi yha kalau kamu pinter nyimpan makanan, kamu pasti bakal bisa makanin itu sebelum tanggal kadaluarsanya.
  • Stop impulsif.¬†First things first¬†yang harus kamu lakukan buat mencegah adanya limbah makanan adalah stop buat impulsif. Kamu kalau ke kantin apalagi ngeliat gorengan murah, beli secukupnya aja plis. Terus abis dari kantin mau beli kopi. Ya udah beli kopi aja. Nggak usah kalap beli roti dan snack lainnya. Kan kamu udah kenyang. Realistis aja ygy. Kalau kamu pikir kamu nggak mampu abisin, ya udah jangan dibeli.¬†As simple as that.


Now, some cats memes and weekly recs.

Because the weekend is here.
You know this part, where you got some recs on fun things for the weekend! Don’t miss out anything…
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our¬†podcast!¬†Hari ini kita bakal membahas tentang Gubernur Papua tersandung dugaan kasus korupsi, Uganda umumkan wabah ebola, dan bubur diaduk VS ngga diaduk Leggo!
  • Noktah Merah Perkawaninan¬†BAGUS BANGET GAIS, ceritanya riil.¬†No¬†dramatisasi dan¬†acting¬†para¬†casts-nya juara bangett. Buat yang lagi pingin nonton drama tentang hubungan antar manusia yang dewasa, ini¬†highly recommended.¬†Go, watch it at the cinema. #Cintailah Produk Dalam Negeri. (Twitter:¬†@rosyidah_ad)
  • Mau rekomendasiin series Indo¬†YANG HILANG DALAM CINTA, dari sutradara Yandy Laurens yang bikin MENGAKHIRI CINTA DALAM 3 EPISODE, dan SORE: ISTRI DARI MASA DEPAN. Semuanya ber-genre¬†romance¬†magis, unik, beda sendiri pokoknya! (@hutamins)
  • Podcast Studio Mini Promkes. Podcast dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan, Kementerian Kesehatan RI yang ngebahas topik seputar kesehatan yang dikemas secara¬†fun¬†dan ringan. Bisa banget didengerin sambil kerja atau cuci piring buat nambah¬†insight¬†kamu tentang kesehatan. (Anon)
  • Film Netflix judulnya¬†Look Both Ways.¬†Kerasa banget karena sejak punya¬†baby¬†aku ngerasa kalau karir aku nggak bakal jalan dan stuck di tempat, tapi pas nonton itu ngerasa kalau gimana pun jalannya (entah dulu nunda punya¬†baby¬†atau nggak),¬†at the end, kita bakal tetap merasa¬†fine¬†sama jalan itu. Huhu. ¬†(Anonymous)
  • Bukunya karya Gol A Gong, “Balada si Roy” konsep buku lawas tentang avonturir. Percaya deh yang baca bakalan tenggelam ke dunia si Roy, cowok maskulin pada zamannya. IG¬†@potretk¬†
  • Mau rekomendasiin series seru dan cocok buat pekerja yang ambis/butuh motivasi: ‘Partner Track‘ sama ‘The Bold Type‘, ada intrik dan drama tapi relate banget sama kehidupan pekerja. (Anonymous)
  • Kalo kalian lagi nyari tontonan buat ngabisin¬†weekend¬†tapi ogah mikir berat, aku mau rekomendasi drama Korea yang¬†underrated¬†tapi bagus banget menurutku. Judulnya,¬†Because This is My First Life¬†(Jung So-Min, Lee Min-Ki). Dramanya minim konflik, ga ada karakter jahat,¬†really packed with warm advice about life. This 16-episode series feels like a long good movie.¬†Bisa ditonton di Netflix ataupun Viu.
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

‚ÄúIf you want to be happy, do not dwell in the past, do not worry about the future, focus on living fully in the present.”
 
-Roy T. Bennett-

Thank you note


Thanks to Someone for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)