Friday Pause: Happier than ever 💓

323

Hi,

I there anything better than awal bulan and weekend? No? We agree. So today, let’s just tap into the funnier thing in life, like memes, tips, cool recs, and our podcast. No more Sambo you guys! Cheers!

For the love of Meme: Maybe his phone’s dead… or he is…


When you’re thinking about becoming a content creator…Pls mau jadi kayak Kak Jill

On a serious note, WHO DOESN’T LOVE HER??!! 

Anyways, if you’ve spent a lottttttt of your time on social media, rasanya tuh seru banget yah guys mantengin konten-konten yang ada di sana.. Kak Jill misalnya, dengan persona yang menyenangkan, seru, lucu, authentic sambil jualan gorden, kontennya rame. Content creator lain juga gitu, konten nunjukin keseharian di a day in my life, atau nunjukin sehari habis duit berapa gitu-gitu. The same also goes to platform lain kayak YouTube atau Instagram. Nessie Judge yang authentic sama NERROR “Stop senyum-senyum, ‘cause shiz about to go…”?? *If you say Down, you lose WKWKWK. Terus Jerome Polin yang identik banget sama Jepang dan matematika, Cine Crib kalau mau cari review film, banyak lah.

Makanya, kamu pernah kepikiran nggak sih buat jadi content creator kayak mereka-mereka itu? Maksudnya, kalau selama ini kamu cuma jadi penikmat, sekarang giliran kamu yang mulai berkreasi juga. Kamu bisa punya ratusan ribu (or even jutaan) followers, video kamu selalu masuk fyp, likes-nya bejibun, orang banyak yang suka. Have you ever dreamt of that? We got you. Kamu yang punya mimpi buat jadi content creator mostly terhalang equipment kan? Kamera lah, microphone lah, lighting lah, etc. But worry not, everything big starts small. Kamu bisa mulai dari hal-hal ini untuk mulai jadi content creator dan bikin konten kamu rame:

  • IdeaYep, everything starts from the idea. Mau itu yang detail dari A sampai Z, atau seabstrak apapun itu, that’s still an idea. Talking about idea, idea ini bisa datang dengan pemikiran yang sungguh considerate sampai tiba-tiba muncul bayangan ikan paus kayak idenya Woo Young-woo, bisa juga datang dari hal-hal random yang kamu perhatiin di sekitar kamu. Nggak cuma dari orang lain, dari diri sendiri juga bisa. Apapun yang kamu perhatiin, apapun yang kamu suka, itu bisa dijadiin ide buat kamu bikin sebuah konten, guys.
  • Research. Nah ini yang harus kamu perhatikan, guys. Pentingnya riset, riset, dan riset. Cari tahu sebanyak-banyaknya sebelum bikin content, biar nggak dirujak netizen kalau ntar kontennya tayang *Nggak deng, canda. Sama kayak menemukan ide, riset tuh bisa dilakukan mulai dari yang kompleks sampai yang simple, guys. Contoh, kamu bikin konten fashion tentang outfit Cewek Kue Hijab Friendly nih, nah tentunya kamu harus research dulu dong yang hijab friendly tuh yang kayak gimana, cewek kue tuh yang kayak gimana, gitu-gitu. Atau yang kompleks sekalipun, kayak kontennya Nessie Judge di NERROR. We’re sure she did a lot of research on her videos. 
  • Target market. Trust us, konten yang kamu buat tuh bukan buat semua orang. Makanya, sebelum kamu bikin konten, dan dalam perjalanan kamu sebagai seorang content creator, kamu harus pastiin dulu kamu mau ‘kasih’ konten itu ke siapa. Contoh, jika kamu bikin konten “How Much I Spent in a Day” sebagai seorang budak korporat di Jakarta dan ditonton sama orang yang bentar lagi mau merantau kerja di Jakarta, itu masuk, karena mereka butuh itu. Bandingin kalau kamu bikin konten yang sama tapi yang nonton Sisca Kohl. EHEHEHE.
  • Know where you’re going. Well, sejak kamu nemuin ide, ada baiknya kamu tahu nih konten yang akan kamu bikin bakalan dibawa ke mana, dan seperti apa. Misalnya, kayak mimin nih, kontennya pakai tulisan. Terus Kak Jill kontennya videos related to gorden. Tasya Farasya related to beauty and make up. Gitu-gitu. Ke depannya kayak gimana tuh urusan belakangan, ya nggak? Sambil ngeliat market dan trend juga.
  • Originality and authenticity. Ini yang paling penting. Penting banget malah. Kamu tau nggak kenapa kontennya Kak Jill bisa rame banget? Yep, karena cuma dia yang Live TikTok jualan gorden ngomongnya “10 gelombang kanan, 10 gelombang kiri. Dan ada diskon tambahan dari super duper TikTok, darling. Okay? Semudah itu cinta.” (Bacanya pake nada, nggak? EHEHEH). Anyways, di sinilah pentingnya originalitas dan otentisitas, guys. The same way also goes to other content, misalnya Cine Crib review film. Review film kan banyak yah, tinggal cari banyak banget lah di YouTube, tapi kenapa Cine Crib rame karena isi kontennya yang detail, spesifik, seru, dan authentic karena yang disuka nggak disukanya juga dijelasin menyeluruh. Jadi yang nonton juga yakin dan percaya sama review mereka.
  • Consistency. Last but not least, we’re sure everyone agree memulai itu gampang, yang susah adalah mempertahankan. Nah, buat mempertahankan, dibutukan yang namanya konsistensi, guys. Konsistensi ini juga berlaku buat content creator.  Konten kamu tiba-tiba viral? Good for you, keep improving, keep doing that. Konten kamu sepi? It’s okay, keep going. Remember, your time will come, It’s God’s time. Not yours, not ours.
    Advertisement


Finally, our weekly recommendations!

As always, we got some coolest recommendations for you here, so your weekend will be less boring. From podcast to Youtube videos, all you need is scroll down…
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Hari ini kita bakal membahas soal statement kontroversial Wagub Jabar soal HIV/AIDS, pasar elektronik terbesar dunia yang tutup sementara, dan olahraga yang bisa mengurangi resiko mati muda. Leggo!
  • Helloo team Catch Me Up! yang paling kece. Buat para bookworm paling kece se-indonesia, aku mau rekom buku You Do You dari Ko Fellexandro Ruby. Isinya relate banget sama orang-orang muda umur 20-30 an yang musimnya lagi bingung apa sih yang sebenernya mau kita kejar supaya hidup kita lebih hidup. Buku ini memberikan gambaran untuk lebih memahami self-awareness, cara belajar kita, value kita dalam hidup, living your ikigai (re: purpose), build your network, sampe perencanaan hidup baik soal karir maupun keuangan. Anyway, Ko Ruby juga bikin podcast yang kontennya insightful seputar karir dan kehidupan di Thirty Days of Lunch dan seputar keuangan di Money Actually. Selamat berpetualang di musim terbaik untuk berkesperimen dalam hidup dan salam produktif :”). (Anonymous)
  • Jumat kemarin, salah satu GG besar di Korea, Twice, comeback nih! Aku mau rekomendasiin kalian baik yang K-popers atau non-K-popers buat dengerin title track comeback-nya Twice judulnya “Talk That Talk.” Album barunya yang judulnya Between 1&2 juga recommended banget buat di dengerin!(Anonymous)
  • Akhir -akhir ini lagi suka dengerin podcastnya ‘Anything Goes with Emma Chamberlain‘. Dia bahas banyak hal mulai dari failure, relationship, life in general, topics in our 20s, etc. Pembahasan menarik, pembawaanya enjoy, dan nggak bikin bosen! (kentif)
  • Aku mau rekomendasiin anime on going judulnya “The Yakuza’s Guide to Babysitting“. Ceritanya tentang pentolan Yakuza yang disuruh ngasuh anak perempuan bosnya yang masih 8 tahun. Ceritanya lucu, ringan, tapi tetep seru banget. Karakter utamanya, si Kirisima juga bikin waku waku sekalii. Animenya bisa ditonton di BStation ya!. (Anonymous)
  • Di sela-sela kesibukan atau daily activities-mu, jangan lupa dijaga ya koneksi mu dengan sang Pencipta. Yes you know, for example untuk muslim, jaga solat 5 waktu nya. Itu aja, min. Salam sukses selalu. IG: @ramabintan
  • Ini udah lama sih, but hey, kalian harus liat performance diva satu ini di konsernya called Konser TrayaIt’s Krisdayanti, everybody! Lagu-lagu hits-nya dia mulai dari “Rembulan”, “Mahadaya Cinta”, “Kamu di Hatiku Selamanya”, “Cobalah Untuk Setia” yang di-mash up (surprisingly enak) sama “I’m Sorry Goodbye”, “Cinta” yang dibikin acapella (and turned out bikin goosebumps sepanjang lagu), and of course the legendary “Mencintaimu”. Kualitas Diva nggak bisa boong, suer! (Anonymous)
  • Nggak tau apakah udah ada yang recommend-in ini apa belom, tapi salah satu podcast di Spotify yang bikin candu banget tuh Podcast Teman Tidur. Berasa sleep call tiap hari pokoknya dengerin Dery nge-podcast.  (Anonymous)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

 
“With hard work and effort, you can achieve anything.”

Antoine Griezmann

Thank you note


Thanks to Malia, Ann, Someone & Pacar Rosé for buying us coffee today!

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement