Friday Pause: I’m drowning in the night ūüĆĆ

79

Hello

Thank God it’s Friday! So as always, no news today. Instead, we got you some fun memes, tips and recs because well, news can wait! But if you insist, we got the podcast¬†here. Enjoy both!

For the love of Meme: To your bestie….


Now, let’s talk about… Revenge.Mean Girls’ Energy is on me!!

Kamu tentunya pernah ada di dalam kondisi yang dibikin kesel banget sama orang lain to the point yang kamu pengen balas dendam. Yep, perasaan kayak gitu wajar kok, karena emang mungkin orangnya ngeselin banget, bikin emosi banget, dan somehow it gets the best of you.
Dan ibarat bom waktu, setelah perasaan itu dipendam sekian lama, when¬†the right time has come, it turned into something HUGE.¬†Jadi kayak, ‚ÄúI don’t wanna make them pay. I want to burn them to the ground.‚ÄĚ Kayak yang dilakuin Cady Heron ke Regina George di film Mean Girls gitu deh,¬†guys.
Nah,¬†talking about revenge¬†aka balas dendam, kamu perlu tahu bahwa itu tuh sebenarnya emang naluri yang merupakan bawaan dari dalam diri kita.¬†But the thing is¬†balik lagi ke apa yang bakal terjadi kalau balas dendam ini beneran dijalankan:¬†Is it really worth it?¬†Sejauh mana kamu bakal bertindak? Apa yang bakal terjadi kalau kamu bener-bener¬†get revenge on someone?¬†Apakah kamu yakin kamu nggak bakal bertanya ‚ÄėBuat apaan sih w begini?‚ÄĚ Kamu yakin kalau cuma dia yang bakal ‚Äėhancur‚Äô?¬†What if¬†kamu ikutan ‚Äėhancur‚Äô? Makanya, penting banget buat kamu untuk¬†chanelling¬†perasaan dendam kamu¬†¬†into something healthier,¬†more elegant,¬†dan pastinya tetap SLAY.
Pertama, kita bahas dulu why we shouldn’t do revenge:
  • Nggak relevan. Yep, kalau udah marah, kalau udah kesel, kita cenderung ngelakuin sesuatu¬†BEYOND what they did to us¬†kan. Saking jauhnya kita bertindak, kita ngelakuin sesuatu yang nggak relevan lagi sama masalah awal kenapa kita kesel atau marah sama tu orang. Misal, kita kesel sama orang, terus kita mau balas dendam dengan cara menewaskan hewan peliharaannya (JGN YGY) yang dia sayang banget.¬†Like, why??¬†Kucing itu kan nggak salah apa-apa. Kenapa jadi nyawa dia yang melayang :((.¬†Poor cat.¬†
  • Capek batin capek fisik.¬†Intinya, balas dendam itu melelahkan,¬†guys.¬†Serius deh. Kamu perlu capek-capekin diri kamu buat mikir gimana caranya balas dendam ke orang-orang yang udah nyakitin kamu. Kamu perlu capek-capekin diri kamu dan ngotorin tangan kamu buat eksekusinya. Terus kamu harus capek-capekin bertanya ke diri sendiri ‚ÄúWhat‚Äôs next?‚ÄĚ. Capek tauuuu. Belum lagi kalau¬†plan yang udah kamu rancang di awal berjalan nggak sesuai, nah loo. Mikir lagi kan? Capek lagi. Duh. Energi itu bisa kamu pake buat hal lain padahal :(.
  • Kamu juga hancur.¬†Yep, setelah kamu capek batin capek fisik dan sibuk sama duniamu untuk balas dendam,¬†at the end¬†kamu juga bakal hancur barengan (or not) sama orang yang kamu ‚Äėhancurkan‚Äô itu. Di beberapa riset yang dilakukan para ahli, mereka menyatakan bahwa orang-orang yang melakukan balas dendam bahkan menyesal mereka ngelakuin hal kayak gitu. Hal ini karena balas dendam nggak akan pernah ada habisnya.¬†You‚Äôre craving it over and over again. Lebih jauh, rasa untuk balas dendam bakalan terus ada sampe nanti kamu juga ikutan hancur dan ngerasa, ‚ÄúGue ngapain sih ini?‚Ä̬†And it‚Äôs too late already.¬†
  • You got nothing. Kalau kamu pikir kamu bakalan menang dengan melakukan balas dendam, atau kamu merasa lega karena dendammu ke orang yang nyakitin kamu udah terbayar,¬†you‚Äôre wrong, honey. You actually got nothing.¬†Darah nggak bisa bersih dengan darah. Hati kamu bakal tetep kosong. Kamu tetep bakalan nangis juga. Bakalan sedih juga. ¬†So what do you expect¬†sebenernya?

Dari sini, penting banget buat kita ngerti apa yang harus kita lakukan instead of do revenge. Caranya gimana, sini mimin kasih tau.

  • Show them we are not like them.¬†First thing¬†yang harus kamu lakukan adalah bangun mindset bahwa kalau kamu balas dendam, kamu nggak ada bedanya sama mereka. Sama jahatnya, sama kejamnya.¬†Sounds cliche¬†tapi¬†seriously, don’t let you anger control you, but you control your anger.¬†Peribahasa terkenal Spanyol juga bilang¬†‚Äúno revenge is more honorable than the one not taken‚ÄĚ,¬†Senyumin aja, guys. Show them your honor.
  • Forgiveness wins. ¬†Another cliche but true. Dengan memaafkan, hati kamu bakalan lebih lega dan lebih lapang,¬†guys. Nggak diisi sama pikiran negatif kayak, ‚ÄúHarus gw apain ya ini bocah?‚ÄĚ Lebih jauh, dengan memaafkan, kamu pun jadi bisa¬†move on¬†dan nggak melulu¬†stuck¬†di masa lalu dan terjebak di masa-masa waktu mereka nyakitin kamu.¬†Well,¬†memaafkan emang nggak mudah. Tapi kamu pasti bisa.
  • Balas dengan karya.¬†Well,¬†percaya nggak kalau perasaan dendam yang ada di diri kamu bisa banget kamu alihkan ke berbagai energi positif yang bantu kamu buat mencapai segala tujuan kamu. Mereka yang udah menghina kamu, mereka yang udah¬†let you down,¬†mereka yang bilang kamu nggak akan bisa, jadiin itu motivasi bahwa kamu bisa. Suatu hari kamu bakalan ada di sana. Dan ketika hari itu datang, kamu bisa chin up and full senyum deh.


Finally… here comes our weekly recommendations!

As usual, from fun books, youtube, podcast to series, we got it all here! 
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our¬†podcast! Hari ini kita bakal membahas tentang Sambo CS yang bakalan segera disidang, krisis ekonomi Inggris yang memburuk, dan pemakaman Shinzo Abe yang dipenuhi kontroversi. Let’s go!
  • Buku¬†#Hitam2045-nya Om Piring!! Sempet ada yg rekomenin ini sebelumnya, trus kemarenan pas ke toko buku udah ada aja di rak Best Seller, dan ternyata emang sebagus itu gaesss!! Walopun novel fiksi distopia, tapi entah kenapa berasa deket banget sama hal-hal yg kejadian di sekitaran kita sekarang.. (Anonymous)
  • I know it’s a little late, but if you’re contemplating to read¬†Normal People,¬†read it. It’s amazing. It talks about how a relationship can be so complicated, and how a socio-ecomic background can affect a relationship.¬†–¬†Ayik
  • Fall season is here! Before the winter comes pleeeaseee watch¬†Anne with an E¬†on Netflix! or you‚Äôre gonna missed your best fall (ūüéĶ)
  • Untuk mengisi¬†weekend, trus pingin nonton yang ringan-ringan sabi nih nonton drama China, biasanya si aku¬†prefer¬†drama korea dan baru nonton 3 drama China ini yang paling¬†recommended,¬†You’re my glory.” bener-bener drama yang pemainnya baik semua gak ada yang jahat, santuy,¬†ending-nya juga bagus ringan banget ditambah visual pemeran utamanya¬†daebak! ¬†(Anonymous)
  • Aku tim yang baru tahu¬†Sheila Dara Aisha¬†juga bisa nyanyi dan udah keluarin beberapa single. Tapi dia nggak nyanyi solo,¬†guys. Dia nyanyinya bareng Donne Maula (Itu loo suaminya Yura Yunita). Bagus-bagus banget lagu mereka, guys. Kayak Tak Terima, Peka, Teruntuk Jiwa yang Kupuja, sampai Malas. Dengerin deh. Candu banget. ¬†(Anonymous)
  • Ke bioskop¬†guys,¬†nonton¬†One Piece Film: Red, film OP pertama yang mengusung tema musikal, seru banget banyak scene yang bikin¬†hype¬†(terutama untuk penikmat anime/manga One Piece)¬†(Anonymous)
  • Mau rekomendasiin manga¬†20th Century Boys, imo the best manga¬†I’ve ever read.¬†Berkisah tentang geng anak-anak kecil yang membuat khayalan tentang kehancuran dunia, dan 20 tahun kemudian khayalan tersebut menjadi kenyataan. Ada versi filmnya juga kalau ga suka baca manga,¬†but still, for me, the manga is better than the movies.¬†(Anonymous)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

 
“Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.”

-Winston Churchill-


Thank you note


Thanks to aufazaaa & talkingcat for buying us coffee today!

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)